Jenis Jenis Peacock Bass /Pbass (Cichla Spesies) alias Pibas

Ikan Peacock Bass atau ikan Pbass / Pibas merupakan salah satu jenis ikan predator yang cukup banyak di gemari. Ikan hias air tawar ini merupakan salah satu ikan terbesar dalam family cichlidae. Ikan Pbass berasal dari perairan di benua Amerika.

Ada banyak jenis jenis Peacok Bass ini, yang paling umum ditemui ialah Cichla monoculus,Cichla Occelaris dan Orinoco. Yang lainnya seperti Cichla Temensis, Azul dan Xingu juga menjadi buruan para penyuka ikan predator untuk dijadikan kolieksi.

pbass monoculus
Peacock Bass Monoculus (Cichla Monoculus)

Walaupun ikan Pbass tampilannya terlihat garang ini namun warna hijau keemasannya yang cantik banyak membuat penggemar ikan jatuh cinta pada ikan buas ini.

    Ada 16 jenis ikan Peacock Bass alias Pbass yaitu
  1. Monoculus Peacock Bass (Cichla Monoculus)
  2. Oscelaris Peacock Bass (Cichla Oscelaris)
  3. Orinoco Peacock Bass (Cichla Orinocensis)
  4. Temensis Peacock Bass (Cichla Temensis)
  5. Kelberi Peacock Bass (Cichla kelberi)
  6. Azul Peacock Bass (Cichla piquiti)
  7. Royal Peacock Bass (Cichla intermedia)
  8. Xingu peacock Bass (Cichla melaniae)
  9. Cichla jariina
  10. Pinima Peacok Bass (Cichla pinima)
  11. Cichla pleiozona
  12. Tapajo Peacock Bass (Cichla mirianae)
  13. Cichla nigromaculata
  14. Cichla thyrorus
  15. Cichla vazzoleri
  16. Cichla cataractae - Spesies Baru

Selain 16 jenis spesies ada juga ikan Pbass yang memiliki kelainan genetik sehingga warnanya tidak biasa diantaranya adalah

Sekilas Tentang Ikan Peacok Bass Alias Pbas

Ikan pibas ini termasuk kedalam genus Cichla dalam family cichlid. Genus Cichla ini terdiri dari lima belas spesies yang berbeda. Lima belas spesies dari ikan pibas ini memiliki kesamaan. Mereka predator yang berukuran besar, diurnal (aktif di siang hari) dan piscivorous (pemakan ikan). 'Peacock Bass' dalam bahasa Inggris, 'Tucunaré' di Brazil dan 'Pavon' di negara-negara berbahasa Spanyol.

Update: Ada satu jenis baru hingga jenis Pbass ada 16

Ikan yang berwajah garang ini memiliki gerakan yang sangat cepat untuk memburu mangsanya. Ikan Pbass ini juga termasuk ikan yang rakus. Ukuran maksimal ikan ini bisa mencapai 75 cm bahkan lebih. Dan growth rate atau tingkat pertumbuhan ikan Peacock Bass termasuk sangat cepat. Untuk itu diperlukan ukuran berukuran besar untuk menampungnya. Walaupun agresif terhadap mangsa ikan cichlid ini tidak teritorial yang artinya kita bisa menyatukannya dengan ikan lain.

Ikan yang berasal dari sungai Amazon di Amerika utara ini memiliki Growth rate atau tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Bahkan ketika berukuran kecil pertumbuhannya bisa mencapai 2-3 cm setiap bulannya.

Di negara asalnya jenis ikan predator ini sering dijadikan "sport fishing" atau kegiatan memancing rekreasi dengan mengambil lokasi di kawasan sungai Amazon.

Di Amerika ikan ini termasuk ikan sportfishing /game fishing yaitu ikan yang dijadikan sasaran pemancing. Ukurannya yang besar dan hidup disungai berarus membuat ikan pibas menjadi tantangan untuk mancing mania.

Seperti ikan predator besar lainnya ikan pbass menyukai ikan, udang dan katak.

Meskipun sekilas semua spesies mungkin tampak sangat yang menyebabkan banyak kebingungan dan kesalahan dalam mengidentifikasi jenis ikan pibas ini, ada perbedaan yang signifikan diantara mereka.

Ada beberapa jenis ikan Peacok Bass terdiri dari 15 spesies (Kullander & Ferreira, 2006) ditambah 1 spesies yang baru ditemukan.

Monoculus Peacock Bass (Cichla Monoculus)

Cichla Monoculus merupakan ikan jenis cichla yang paling banyak terdapat di pasaran. Ukuran maksimal ikan ini ialah sekitar 45cm. Harga ikan cichla monoculus ini termasuk yang paling murah di kelas ikan hias cichla atau pbass. Cichla monoculus ini memiliki marking atau tanda hitam di dahinya.

Habitat asli ikan predator ganas ini banyak tersebar di sepanjang sungai Amazon. Ikan pibas ini bisa tumbuh hingga berat mencapai 5 kg.

monoculus pbass
Peacock Bass Monoculus Dewasa
cichla monoculus kecil
Cichla Monoculus saat masih kecil

Oscelaris Peacock Bass (Cichla Oscelaris)

Cichla ocellaris adalah endemik atau habitat aslinya hanya ada di Drainase Guyana, Suriname, dan French Guyana Amerika Selatan.

