Jenis Jenis Ikan Palmas ( Polypterus Spesies )

Ikan Palmas atau bichir ini termasuk ke dalam jenis ikan predator. Ikan eksotis yang mirip mahluk jaman purba ini atau dikenal juga dengan nama ikan naga merupakan salah satu ikan hias yang banyak dikoleksi.

Palmas Delhezi
Palmas Delhezi - Credit : Wikipedia

Ikan predator yang senang berburu pada malam hari ini senang berada di dasar akuarium. Oleh karenanya substrat berupa pasir sangat disarankan pada tank atau akuarium. Ikan Palmas ini juga memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di luar air selama beberapa waktu. Ikan Palmas atau ikan naga yang mampu berjalan dengan siripnya ini memiliki banyak jenis. Jenis jenis ikan palmas ini diantaranya yaitu:

  1. Barred Bichir(Polypterus delhezi)
  2. Saddled Bichir (Polypterus endlicheri endlicheri)
  3. Congo bichir (Polypterus endlicheri congicus)
  4. Ornate bichir(Polypterus ornatipinnis)
  5. Gray bichir ( Polypterus senegalus)
  6. Shortfin bichir (Polypterus palmas)
  7. Buettikoferi bichir (Polypterus palmas buettikoferi)
  8. Polli bichir (Polypterus palmas polli)
  9. Guinean bichir (Polypterus ansorgii)
  10. Polypterus mokelembembe (Mokèlé-mbèmbé bichir)
  11. Lapradei Bichir (Polyterus bichir lapradei)
  12. (Polypterus weeksii)
  13. Cross River bichir (Polypterus teugelsi)
  14. Nile bichir (Polypterus bichir bichir)
  15. West African bichir (Polypterus retropinnis)

Ikan yang sering disebut ikan naga ini memiliki sepasang paru-paru primitif dan kantung kemih, yang memungkinkannya menghirup udara dari permukaan air secara berkala. Ikan naga sering naik ke permukaan untuk tujuan ini. Selama kulit tetap lembab, seperti dikatakan sebelumnya ikan naga bisa tetap berada di luar air untuk jangka waktu yang hampir tidak terbatas. Akuarium ikan palmas juga harus diberi tutup agar ikan tidak bisa melompat keluar

Barred bichir (Polypterus delhezi )

Barred birchir atau ikan naga delhezi ini berasal dari Kongo Afrika dengan ukuran bisa mencapai 35 cm. Ukuran akuarium di sarankan 120cm x 45cm x 37.5cm (200 liter). Substrat pasir halus dengan potongan kayu apung dan batu yang dibentuk sebagai tempat persembunyian sangat disarankan. Akuarium untuk memelihara ikan Palmas Delhezi ini sebaiknya memiliki tutup karena ikan ini pandai melompat.

Palmas Delhezi
Palmas Delhezi - Credit : Wikipedia

Delhezi ini merupakan ikan carnivora alias jenis ikan predator dan biasanya tidak akan menerima makanan kering di akuarium, meskipun ada beberapa bisa dilatih untuk mengkonsumsi pelet. Makanan yang paling cocok adalah pakan hidup atau makanan beku seperti udang, cacing tanah, kerang, cacing darah dll. Ikan palmas delhezi ini merupakan salah satu yang paling populer

Untuk tankmate selama ikan itu tidak muat dimulutnya ikan palmas bisa bersifat damai. Tank mate yang cocok diantaranya yaitu spesies Polypterus lainnya, Synodontis, Datnoides, Balida alias/knife fish.

P. delhezi adalah salah satu dari suku "polipterida" dengan "upper-jaw" dinamakan demikian karena P.delhezi memiliki rahang atas lebih panjang atau sama panjangnya dengan rahang bawah.

Saddled Bichir (Polypterus endlicheri)

Polypterus endlicheri ini merupakan salah satu spesies Palmas yang terbesar. Ukurannya bisa mencapai lebih dari 50 cm bahkan hingga 75cm . Ikan palmas jenis ini berasal dari Afrika.

