Jenis Jenis Ikan Oscar, Ikan Predator dari America Utara

Ikan Oscar atau Oskar ini adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang termasuk ke dalam family Cichlid dari benua Amerika (American Cichlid). Memiliki nama latin Astronotus ocellatus ikan oskar memiliki habitat asli di sungai-sungai Amerika utara mulai dari negara Peru, Ekuador, Kolumbia, Brazil, dan French Guiana, juga disepanjang cekungan sungai Amazon. Ikan Oscar termasuk ke dalam jenis ikan predator yang rakus.

jenis ikan oscar
Ikan Oscar

Walaupun ikan oscar ini sebenarnya hanya satu spesies saja tetapi ada beberapa variasi bentuk dan warna untuk jenis ikan oskar ini. Yang paling banyak terdapat dipasaran adalah ikan oscar jenis oscar biasa, oscar tiger, oscar red dan oscar albino.

Lalu apa saja jenis ikan oscar ini ? berikut diantaranya:

  • Oscar Tiger
  • Oscar Red
  • Oscar biasa (alias Oscar liar)
  • Oscar Tiger Albino
  • Oscar Red Albino
  • Oscar Lutino
  • Oscar Tiger Lutino
  • Oscar Red Lutino
  • Oscar Lemon Sunshine
  • Oscar Golden

Tiger Oscar

(Memiliki warna dasar gelap dengan setrip oranye atau merah).

Tiger Oscar dipercaya merupakan hasil dari selective breeding dari Red Oscar dengan Oscar biasa dan "memperbaiki" strain/jenis yang dihasilkan.

jenis ikan oscar
Tiger Oscar

Red Oscar

(Memiliki warna dasar gelap dengan sebagian besar warna orange/merah di tubuhnya.)

Red Oscar adalah strain baru yang di hasilkan oleh Charoen Pattabonge, seorang pengusaha ikan dari Thailand, ia menyadari bahwa beberapa ikan oskar yang dikirim kepadanya memiliki warna merah yang menyolok dan ini tidak biasanya. Akhirnya ia mulai mengembangkan strain baru yang sekarang kita kenal dengan nama "Red Oscar".

Jenis Red Oskar ini mulai dikenal sejak tahun 1969. Salah satu karakter yang membedakannya dengan yang lain adalah bahwa jenis ikan oscar ini tidak memiliki eyespot/bulatan pada pangkal ekornya.

jenis ikan oscar
Red Oscar

Oscar biasa (alias Oscar liar)

(Memiliki warna dasar gelap dengan setrip berwarna lebih muda berwarna kuning, abu-abu atau hijau pucat dengan sedikit warna oranye.

Albino Tiger Oscar

(Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan garis berwarna merah atau oranye)

Untuk oscar Albino sebaiknya lampu tidak terlalu terang karena ikan albino cenderung sensitif terhadap cahaya yang terlalu terang

jenis ikan oscar
Albino Tiger Oscar

Albino Red Oscar

Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan badan sebagian besar berwarna merah atau oranye.

jenis ikan oscar
Albino Tiger Oscar

Lutino Oscars

Oskar lutino ini mirip dengan Oskar “albino”, hanya saja memiliki warna yang lebih gelap biasanya pada sirip dan mata. Jenis Oskar Lutino terdiri dari red & tiger. If you have an Oscar displaying any black coloration, in the eyes or fins, but otherwise looks like an Albino, it is a Lutino. Oskar Albino tidak dapat memproduksi pigmen warna hitam, coklat atau hijau.

