Jenis Jenis Ikan Hias Predator Air Tawar

Banyak penghobi menyukai keindahan ikan hias dari warna dan bentuknya yang lucu dan menggemaskan, namun banyak juga penggemar ikan hias yang lebih tertarik pada ikan yang berwajah sangar atau pada ikan yang suka memangsa ikan-ikan dengan buasnya atau lebih kita kenal dengan istilah ikan Predator. Ikan ikan Predator ini biasanya akan berukuran besar saat dewasa. Banyak jenis ikan hias air tawar yang termasuk ke dalam kategori ikan predator di antaranya ialah jenis Arwana, Peacock Bass, Aligator Gar, Piranha, Araipama, Catfish (Red Tail Catfish, Jaguar Catfish), Cichlid Amerika ( Wolf Cichlid, Jaguar Cichlid, Oscar), Snake Head (Gabus Toman),African TigerFish, Payara Armatus/VampireFish, Datnoid / Tigerfish,Wolf Fish , Chinese Perch dan banyak lagi.

jenis ikan predator
Ikan Predator

Perilaku ikan predator saat di beri makan ini salah satu yang menjadikan magnet bagi para hobiis untuk memeliharanya. Gerakannya yang gesit dan nafsu makannya yang besar merupakan ciri khas dari jenis ikan predator ini. Walaupun ikan predator ini dapat dilatih untuk makan makanan beku, tetapi kebanyakan lebih menyukai untuk memberikan pakan hidup pada ikan jenis ini.

Untuk memelihara ikan-ikan predator ini sebaiknya kita menyiapkan akuarium berukuran besar karena sebagian besar diantara ikan hias ini tumbuh dengan sangat cepat dan bahkan ada yang berukuran hingga 1 meter lebih. Tidak ada salahnya sedikit survey sebelum kita memutuskan apabila kita hendak memelihara salah satu jenis ikan predator ini.

Beberapa dari jenis ikan predator ini memiliki gigi yang sangat tajam dan bertingkah agresif ketika kita memasukkan tangan ke akuarium kita. Oleh karena itu kita perlu berhati-hati apabila kita hendak bermain dengan ikan predator kesayangan kita.

Beberapa ikan predator yang ada di pasaran antara lain :

Red Belly Piranha (RBP)

Ikan predator Piranha ini dikenal memiliki reputasi yang buruk sebagai ikan yang akan memangsa apapun yang masuk di sungai tempat mereka tinggal. Giginya berderet setajam silet mampu mengoyak mangsa dengan mudah. Dan mereka melakukannya secara berkelompok, dimana satu kelompok ikan piranha terdiri dari ratusan ikan. Ikan predator bernama piranha ini juga memiliki sensor untuk mendeteksi darah di air dan peka terhadap percikan air dan kebisingan.

Sekilas ikan buas dari sungai Amazon ini mirip dengan bawal (Pacu), oleh karena itu sebaiknya berhati-hati agar tidak membeli jenis yang salah.

Jenis ikan predator piranha Ikan yang terkenal karena gigi tajam dan kerakusannya dan seleranya terhadap daging, walaupun jarang ditemukan mereke menyerang manusia. Ikan ini juga termasuk kanibal alias memakan sesama mereka sendiri ketika mereka mengalami kelangkaan makanan.

Ikan Predator Piranha
Ikan Piranha

Ikan Buaya / Gar ( Alligator Gar, Florida Gar)

Walaupun ada 7 Jenis Gar yang banyak di temui ialah alligator gar dan florida gar. Banyak orang menyukai ikan aligator ini karena bentuknya yang unik yaitu menyerupai buaya. Hanya saja perlu di ketahui bahwa ikan aligator /gar atau spatula ini akan tumbuh sangat besar rata-rata mencapai ukuran maksimal lebih dari 1 meter, sehingga untuk memeliharanya hingga besar di butuhkan akuarium berukuran sangat besar atau mungkin lebih cocok untuk pelihara di kolam ikan. Dari tujuh spesies gar, Alligator Gar ini merupakan yang terbesar, ukurannya bisa mencapai hingga panjang hingga tiga meter dan mencapai berat 140 kilogram.

jenis Ikan Predator Alligator / Spatula
Ikan Aligator ikan predator ganas

Read More : Jenis Jenis ikan Aligator

Arwana

Ikan arwana ini merupakan salah satu jenis ikan predator "purba" yang paling populer. Selain karena warnanya dan bentuk tubuhnya yang indah, beberapa kalangan juga menganggap ikan ini sebagai pembawa hoki. Namun di balik keindahannya ikan ini memiliki naluri predator yang ganas. 

jenis ikan predator arwana
Arwana predator yang menghanyutkan

Arapaima Gigas

Arapaima, pirarucu, atau paiche (Arapaima gigas) adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan daerah tropis Amerika Selatan. Ikan Arapaima dapat tumbuh maksimal sepanjang 3 meter dan berat 200 kilogram. Saat ini sudah sangat jarang terdapat arapaima yang berukuran lebih dari 2 meter karena ikan ini sering ditangkapi untuk dikonsumsi penduduk atau diekspor ke negara lain.