Kepalanya kecil dan seperti kadal dengan mulut menganga besar dan mata kecil di kedua sisinya. Karena penglihatannya buruk, ikan palmas mengandalkan penciuman. Hal ini dimungkinkan dengan tonjolan lubang hidungnya yang mampu mendeteksi bau mangsanya.

Palmas Saddled
Saddled Bichir - Photo : Steve, pbase.com

Ikan Palmas Endlicheri ini merupakan Polipterus 'lower-jaw', artinya bahwa ia memiliki rahang bawah lebih panjang daripada rahang atas.

Congo bichir (Polypterus endlicheri congicus)

Ikan Naga ini merupakan satu-satunya sub spesies endlicheri , Congo bichir ini merupakan jenis ikan Palmas yang terbesar. Ia mampu tumbuh hingga panjang 1,2 meter , ikan palmas "raksasa" ini memiliki rahang yang dapat menghancurkan dan merobek mangsanya dalam waktu singkat. Yang membedakannya dengan Saddled Bichir (p endlicheri endlicheri) ialah jumlah marking belang pada tubuhnya.

Congo Bichir
Congo bichir dengan panjang 50 cm

Ornate bichir(Polypterus ornatipinnis )

Ornate Bichir ini merupakan salah satu bichir/ ikan palmas yang paling cantik. Ornate bichir ini berasal dari Afrika tepatnya diDanau Tanganyika dan lembah Sungai Kongo di Afrika Tengah dan Timur

Ornate Bichir
Ornate Bichir

Palmas Ornate memiliki pola hitam dan kuning pada tubuh, kepala, dan siripnya. Sementara sirip punggungnya berjumlah 9 hingga 11. Ikan naga ini merupakan yang terbesar dari ikan palmas rahang atas, panjangnya sendiri bisa mencapai 60 cm , walaupun spesies Congo Bichir (Polypterus congicus) berukuran lebih besar namun tidak dianggap palmas rahang atas karena tidak memiliki rahang atas yang menonjol dengan jelas.

Warna palmas ornate ini bervariasi dari coklat tua hingga abu-abu kecoklatan, dan sangat diminati para penggemar ikan predator khususnya penggemar ikan palmas alias ikan naga.

Gray bichir ( Polypterus senegalus )

Gray bichir ini mempunyai ukuran maksimum sekitar 35 cm. Merupakan jenis yang paling populer dan banyak ditemukan dipasaran. Yang cukup diminati juga ialah dari jenis Palmas albino. Ikan Palmas Senegalus termasuk ke dalam "upper jaw" bichir, artinya bahwa bichir jenis senegalus ini memiliki bibir/rahang atas yang lebih panjang dari bibir/rahang bawah.

Gray Bichir
Gray Bichir / Senegal Bichir

Shortfin bichir (Polypterus palmas)

Shortfin Bichir merupakan ikan palmas yang berasal dari afrika, bisa mencapai panjang maksimal sekitar 30 cm. Spesies ini ditemukan di Afrika di lembah Sungai Cavally negara Pantai Gading, lembah sungai di Liberia timur, Sungai St. John, bagian atas Sungai Casamance di Senegal juga Sungai Saint Paul di Liberia barat.

Shortfin Bichir
Shorfin bichir (polypterus palmas palmas)

Ikan predator palmas jenis ini dikenali dari rahang atas yang lebih panjang dari rahang bawahnya.

Warnanya mulai dari abu-abu terang hingga abu-abu tua. Sementara tubuhnya memiliki bercak dengan warna yang lebih gelap

Buettikoferi bichir (Polypterus palmas buettikoferi)

Ikan Palmas buettikoferi merupakan ikan palmas tersebar luas di perairan dengan arus aliran sedang hingga deras di Afrika Barat, mereka termasuk ikan yang kuat dan tidak rewel seperti ikan palmas umumnya.

Buettikoferi bichir

Ikan Palmas butterkoferi alias Gold Dust Bichir tadinya dianggap salah satu sub spesies dari p. palmas namun sekarang hanya dianggap sebagai spesies yang sama dengan Shortfin Palmas (Polypterus palmas) hanya saja karena mungkin pengaruh lingkungan yang berbeda menyebabkan sedikit perbedaan.

