Jenis-Jenis Corydoras Catfish

Ikan Corydoras Catfish adalah ikan air tawar dari family Callichthyidae (armored catfishes). Ukuran ikan corydoras berkisar dari 2cm - 12cm. Sangat cocok untuk yang ingin mengisi akuarium berukuran kecil dengan ikan hias berkumis. Kumis ini yang berfungsi sebagai sensor atau radar untuk mencari makan di dalam gelap. Ikan corydoras ini termasuk ikan yang suka mencari makan di dasar akuarium.

Jenis Corydoras Catfish - Nanus Cory Cat

Ikan corydoras atau cory cat adalah ikan hias air tawar yang ramah dan suka berenang dengan jenisnya dan membentuk kelompok. Disarankan untuk memelihara ikan ini di akuarium lebih dari 3 ekor. Karena ikan cory cat ini senang menghabiskan sebagian besar waktunya untuk berenang bersama mencari sisa-sisa makanan di dasar akuarium.

Ada beberapa jenis ikan corydoras diantaranya adalah:

1 Corydoras Bronze (Corydoras aeneus)

Albino Cory Cat

Corydoras bronze (Corydoras aeneus) berasal dari Amerika Selatan tersebar mulai sisi timur Andes, Kolombia , Trinidad sampai ke cekungan Río de la Plata.

Ikan Corydoras Sterbai

Sterbai Cory Cat (Corydoras sterbai)

Corydoras Albino (Corydoras aeneus)

Beberapa jenis ikan corydoras atau corycat ini diantaranya:

False Julii Cory Cat (Corydoras sp.)

False Julli Cory Cat

Nanus Cory Cat (Corydoras nanus)

Nanus Cory Cat

Swartz's Cory Cat (Corydoras schwartzi)

>Swartz Cory Cat

Emerald Green Cory Cat (Brochis splendens)

Elegans Cory Cat (Corydoras elegans)

Agassizi Cory Cat (Corydoras agassizi)

Peppered Cory Cat (Corydoras paleatus)

Panda Cory Cat (Corydoras panda)

Palespotted Cory Cat (Corydoras gossei)

Skunk Cory Cat (Corydoras arcuatus)

Ikan yang termasuk bagian dari family ikan catfish ini cukup dikenal di kalangan penggemar ikan hias. Ikan coridoras merupakan jenis ikan hias air tawar yang cocok ditempatkan di akuarium komunitas bersama ikan lainnya karena ikan mungil ini dikenal 'ramah' dan tidak agresif.

Ikan coridoras merupakan bottom feeder yang artinya bahwa ikan ini mencari makan di dasar akuarium, jadi pelet tenggelam cocok diberikan untuk ikan ini agar makanan tidak kehabisan makanan karena dimakan oleh ikan lain yang senang berada dipermukaan. Di alam liar ikan corydoras merupakan ikan omnivora mereka memakan larva serangga, cacing dan tanaman/sayuran.

Tidak seperti Catfish yang lain yang lebih aktif di malam hari (nocturnal), ikan corydoras / lele coridoras ini aktif di siang hari terutama pada sore hari

Ikan jenis Corydoras Catfish akan sangat cocok untuk ditempatkan dalam satu akuarium komunitas dengan ikan-ikan kecil lainnya seperti jenis Tetra, barbs, danios dan sebangsanya.Penempatan ikan cory dengan ikan cichlid yang berukuran besar seperti ikan Oscar atau Red Devil tidak dianjurkan

Sebaiknya apabila hendak memelihara ikan ini disarankan agar kita tidak hanya membeli satu ekor saja melainkan lebih dari 4 ekor. Karena ikan pemalu ini akan lebih bersifat aktif bila memiliki banyak teman. Substrat berupa pasir halus sangat disarankan juga agar ikan lebih betah. Sebaliknya substrat berupa batu tajam sebaiknya dihindari agar tidak melukai ikan corydoras yang mencari makan didasar dengan mulutnya.

Lifespan Ikan Corydoras

Ikan corydoras diketahui memiliki livespan atau umur yang panjang, bahkan seekor Corydoras aeneus diberitakan telah hidup 27 tahun di penangkaran. Pada umumnya ikan bisa berumur 5 tahun atau bahkan lebih apabila dipelihara dengan baik.