Lutino Tiger Oscar

(Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan garis oranye dan memiliki sedikit campuran warna coklat/abu pada sirip dan tubuhnya)

jenis ikan oscar

Lutino Red Oscar

(Memiliki warna dasar putih atau cerah dengan warna orange ditubuhnya dengan warna coklat/abu pada siripnya.)

jenis ikan oscar

Varietas Yang lain

Sunshine Lemon Oscar

Golden Oscar

(Mirip dengan oscar Red, tetapi warnanya lebih ke kuning/emas dibanding merah atau oranye)

Bloody/Super Red Oscar

Jenis Red oscar dengan warna merah merona

jenis ikan oscar
Super Red Oscar

Oscar Yang di Warnai

Ikan Oscar juga telah menjadi korban pewarnaan. Proses ini akan melemahkan ikan sehigga ikan akan lebih rentan terhadap penyakit dan memperpendek masa hidupnya. Dan warna yang di injek juga akan memudar dan pada akhirnya ikan akan kembali menjadi warna aslinya yaitu albino/lutino yang harganya jauh lebih murah.

Blueberry Oscar

(“albino” or lutino red/tiger oscars dicelup warna biru)

Strawberry Oscar

("Albino" atau lutino merah / tiger oscar yang diwarnai merah / pink) Jenis ini tidak jarang ditemukan seperti halnya oscar "blueberry". Juga, beberapa oscar albino / lutino secara alami memiliki warna dasar merah muda / peach, namun pada oscar yang diwarnai, warna tidak akan terlihat padat atau merata.)

Oscar Oddities

Selain dengan varietas warna yang berbeda, ikan oscar juga telah dikembankan melalui selektif breed untuk membentuk tubuh / sirip yang berbeda

Oscar Slayer / Veiltail Oscar

(Memiliki sirip dan ekor yang lebih panjang dari pada yang biasa.)

jenis ikan oscar
Veiltail Oscar

Short bodied/ Oscar Balon

(Miliki tubuh yang lebih pendek dari biasanya) Ini relatif jarang dan dalam banyak kasus, oscar dengan tubuh yang lebih pendek dari normal sebenarnya pertumbuhannya terhambat dan cacat karena ikan berada dalam kondisi buruk dan bukannya dikembangbiakkan secara selektif. Sebaiknya berhati-hati dalam membeli oscar shortbody.

Ikan Oscar Balon
Ikan Oscar Shortbody

Species lainnya

Ada juga 2 spesies lain yang termasuk genus Astronotus. Ini bukan oscar, tapi hubungan mereka erat dan terlihatmirip. Mereka juga sangat jarang ditemukan di pasaran. Ada beberapa perdebatan mengenai apakah ini dua spesies yang berbeda atau sama.

Astronotus orbicularis

Astronotus crassipinnis

Ikan oscar ini bisa tumbuh hingga sekitar 25 cm. Ikan oscar ini termasuk ikan yang rakus dan tidak segan menelan ikan lain yang berukuran kecil dan masuk ke mulutnya. Ikan oscar ini termasuk ikan yang toleran terhadap sejenisnya dan dapat dipelihara dalam kelompok kecil yang terdiri dari 2-5 ekor apabila ukuran akuarium cukup besar. Walaupun terkadang ada beberapa kasus bahwa ikan oscar berlaku agresif terhadap temannya itu karena kepribadian ikan itu tidak selalu sama.

Penyakit yang sering menyerang ikan oscar ini adalah hith (hole in the head) yaitu munculnya lubang putih bulat di bagiah kepala ikan. Penyakit ini disebabkan karena kualitas air yang tidak baik mungkin saja disebabkan sistem filtrasi atau filter air kurang baik. Oleh karenanya disarankan untuk menjaga kualitas air dengan sistem filtrasi air yang baik dan penggantian sebagian rutin air akuarium sebanyak 10-15 persen tiap 1 atau 2 minggu sekali tergantung dari jumlah ikan dan jumlah makanan yang diberikan. Semakin banyak makanan diberikan semakin cepat air berkurang kualitasnya dan harus diganti.

Ikan ini termasuk omnivora namun kecenderungan sebagai ikan predator, di alam liar ikan oscar ini menjadikan ikan kecil, udang, larva serangga kecil sebagai menu utama makanan mereka.

Artikel