Polli bichir (Polypterus palmas polli)

Polli bichir ini atau polli palmas adalah satu-satunya spesies palmas yang dapat ditemukan di sungai Great Kongo , dan juga palmas paling mudah dibedakan dibedakan dalam sub spesies p.palmas, memiliki ciri warna coklat zaitun dengan rona kehijauan dan pola berbintik-bintik gelap/kusam.

Polli Palmas
Polii Bichir

Guinean bichir (Polypterus ansorgii)

Seperti namanya ikan ini berasal dari Guinea Afrika. Ukuran maksimalnya berkisar sekitar 30 cm.

Guinea bichir alias Polypterus ansorgii

Polypterus mokelembembe (Mokèlé-mbèmbé bichir)

Dinamai dengan makhluk " Mokele-mbembe " yang kabarnya merupakan jenis dinosaurus yang masih hidup di hutan hujan Kongo , namanya diberikan secara harfiah berarti " salah satu yang menghentikan aliran sungai ". Digambarkan terakhir 2006, Mokele-mbembe adalah tambahan terbaru untuk keluarga bichir , tetapi juga yang paling primitif di antara semua bichirs hingga saat ini.

Polypterus Mokele mbembe

Lapradei Bichir (Polyterus bichir lapradei)

Lapradei bichir adalah sub spesies Polypterus bichir. Penampilan ikan Palmas Lapradei ini sangat mirip dengan ikan Palmas Nile / Nile Bichir. Keduanya memiliki marking pola garis pararel mulai dari kepala hingga ke ekor. Yang membedakannya hanya jumlah sirip/duri dorsal. Lapradei ini memiliki jumlah duri yang lebih sedikit.

Lapradei bichir

(Polypterus weeksii)

Jenis ini memiliki kepala yang relatif besar. Dan memiliki belang seperti jenis delhezi.

Palmas Weeksii
Palmas Weeksi - Photo Mottled bichir - fishbase.org - Chang, Y.C.

Cross River bichir (Polypterus teugelsi)

Cross River bichir merupakan ikan palmas atau ikan naga yang berwarna coklat kemerahan berasal dari aliran sungai lintas di Kamerun dan merupakan salah satu spesies bichir yang paling elegan dan berwarna unik.

Palmas Teugelsi
Cross River bichir - fishbase.org - van Uitert, K

Nile bichir (Polypterus bichir bichir)

Palmas Nile Bichir
Nile bichir - fishbase.org - van Uitert, K

Polypterus bichir, alias Palmas Nil, adalah ikan palmas yang hidup di sungai Nil dan beberapa anak sungainya di Afrika. Mereka memiliki warna abu-abu gelap di bagian atas, dengan garis vertikal berwarna gelap di sisi tubuhnya. Garis vertikan ini akan memudar seiring dengan pertumbuhan ikan.

West African bichir (Polypterus retropinnis)

Ikan West African Bichir alias Retropinnis Bichir (Polypterus retropinnis), adalah ikan air tawar dari famili Polypteridae, berhabitat di lembah Sungai Kongo tengah dan Sungai Ogooué di Afrika.

Ukurannya bisa mencapai 35 cm. Ikan ini bisa dibedakan dengan rahangnya yang relatif sama panjang antara rahang atas dan bawah. Ia memiliki 7-9 sirip punggung

palmas_retropinnis
West African bichir - fishbase.org - Germeau, G

Ikan predator Palmas West African atau Palmas Afrika Barat memiliki sifat teritorial dan tidak segan mengancam ikan lain yang masuk wilayah kekuasaanya di akuarium.

Read more: Jenis Ikan Predator Air Tawar

Referensi : http://www.mypalhs.com/ forums/showthread.php? 158707-Beginner-s-guide-Polypterus, https://en.wikipedia.org/wiki/Polypterus_palmas, https://en.wikipedia.org/wiki/Polypterus_ornatipinnis , https://en.wikipedia.org/wiki/West_African_bichir

Artikel