Alligator Gar (Atractosteus spatula)

Banyak orang menyukai ikan aligator ini karena bentuknya yang unik yaitu menyerupai buaya. Hanya saja perlu di ketahui bahwa ikan aligator atau spatula ini akan tumbuh sangat besar sehingga untuk memeliharanya hingga besar di butuhkan akuarium berukuran sangat besar atau mungkin lebih cocok untuk pelihara.di kolam ikan. Dari tujuh spesies gar, Alligator Gar ini merupakan yang terbesar, ukurannya bisa mencapai hingga panjang hingga tiga meter dan mencapai berat 140 kilogram.

Ikan Alligator
Alligator gar (atractosteus spatula) ini habitat aslinya di perairan Amerika Utara dan Amerika Tengah. Alligator gars ditemukan di  banyak pantai AS Tenggara..Ikan ini banyak mendiami perairan sepanjang Texas dan Oklahoma juga sungai Mississipi , sungai Ohio dan Missouri hingga ke Meksiko.
Walau terlihat menyeramkan dengan gigi tajamnya ikan ini belum pernah dilaporkan menyerang manusia. Hanya saja bahaya muncul dari telur ikan ini yang beracun bagi manusia jika tertelan.
Gigi Tajam Alligator Gar
Photo :  fishingtarget.com



Di habitat aslinya Alligator gar ini selain memangsa ikan tetapi ia juga memakan unggas air dan kura kura kecil hingga bangkai. Ia bisa hidup di danau, sungai teluk, ikan ini bahkan mampu hidup di air payau dan air garam. Tetapi ikan ini lebih menyukai sungai dengan arus lambat, perairan terutama perairan dangkal.

Alligator Gar
Photo:
Terry Ross/Flickr
Sayangnya, pembuatan bendungan dan tanggul telah secara dramatis mengubah ekosistem sungai dan menghilangkan sebagian besar habitat mereka untuk berkembangbiak. Hal ini telah menyebabkan penurunan populasi ikan aligator ini di berbagai tempat di Amerika Utara.

Artikel