Jenis ikan predator Araipama Gigas
Ikan Predator Araipama Gigas

Red Tail Catfish

Ikan sejenis lele asal Amerika ini akan memangsa apapun yang masuk ke dalam mulutnya.Ikan ini akan tumbuh hingga 1,5 meter. Jadi siapkan akuarium yang sangat besar apabila anda berniat memeliharanya hingga dewasa. Walaupun ikan Red Tail Catfish ini termasuk omnivora tetapi mereka lebih menyukai makanan daging-dagingan (ikan, udang dll).

Ikan Predator Red Tail Catfish
Red Tail Catfish ikan predator yang super rakus

Red Tail Catfish atau sering di singkat dengan RTC ini termasuk ikan omnivora atau pemakan segala, tetapi ikan lele ini lebih memiliki kecenderungan kepada karnivora atau ikan predator dengan kata lain mereka suka memakan ikan lain. Perlu di perhatikan juga bahwa ikan ini akan memakan apapun yang masuk ke ukuran mulut mereka. Oleh karenanya disarankan agar jangan menempatkan objek lain diakuarium untuk mencegah ikan ini memakannya

Read More Ikan Predator Red Tail Catfish (RTC)

Tiger ShovelNose Catfish (TSN)

Masih dari jenis Catfish ada juga TSN alias Tiger Shovelnose Catfish / TSN merupakan salah satu jenis Catfish atau lele yang berasal dari benua Amerika. Ikan catfish bernaluri predator ini mampu tumbuh hingga mencapai lebih dari 1 meter ketika dewasa. Tiger Shovelnose Catfish ini termasuk ikan nocturnal yaitu lebih aktif dimalam hari

Ikan Predator Tiger shovel Nose Catfish

Read More Ikan Predator Tiger Shovel Nose Catfish (TSN)

Jaguar Catfish(Liosomadoras oncinus) juga patut diajukan sebagai ikan predator jenis catfish. Ikan asal benua Amerika, tepatnya amerikan selatan ini bisa tumbuh hingga ukuran 25cm.


Tapah

jenis ikan predator

Ikan Tapah termasuk dalam famili Siluridae yang terdapat di bagian selatan Asia dari Pakistan ke Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Ikan ini juga dilaporkan terdapat di Afghanistan.

Ikan Tapah yang bisa mencapai ukuran 2 meter lebih hidup di sungai besar, dengan dasar sungai yang berlumpur dan air yang mengalir dengan perlahan. Ikan tapah biasa menyembunyikan diri di dalam lubang-lubang yang terdapat di tebing sungai dan terusan atau berdiam di dasar sungai untuk mencari makanan.

Ikan Tapah adalah pemangsa yang rakus. Makanan untuk ikan dewasa termasuk ikan yang lebih kecil, krustasia, dan moluska, sementara anak ikan tapah biasanya makan serangga.

Ikan Tapah berbiak pada musim panas sebelum musim hujan tiba. Karena itu ikan tapah banyak ditemukan pada saat musim panas.

Wolf Fish(Hoplias Spesies)

Walaupun Wolf Fish ini jarang di temui di perjualbelikan ikan ini termasuk salah satu ikan predator yang sangat ditakuti.

Wolf Fish
Ikan predator yang menakutkan Wolf Fish

Read MoreJenis Jenis Ikan Predator Wolf Fish

Genghis khas / Paroon shark / Hiu air tawar


Snake Head Fish(Chana Spesies)

Ikan Snake Head atau gabus ini memiliki bentuk kepala seperti ular dan merupakan salah satu ikan predator yang buas. Ikan toman juga termasuk ke dalam kelompok ikan predator ini

Ikan Snake Head ini termasuk predator jempolan. Mereka memangsa ikan, katak. Mereka juga akan menyerang segala sesuatu yang bergerak ketika mereka dalam masa berkembang biak.