Peacock Bass Oscelaris Dewasa
Cichla Oscelaris saat masih kecil

Orinoco Peacock Bass (Cichla Orinocensis)

Jenis ikan predator Cichla orinocensis ini berhabitat asli di hilir sungai Orinoco dan Rio Negro di benua Amerika. Ukuran dewasa Orinoco Peacock Bass bisa mencapai 50cm.

Sekilas ikan pibas Orinoco ini mirip dengan Cichla Oscelaris perbedaannya adalah pada pibas orinoco tidak ada marking tubuh kearah pipi. Ikan ini bisa mencapai berat hingga 6 kg.

Peacock Bass Orinoco Dewasa
Cichla Orinoco saat masih kecil

Temensis Peacock Bass (Cichla Temensis)

Jenis ikan cichla Temensis ini merupakan yang terbesar diantara jenis cichla. Di alam liar ukuran Cichla temensis ini bahkan bisa mencapai sekitar 1 meter dengan berat sekitar 14 kg. Cichla Temensis ini adalah yang memiliki body yang paling panjang, dengan perbandingan lebar badan umumnya sekitar 25% dari panjang badan (diukur dari kepala ke pangkal ekor).

Peacock Bass Temensis Dewasa

Cichla temensis ini merupakan ikan pibas terbesar, paling kuat, dan paling agresif dari semua jenis ikan pibas yang ada. Di alam liar ikan ini dikenal sangat agresif dalam mengejar mangsa, bahkan secara agresif menyerang hingga di permukaan sungai.

Peacock Temensis saat masih kecil

Cichla temensis ditemukan Di sungai Orinoco Amazon .dan hampir semua kawasan sungai blackwater amazon. Blackwater ini adalah jenis sungai dengan arus kecil yang mengalir melalui rawa hutan atau lahan basah

cichla temensis
Variasi Warna pada ikan Temensis Peacok Bass
courtesy of: aquafind.com

Kelberi Peacock Bass (Cichla kelberi)

Peacock Bass Kelbery Dewasa
 Peacok Bass Kelbery (cichla kelberi) saat masih kecil

Azul Peacock Bass (Cichla piquiti)

Cichla piquity atau sering disebut "Azul" ini hanya terdapat di sungai dan anak sungai Tocatins dan Sungai Araguaia di benua Amerika.

Peacock Bass Azul Dewasa
Pbass Azul saat masih kecil

Royal Peacock Bass (Cichla intermedia)

Ikan Cichla Intermedia ini bisa tumbuh hingga mencapai sekitar 45 cm. Ciri dari Royal Peacock Bass ini ialah hingga 8 garis hitam di sepanjang tubuh. Dengan marking gelap yang panjang di tengah tubuhnya.

Intermedia Cichla hanya terdapat di sungai Orinoco, tepatnya sungai Rio Negro dan anak sungainya.

Cichla intermedia
Cichla intermedia

Xingu peacock Bass (Cichla melaniae)

Ikan yang sering disebut Xingu ini endemik atau hanya terdapat di hulu sungai Rio Xingu cachoiera dekat Belo Monte hingga anak sungai hulu Sungai Frisco yang berada wilayah drainase sungai rio Xingu.

<
Peacok Bass Xingu Dewasa

Cichla jariina

Cichla jariina

Pinima Peacok Bass (Cichla pinima)

Cichla pinima umumnya di jumpai hilir sungai Amazon, tapi paling sering ditemukan di kawasan anak sungai berair air jernih, termasuk sungai Tapajós, Xingu, Tocantins, Trombetas, Curuá-Una, Araguarí di Amapá.

Cichla pinima

Cichla pleiozona

Cichla pleiozona ini endemik atau hanya ditemukan di Sungai Madeira bagian ata pada anak sungai cachoeiras dekat Porto Velho, Brasil

Cichla peiozona

Tapajo Peacock Bass (Cichla mirianae)

Cichla mirianae endemik di Sungai (Tapajos) dan anak sungainya, Sungai Xingu dan anak sungainya

Cichla nigromaculata

Cichla nigromaculata

Cichla thyrorus

Cichla thyrorus

Cichla vazzoleri

Cichla vazzoleri

Habitat asli Cichla tersebar di Sungai Trombetas dan Uatuma di benua Amerika

Cichla cataractae

Jenis Cichla cataractae merupakan spesies baru dari Pbass dan berbeda dari jenis pbass yang ada berdasarkan bukti molekuler dan pola unik pigmentasi dewasa dan remaja

Cichla caractae

Peacock Bass Albino

Peacok Bass Albino ini mengalami kelainan genetik sehingga tidak memiliki pigmen warna ditubuhnya. Sehingga ikan albino ini berwarna putih seluruhnya. Gen Albino ini merupakan gen yang diturunkan.

pibas albino
Pibas Albino

Peacock Bass Xanthic

Pada Pibas Xanthic ini yang dominan adalah pigmen warna kuning sehingga warna lain tidak muncul.

pibas Xanthic
Pibas Xanthic

Artikel