Firemouth Cichlid (Thorichthys meeki)

Firemouth Cichlid memiliki nama latin Thorichthys meeki (sebelumnya Cichlasoma meeki) adalah salah satu American cichlids yang paling populer karena warna merah terutama di bagian pipi, perilakunya yang lucu, dan perawatan yang mudah. Ukuran Jenis ikan hias air tawar bernama Firemouth cichlid ini relatif kecil bila dibandingkan dengan banyak cichlids Amerika Tengah lainnya, hanya mencapai sekitar 17 cm dengan umur ikan bisa mencapai 10-15 tahun. Tubuhnya memiliki bentuk 'air mata' yang ditandai dengan dahi yang menurun tajam yang bentuk mulut moncongnya yang runcing.

Firemouth Cichlid

Firemouth dinamakan demikian karena warna merah menyala di bagian bawah mulut dan tenggorokannya. Selain itu, ia memiliki merah cerah pada perut yang membentang dari mulut hingga ke pangkal ekor. Bagian tubuh lainnya umumnya berwarna abu-abu biru dengan beberapa bercak hitam sementara siripnya berwarna coklat dan bercampur warna biru. Sedikit perbedaan warna tergantung dari asal ikan berada.

Ikan Firemouth Cichlid merupakan cichlid damai dan bisa di tambahkan untuk akuarium komunitas berukuran besar. Tetapi yang terbaik ialah dipelihara dengan jenisnya sendiri dan spesies lain dengan temperamen sejenis. Ada masa ketika ikan-ikan ini cenderung menjadi lebih sedikit agresif adalah ketika mereka mencoba untuk bertelur. Selama berkembang biak, mereka bisa berubah agresif terhadap ikan lain khususnya terhadap spesies mereka yang lebih kecil.

Selama pemijahan ikan jantan Firemouth Cichlid menampilkan warna lebih cerah terutama ketika ia melakukan bluff. 'Bluff' adalah sikap agresif di mana dia mengembangkan kantung tenggorokan merahnya dan penutup insang untuk mengesankan ikan betina dan mengusir pesaing. Telah ditemukan oleh ahli etolog (ilmuwan yang mempelajari perilaku hewan), bahwa warna merah ini saja mampu untuk mengintimidasi ikan lain.

Firemouths suka bersembunyi pada kesempatan tertentu, jadi sebaiknya berikan substrat pasir halus untuk digali dan membuat sarang. Mereka juga akan menyukai tempat persembunyian dan gua yang terbentuk dari bebatuan, kayu, atau jenis hiasan akuarium lainnya. . Meskipun mereka bisa disimpan dalam akuarium dengan tanaman hidup, pastikan tanaman memiliki pot sehingga bisa mencegah Firemouth menggali akarnya. Tempatkan tanaman keras, seperti Sagittaria, di sekeliling perimeter bagian dalam dan menyediakan area terbuka di tengah untuk berenang.

Habitatnya ialah berenang di dasar akuarium. Firemouth Cichlid ini adalah omnivora, hampir semua jenis pakan di sukainya. Tingkat kesulitan untuk memelihara ikan ini termasuk dalam kategori 'Mudah sampai Menengah'.

sumber http://freshaquarium.about.com/cs/centralamerican/p/firemouth.htm ; http://www.aquariumdomain.com/viewSpeciesNWCichlid.php?id=22;
http://animal-world.com/encyclo/fresh/cichlid/firemouth.php

Artikel