Ikan corydoras cukup sensitif terhadap kadar nitrat yang tinggi, kadar nitrat yang tinggi ini bisa disebabkan sistem filtrasi/pemfilteran yang kurang baik ataupun pemberian pakan yang berlebihan. Kadar nitrat yang tinggi akan menyebabkan infeksi pada sungut ikan corydoras. Kondisi ikan yang stress juga akan mempengaruhi kesehatan ikan hias corycat, biasanya ikan stress apabila dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Habitat asli ikan Corydoras adalah sungai yang beraliran lambat dangkal dan jernih .Pertahankan nilai pH air akuarium sedikit di bawah 7. Beberapa sepesies corydoras tidak toleran terhadap garam,jadi berhati-hatilah sebelum menggunakan garam untuk pengobatan.Ikan ini sebenarnya cukup kuat dan pandai beradaptasi.

Pemijahan Ikan Corydoras

Untuk pemijahan ikan Corydoras Aenes suhu yang ideal adalah 26-28° C. Sedangkan untuk jenis Corydoras paleatus, Corydoras panda, maupun Corydoras sterbai memerlukan suhu pemijahan yang relatif lebih rendah yaitu antara 24-26° C. Ikan Corydoras jantan dan betina dapat dibedakan dari sirip dorsal betina memiliki sirip dorsal lebih lancip sementara ikan jantan lebih tumpul. Bila dilihat dari atas, tubuh betina tampak jauh lebih lebar dibanding jantan.

Untuk pemijahan yang maksimal, sebaiknya induk jantan dan betina dipisahkan terlebih dahulu sambil diberi pakan bergizi berupa cacing sutera dan cacing darah. Bila sudah tampak mengandung telur, induk betina dapat dicampur dengan jantan. Umumnya betina siap memijah sekitar umur lima bulan.

Pemijahan ikan corydoras dapat berlangsung secara masal dengan perbandingan jantan 1 ekor untuk 2-4 ekor betina. Dalam pemijahan ini biasanya induk betina akan membersihkan sarang sampai bersih dengan mulutnya. Sarang dapat berupa potongan paralon yang digantungkan atau keramik yang diberdirikan di tempat pemijahan.

Walaupun ikan ini tergolong ikan yang hidup di dasar, namun telurnya ditempatkan di tengah akuarium. Induk betina akan mengisap sperma jantan dengan mulutnya. Induk betina akan membawa dan melekatkan telurnya ke tempat atau sarang yang sudah dibersihkan sebelumnya oleh yang jantan dan akan dibuahi sperma dari mulutnya. Telur itu melekat sangat kuat. Demikian seterusnya proses pemijahan tersebut berlangsung berulang-ulang hingga telur dalam perut induk betina habis.

Biasanya corycloras akan bertelur atau memijah pada pagi hari sekitar pukul 6.30-7.30. Bila sudah selesai memijah, telurnya dapat diambil bersama dengan sarangnya untuk ditetaskan dalam wadah tersendiri. Di dalam wadah penetasan, aerasi untuk suplai oksigen sangat diperlukan. Telur tersebut akan menetas dalam waktu tiga hari (72 jam) dan larvanya dapat berenang setelah berumur 5-6 hari.

Pakan larva ikan dapat berupa kutu air yang diberikan selama beberapa hari (2-3 hari). Setelah itu, larva sudah bisa diberi pakan cacing sutera. Sementara penggantian air dilakukan setelah larva berumur seminggu. Penggantian air ini dilakukan dengan cara menyedot kotoran ikan setiap hari sebanyak separo atau sepertiga volume air. Bila memungkinkan, ke dalam wadah dipasangkan filter khusus larva untuk menjaga kualitas air tetap bagus.

Setelah ikan berumur dua minggu, kegiatan seleksi ukuran dapat dilakukan. Setelah dipelihara selama dua bulan biasanya ikan sudah mencapai ukuran 2-2,5 cm dan sudah siap dijual. Ini disebabkan ukuran terbesar untuk pasar ekspor adalah 2,5 cm. Ukuran yang lebih besar biasanya akan membawa risiko dalam pengangkutan. Ikan yang besar memiliki patil atau duri sangat keras di sirip kepala. Patil ini akan keluar kalau ikan mengalami stres sehingga dapat membocorkan kantong plastik saat pengangkutan.

Read More :jenis ikan hias air tawar

Read More :Jenis Ikan Catfish

sumber :https://en.wikipedia.org/wiki/Corydoras, 

Artikel