Cara Memecah Mutiara Yang Ngeblok Pada Ikan Louhan

Banyak jenis ikan hias air tawar memiliki nilai keindahan pada mutiaranya, salah satunya ialah ikan Louhan. Mutiara yang penuh pada louhan memang menjadi salah satu nilai plus pada ikan louhan. Beberapa jenis mutiara pada ikan louhan diantaranya mutiara pasir, mutiara jagung, mutiara cacing dll. Mutiara ini akan membuat tampilan ikan louhan semakin indah. Namun ketika mutiara itu terlalu penuh dan rapat sehingga ngeblok tentu bagi sebagian besar penggemar louhan juga hal itu tidak diharapkan, kecuali jenis ikan louhan anda adalah jenis Thai Silk yang memang memiki karakter mutiara yang memang ngeblok sebadan.

ikan louhan kamfa
Contoh ikan Louhan kamfa yang mutiaranya tidak ngeblok

Bagi yang memiliki ikan louhan yang memiliki mutiara yang ngeblok dan ingin mencoba untuk memecahkan mutiara pada ikan louhannya, ada beberapa tips yang patut dicoba untuk memecah mutiara yang ngeblok pada ikan louhan.

Sebab apabila berhasil memecahkan mutiara yang ngeblok, biasanya ikan louhan ini akan memiliki mutiara yang tebal dan bagus

  1. Hindari dan jangan memberikan pakan pelet yang mengandung sprulina, karena kandungan sprulina di percaya dapat meningkatkan perkembangan mutiara. Dan penulis sudah membuktikannya sendiri bahwa ikan yang diberi makanan yang dicampur sprulina membuat mutiara ikan makin cerah dan tebal.
  2. Mengurangi cahaya baik lampu ataupun matahari, sebaliknya terapi matahari ini sering diterapkan untuk justru untuk menimbulkan mutiara dikepala (cross head). Jadi sebaiknya dikurangi cahaya selama beberapa waktu terutama cahaya matahari.
  3. Lakukan terapi selama beberapa waktu dan lihat hasilnya.Karena kadang dibutuhkan banyak kesabaran untuk melihat hasilnya. Bahkan ada yang sampai ikan berukuran besar baru mutiaranya memecah
mutiara louhan ngeblok
Ikan Louhan yang mutiaranya ngeblok

Beberapa sumber juga mengatakan penggunaan carofil dapat membantu proses ini

Apabila tidak ada perubahan berarti ikan louhan dari gen indukannya memang memiliki karakter mutiara yang ngeblok maka mungkin cara diatas mungkin tidak akan berhasil.

Ada baiknya saat hendak membeli ikan louhan usahakan agar mencari yang tidak ngeblok, kalaupun ada sedikit ngeblok lihatlah bapak atau ibunya ataupun kakak-kakaknya apakah memiliki kecenderungan mutiaranya ngeblok.

Baca juga :
Jenis Ikan Louhan
Membedakan Ikan Louhan Cencu dan Ikan Louhan Kamfa
Harga Louhan Cencu dan Ikan Louhan Kamfa
Tips Memilih Ikan Louhan Anakan
Membedakan Ikan Louhan Cencu dan Kamfa
Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina
Kontes Ikan Louhan dan Kriteria Penilaian
Jenis Body Pada Ikan Louhan
Jenis Marking Pada Ikan Louhan
Jenis Ikan Hias Air TawarLainnya

Artikel