Ikan Predator Snake Head / Gabus
Ikan Gabus Northern Snakehead

Ikan snake Snakehead bisa menghirup udara dan sanggup bertahan di luar air sampai empat hari. Ikan predator ini dapat bertahan hidup lebih lama saat kekeringan dengan menggali ke dalam lumpur. Sebagian besar ikan Snake head ini berada di Asia.

Palmas (Polypterus Palmas )

Ikan predator jenis palmas ini memiliki tampilan seperti ikan jaman purba. Mereka termasuk ikan yang suka berada di dasar akuarium. Untuk jenis jenis ikan "naga" palmas ini ini bisa dilihat di link ini (Jenis Jenis Ikan Palmas )

Ikan Predator Naga PalmasIkan 'Naga' Palmas Delhezi

Datnoid / Tigerfish

Ikan yang memiliki warna loreng seperti harimau ini merupakan salah satu jenis predator yang cukup menarik untuk di koleksi. Ikan yang menangkap mangsanya dengan "menghisap" ikan ke dalam mulutnya yang lebar. Indonesia memiliki jenis ikan Datnoid ini yaitu yang dikenal dengan Indo Datz dan Papua Datz / NGT. Namun yang paling di minati karena warnanya yang paling cantik yaitu Siamese Datnoid.

Ikan Predator Datnoid
Datnoid

Read More : Jenis Jenis ikan Datnoid alias Tigerfish

Payara Armatus ( Hydrolycus Armatus )

Ikan Payara merupakan ikan predator yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan ini unik karena payara ini memiliki gigi "taring" oleh karena itu ikan yang bernama latin hidrolycus armatus ini juga sering di juluki Vampire Fish. Dengan ukuran tubuh bisa mencapai 50 cm tentu ikan predator ini nampak mengerikan.

ikan predator payara

African Tiger Fish

Ikan African Tiger Fish ini merupakan ikan predator dari Afrika. Ikan ini termasuk omnivorus atau pemakan daging. Panjang ikan ini maksimal bisa mencapai 1 meter.

Ikan African Tiger fish atau Tiger Fish ini tersebar luas di Afrika. Ikan Tiger Fish merupakan adalah predator menakutkan dengan, gigi besar tajam. Mereka sering berburu secara berkelompok dan kadang memangsa hewan besar. Walaupun begitu serangan pada manusia sangat jarang bahkan tidak pernah diberitakan.
jenis ikan predator
Tiger Fish

Dua spesies terbesar dari African Tiger Fish adalah ikan Goliath Tiger Fish (Hydrocynus goliath) dan Hydrocynus vittatus yang sering disebut Tiger Fish saja. Ikan goliath tiger Fish dapat mencapai berat hingga 50 kg, ditemukan di Sungai Kongo dan Danau Tanganyika. sementara ikan Tiger Fish dapat mencapai berat dapat berat sampai 15 kg dan ditemukan di aliran sungai Zambezi.

Ikan Predator dari Jenis Belida atau Knife Fish

Banyak spesies dari ikan predator bertubuh tipis atau sering kita sebut ikan belida ini yang sangat agresif dalam menangkap mangsanya. Ikan predator ini merupakan pemburu tangguh di malam hari. Di antaranya adalah ikan belida bangkok alias clown knife fish dan

jenis ikan predator

IKAN PREDATOR DARI FAMILI CICHLID

Peacock Bass (Cichla Monoculus, Cichla Oscelaris, Cichla Temensis)

Ikan berwajah seram tapi memiliki warna yang cantik ini berasal dari sungai amazon di benua Amerika dan termasuk ke dalam famili Cichlid atau American Cichlid. Ikan predator jenis peacok bass ini mampu tumbuh hingga lebih dari 50 cm ketika dewasa bahkan untuk jenis Cichla Temensis bisa mencapai hampir 100 cm. Merupakan ikan pemangsa yang pandai berburu dengan nafsu makan yang besar. Peacock Bass ini memiliki gerakan secepat kilat untuk menangkap mangsanya.

