Red Tail Catfish / RTC ( Phractocephalus hemioliopterus )

RedTail Catfish adalah ikan catfish dari genus Phrctocephalus. Ia merupakan anggota satu-satunya yang tersisa sementara yang lainnya sudah dahulu punah. Ikan catfish yang berasal dari benua Amerika ini memiliki ciri perut berwarna putih dan ekor yang berwarna kemerahan. Inilah kenapa ikan ini dinamai dengan Red Tail yang berarti ekor merah. Komposisi warna yang cantik membuatnya jadi pilihan sebagai ikan hias air tawar pengisi akuarium.

red tail catfish

Ikan Lele asal benua Amerika ini mampu tumbuh hingga lebih dari 1 meter bahkan mampu mencapai 1,8 m di alam liar dengan berat mencapai hingga 80 kg. Umur Red Tail Catfish (RTC) bisa mencapai sekitar 20 tahun. Mengingat ukurannya, untuk memelihara RTC ini hingga dewasa diperlukan akuarium dengan ukuran yang sangat besar atau kita bisa memeliharanya di kolam ikan predator.

Naluri Predator Ikan Red Tail Catfish

Mereka cukup agresif dan dikenal memiliki naluri "predator" naluriah. Ketika ikan masih berukuran kecil ia akan malu-malu akan tetapi semakin beranjak dewasa, kepercayaan diri dan agresifitasnya kian tumbuh. Dan saat itu ikan-ikan kecil akan jadi santapannya. Sekali ia menentukan targetnya gerakannya akan sangat cepat untuk memakan mangsanya.

Baca Juga :Ikan Predator Air Tawar

Diet Ikan Redtail Catfish (RTC)

Red Tail Catfish atau sering di singkat dengan RTC termasuk ikan omnivora atau pemakan segala, tetapi ikan lele ini lebih memiliki kecenderungan kepada karnivora atau jenis ikan predator dengan kata lain mereka suka memakan ikan lain. Perlu di perhatikan juga bahwa ikan ini akan memakan apapun yang masuk ke ukuran mulut mereka. Oleh karenanya disarankan agar jangan menempatkan objek lain diakuarium untuk mencegah ikan ini memakannya

Sebaiknya untuk pakan di hindari ialah hati sapi dan daging ayam karena jenis daging ini mengandung "lipids" yang susah untuk dicerna oleh metabolisme dari Red Tail Catfish. Pemberian makanan dilakukan tiap hari dan di kurangi hingga seminggu sekali ketika ikan ini sudah dewasa. "Overfeed" atau pemberian makanan secara berlebihan juga sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan kematian RTC.

Tankmate untuk Ikan Redtail Catfish

Karena ikan Redtail Catfish adalah adalah ikan predator yang memiliki sifat agresif dan teritorial, memiliki 'tankmate' atau ikan lain dalam akuarium sejak dari kecil akan membuatnya terbiasa dengan tankmatenya sejak dini.

Sebaiknya tankmate ini harus sama dengan ukuran dengan RTC, meskipun hal ini tidak menjamin tidak adanya konflik perebutan daerah ketika adaptasi terjadi diantara ikan di akuarium. Jenis ikan yang dapat dijadikan 'teman' dengan RTC adalah ikan Datnoids / Datz, ikan pari, Ikan black pacu, gars alias <"https://ikanhias-id.blogspot.com/2015/03/jenis-jenis-ikan-predator-aligator.html">ikan aligator, Iridescent shark, Giant gurami, atau ikan sapu sapu.

Dan satu lagi bahwa ikan redtail tidak akur dengan kerabatnya, oleh karena itu redtail catfish lebih baik dijauhkan dari jenis ikan catfiah lainnya.

Setting Akuarium untuk ikan Redtail Catfish

Karena ikan ini merupakan jenis ikan catfish yang lebih aktif di malam hari maka sebaiknya setting atau pengaturan cahaya untuk akuariumnya harus agak redup. Ikan ini juga suka berkeliaran di akuarium, sehingga dibutuhkan banyak ruang untuk berenang.

Untuk akuarium kaca dasar akuarium haruslah tebal, karena ikan catfish ini dengan ukuran dan kekuatannya, mereka dapat memecahkan kaca akuarium.

Gua buatan akan jadi tempat persembunyian yang bagus untuk ikan, terutama saat mereka masih kecil, tetapi saat mereka tumbuh, mereka akan berbaring di atas batang kayu atau di bawah gua batu.

Waspada Agar tidak meletakkan aksesori akuarium apapun seperti batu atau yang lainnya karena mereka cenderung menelan apapun yang dapat masuk ke dalam mulutnya.

Growth Rate / Tingkat Pertumbuhan Ikan Redtail Catfish

Ikan Redtail Catfish memiliki growth rate atau tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Tanpa disadari ikan ini akan terlalu besar untuk akuarium. Pada saat itu sudah waktunya ikan ini dipindahkan ke akuarium yang lebih besar atau kolam atau dijual/ditukar dengan ikan lain di kios/toko ikan

Memelihara ikan Redtail catfish memang tidak disarankan buat para 'pemula' karena ikan ini akan terlalu besar untuk dipelihara. Tapi bagi para 'petualang' dirimba perikanhiasan terutama para predator fish keeper yang terbiasa dengan ikan berukuran raksasa, tentu ini akan jadi tantangan yang menarik

Artikel