Ikan-Ikan Hias Air Tawar Berkepala Jenong

Bila menyebut ikan hias dengan kepala jenong, bagi kebanyakan orang pikirannya akan tertuju pada satu jenis ikan populer tiada lain yaitu ikan louhan. Benar sekali tetapi selain ikan louhan sebenarnya ada beberapa spesies terutama dari ikan hias jenis siklid yang memiliki kepala yang benjol juga. Walaupun mungkin tidak sebesar jenong louhan.

Beberapa spesies dari family cichlid baik itu yang berasal dari benua Afrika maupun dari Amerika memiliki jenong dibagian kepala mereka. Masih jadi perdebatan sebenarnya apa fungsi dari jenong atau dalam bahasa inggrisnya nuchal hump ini. Ada anggapan bahwa jenong ini menjadi ciri pembeda antara ikan jantan dan betina. Namun hal itu bisa dibantah dengan adanya ikan betina yang juga memilikinya.

Ada juga anggapan bahwa jenong itu merupakan cadangan makanan. Karena dari hasil penelitian menyatakan bahwa komposisi jenong terdiri dari lemak. Kemungkinan pendapat ini ada benarnya karena ikan yang diberi pakan dengan berprotein tinggi cenderung memiliki jenong yang lebih besar. Walaupun ada yang tidak sependapat karena selain lemak diketahui juga bahwa di dalam jenong juga memiliki kandungan air.

Terlepas dari apa fungsi sebenarnya jenong, bagi para pecinta ikan hias jenong ini merupakan salah satu nilai tambah yang membuat tampilan ikan menjadi lebih menarik.

Beberapa ikan hias yang memiliki kepala "benjol ini diataranya adalah

Ikan Louhan

Ikan louhan tanpa jenong ibarat sayur tanpa garam. Jenong seperti sudah menjadi keharusan bagi jenis ikan yang sempat booming di awal tahun 2000 an.

ikan louhan jenong

Ikan Frontosa

Ikan dengan nama latin Cyphotilapia frontosa ini merupakan salah satu contoh keluarga cichlid yang berkepala jenong.
ikan hias kepala jenong

Convict Cichlid

Memiliki nama latin Cichlasoma nigrofasciatum ikan yang juga dikenal dengan nama Convict Cichlid atau Zebra Cichlid ini juga memiliki benjolan dikepala yang cukup besar.
ikan hias kepala jenong
Ikan hias jenis convict ciclid

Geophagus steindacheri

Geophagus steindachneri in Tropicarium-Oceanarium Budapest

Red Devil Cichlid

Selain jenong ikan bernama latin Amphilophus labiatue ini juga memiliki bibir dower. red devil jenong

Midas Cichlid

ikan midas jenong
Midas Cichlid - Photo -Suzy CC

Selain itu masih banyak ikan yang memiliki kepala besar misal saja Blue Dolphin cichlid, Lionhead Cichlid, Synpylum, Gold Saum, Geophagus hondae, Hypselecara temporalis, Acara facestus, Geophagus balzani.

Artikel