Ikan predator ini memiliki 15 spesies dengan ragam corak yang indah. Beberapa jenis di antaranya karena jarang dan relatif sulit didapatkan memiliki harga jual yang tinggi.

jenis ikan predator
Pbass alias Cichla Monoculus, ikan predator berwajah sangar

Read MoreJenis-Jenis Ikan Predator Peacock Bass alias Pbass

Emperor Cichlid / Giant Cichlid (Boulengerochromis microlepis)

Ikan Emperor Cichlid atau juga dikenal dengan ikan Giant Tangayika Cichlid ini merupakan ikan yang terbesar dari semua jenis cichlid. Ukurannya bisa mencapati 90 cm. Ikan yang termasuk African Cichlid ini endemik atau hanya ada di Danau Tangayika Afrika.

jenis ikan predator

Read MoreIkan Predator Emperor/ Giant Cichlid

Wolf Cichlid alias Dovii

Ikan yang terkenal sangat agresif ini merupakan salah satu predator ganas dari keluarga cichlid Amerika. Mereka mempunyai gigi yang tajam dan tidak ragu untuk merobek mangsanya, termasuk tankmate yang tidak disukainya. Ikan Wolf cichlid atau Dovii bisa mencapai ukuran 82 cm dan bisa mencapai umur hingga 30 tahun. Ikan ini juga dikenal cukup pintar, dia mampu mengenali pemiliknya.

jenis ikan predator

Jaguar Cichlid

Ikan yang memiliki pola marking indah ini merupakan termasuk salah satu predator yang agresif, dengan rahang yang kuat dan gigi tajamnya ikan ini memiliki peralatan tepat untuk menjadi pemangsa hebat.

jenis ikan predator

Oscar

Merupakan salah satu ikan predator yang berasal dari Amerika Selatan.Ikan yang termasuk ke dalam kelompok cichlid/siklit ini merupakan ikan yang sangat populer di kalangan hobiis. Ikan ini dilaporkan mampu tumbuh hingga ukuran 45 cm. Ikan yang bernama Astronotus ocellatus latin ini merupakan salah satu predator yang rakus dan akan memakan ikan apapun yang masuk ke dalam mulutnya. Di alam liar ikan yang sebenarnya masuk omnivora ini senang memangsa ikan kecil, larva serangga, serangga kecil dan udang sebagai makanan utamanya.

Ikan Predator Oscar
Ikan Oscar

Read More : Jenis-Jenis Ikan Oscar Predator dari Amerika Utara

Ikan Jendral / Malawi eye bitter

Malawi Eyebiter atau Ikan Jendral yang berasal dari danau Malawi benua Afrika ini memiliki bentuk tubuh yang cukup unik yaitu bagian kepala yang sangat panjang. Ikan ini akan memakan mata ikan untuk melemahkan mangsanya. Ikan predator dan akan memangsa ikan-ikan kecil yang muat ke dalam mulutnya. Ukuran dewasa ikan ini mencapai 20-25 cm

Ikan Jendral ikan predator dari Danau Malawi AfrikaIkan Jendral

Ikan dengan nama latin Dimidiochromis compressiceps ini menangkap mangsanya dengan berburu di perairan terbuka juga menyergap tiba-tiba. Di habitat aslinya, danau Malawi ikan ini akan menyergap mangsanya dengan cara berlindung di balik tanaman air Valisneria. Ikan Jendral memiliki tubuh ramping dan kompak yang memungkinkannya bersembunyi di antara tanaman air. Ikan ini paling menyenangi ikan kecil. Mereka punya cara unik untuk menelan mangsanya. Ikan Jendral ini akan menelan mangsa dari ekor terlebih dahulu

Red Atabapo Pike Cichlid Crenicichla Species

Ikan Pike Cichlid merupakan kelompok ikan predator dari Amerika selatan mereka tergabung dalam genus Crenicichla. Ikan Pike Cichlid memiliki tubuh panjang seperti tombak (pike) untuk memudahkannya dalam mengejar mangsa. Red Atabapo ini merupakan salah satunya.

jenis ikan predator

IKAN PREDATOR DARI JENIS LIVEBEARER

Pike livebearer atau pike killi fish (Belonesox belizanus) adalah ikan predator dari jenis ikan livebearer yang berasal dari sungai di kawasan Amerika Tengah Central American meliputi Nicaragua, Guatemala, Honduras dan El Salvador.

Ikan predator yang masih memiliki kekerabatan dengan ikan molly, ikan guppy dan swordtail ini bisa mencapai panjang maksimal 20 cm

Ikan Predator Pike Livebearer
Ikan Predator Pike Livebearer
Read More Pike livebearer

Belut Muray Air Tawar (Gymnothorax polyuranodon)

Ikan belut ini memiliki gigi gigi tajam yang mengerikan untuk mengoyak mangsanya. Ikan belut yang sering juga dinamai Tiger Eel Moray bisa tumbuh hingga 1,5 meter. Harganya berkisar ratusan ribu rupiah

ikan predator belut muray

Hampala

Ikan predator lokal ini sangat unik karena tampilan casingnya tidak mirip ikan predator. Sekilas seperti ikan tawes. Walaupun tampilannya kurang meyakinkan ikan ini termasuk ikan predator yang agresif. Habitatnya di sungai dengan arus yang deras.

