Threadfin Cichlid (Acarichthys heckelii)

Ikan yang mempunyai nama latin Acarichthys heckelii juga di kenal dengan nama Elusive Cichlid, Heckle's Acara, Thread-Finned Acara, Thread-Finned Eartheater adalah spesies ikan cichlid dari Amerika Selatan. Ini adalah satu-satunya anggota genus Acarichthys dan berasal dari sungai di lembah Amazon dan Essequibo di Amerika Selatan.

Threadfin Cichlid

Ikan Threadfin Cichlid ini adalah ikan bertubuh lateral dan bertubuh langsing dengan tubuh bagian atas berwarna perak-kecoklatan, dengan warna perut pucat. Ada garis hitam vertikal di bawah mata, bercak hitam di bagian depan beberapa sirip punggung dan titik hitam kecil di sisi-sisi di bawah pusat sirip punggung.

Karena ikan ini suka menggali, bagaimanapun, substrat harus pasir lunak atau kerikil yang sangat halus.

Banyak penggemar cichlid menganggap Threadfin Geophagus sebagai permata mahkota keluarga Cichlidae. Meskipun memiliki sifat teritorial seperti cichlids lainnya, Geophagus Threadfin relatif damai di akuarium berukuran besar dengan banyak lokasi persembunyian.

Spesies ini berasal dari kawasan Amazon dan Essequibo di Amerika Selatan. Dan telah diperkenalkan ke Singapura dan bagian lain Asia Tenggara, mungkin berasal dari akuakultur atau akuaria.

Acarichthys heckelii adalah earth eater, ikan ini suka memilah-milah pasir atau lumpur di dasar sungai dan makan invertebrata yang ada. Ikan jantan memiliki banyak ikan betina dan pemijahan terjadi di gua-gua, dengan sarang dipertahankan terhadap ikan lainnya. Kedua indukan ikan ini merawat dan menjaga anaknya. Ikan ini sangat sulit dibedakan antara ikan jantan dan ikan betina

Umur ikan ini bisa mencapai 6 tahun. Pada saat dewasa ikan ini akan berukuran sekitar 20 cm. Oleh karenanya ukuran akuarium yang disarankan yaitu 151.4 Liter(40 galon)dengan PH air 7.0-7.2 dan suhu 22-25 C

Threadfin Geophagus ini termasuk memiliki sifat cukup agresif dan tetorial dan sebaiknya di satukan sepasang atau ikan jenis lain yang berukuran sama. Kecuali akuarium berukuran besar. Beberapa ikan dewasa rentan untuk menjadi sangat agresif yang dapat mengakibatkan kematian ikan lain yang lebih lemah ketika berkaitan dengan jumlah dan ukuran akuarium. Semakin sedikit jumlah dan semakin besar akuarium akan mencegah ikan menjadi sangat agresif.

Threadfin Geophagus ini adalah omnivora, dan memakan hampir semua pakan termasuk pelet untuk cichlid, cacing beku, pelet, daphnia, tubifex, dan makanan kering beku lainnya, seperti udang, cacing darah, atau larva nyamuk.

sumber http://www.seriouslyfish.com/species/acarichthys-heckelii/, http://www.theaquariumwiki.com/Acarichthys_heckelii

Artikel