Nile Perch

Chinese Perch (siniperca chuatsi) merupakan ikan predator berukuran besar yang berasal dari Cina.

jenis ikan predator

Ikan Predator Berukuran Kecil

Walaupun sebagian besar ikan ikan jenis predator ini berukuran besar dan memerlukan akuarium yang memadai untuk menampungnya hingga ukuran dewasa, namun untuk anda yang memiliki akuarium berukuran kecil ada beberapa jenis predator yang cocok untuk itu. Diantaranya ialah

Dwarf Snakehead / gabus gunung

Dwarf snake head(Chana gacha) yang hanya akan berukuran sekitar 15 cm. Mereka juga termasuk ikan yang relatif damai.

Ikan ini banyak tersebar Indonesia yaitu di pulau Sumatra, Kalimantan dan Jawa. Ikan predator berukuran kecil ini dikenal dengan banyak nama diantaranya dengan nama Gabus Gunung, ikan kotes (Jawa), ikan bogo (Sunda), ikan haruan (Kalimantan) dan ikan bocek (Sumatera).

Berbeda dengan jenis gabus berukuran besar yang hidup di rawa-rawa dan sungai ikan Channa gachua ini banyak ditemukan di hulu sungai, sumber mata air jernih dan parit persawahan.

Ikan buntal kerdil alias dwarf puffer fish

Dwarf Puffer (Carinotetraodon travancoricus) juga bisa menjadi alternatif. Ukuran ikan ini hingga dewasa hanya sekitar 5 cm. Ikan yang beracun bila dimakan ini memiliki naluri sebagai predator. Gigi ikan ini sangat tajam hingga mampu mengoyak tempurung siput dan lobster air tawar hanya dengan sekali gigit.

Dwarf Pike Cichlid

Ikan Dwarf pike cichlid ini adalah kelompok ikan predator dari genus crenicichla atau pike cichlid yang berukuran kecil yaitu di bawah 15cm. Ikan ini berasal dari Amerika Selatan. Sayangnya masih jarang sekali ikan dwarf pike cichlid ini ditemukan dipasaran ikan hias.

ikan predator dwarf pike cichlid
Ikan Crenicichla punctata salah satu jenis ikan Dwarf Pike Cichlid

Ikan Sumpit

Ikan Sumpit / Archerfish (Toxotes jaculatrix) merupakan ikan predator dari keluarga Toxotidae yang hidup di air payau. Ikan sumpit memiliki memburu mangsanya dengan cara yang luar biasa. Mereka memangsa memangsa serangga dan hewan kecil lainnya dengan cara menembak mangsanya dengan semprotan air dari mulut hingga jatuh ke air untuk kemudian memangsanya.

ikan sumpit predator
Ikan Sumpit - ikan predator dengan 'senjata' ampuh - By Chrumps (CC BY-SA 3.0)

Ada 10 jenis ikan sumpit,dan dua pertiganya hidup di air payau seperti muara dan sepertiga jenisnya hidup di air tawar. Mereka dapat ditemukan mulai dari India dan Sri Lanka, melalui Asia Tenggara, hingga Australia Utara dan Melanesia. Di Indonesi ikan ini banyak terdapat di Sumatra. Ukurannya sekitar 12 cm saja kecuali jenis Toxotidae chatareus yang bisa mencapai 40 cm

Sayangnya ikan ini hanya akan menerima makanan hidup saja berupa serangga kecil, jentik nyamuk atau kutu air, sehingga relatif menyulitkan bagi pemeliharanya


Larangan Impor Untuk Ikan Predator ke Indonesia

Ada beberapa ikan predator yang telah dilarang oleh pemerintah untuk diimpor karena ikan-ikan ini dianggap dapat membahayakan. Membahayakan disini adalah mengancam habitat asli di perairan indonesia, karena apabila ada oknum yang melepaskan ikan predator ini ke sungai terutama yang berukuran besar maka ia akan memangsa habis ikan asli kita.

Larangan ikan ini diundangkan dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41 Tahun 2014 tentang larangan pemasukan jenis ikan berbahaya dari luar negeri ke dalam wilayah Indonesia. Ada sebanyak 152 jenis ikan yang dilarang untuk di impor/dimasukkan ke dalam wilayah Indonesia dan beberapa diantaranya ialah ikan jenis predator. Apa saja ikan predator yang dilarang itu silahkan simak di artikel berikut Ikan Predator Yang Dilarang Masuk Ke Indonesia

Artikel