Wolf Cichlid (Parachromis dovii)

Ikan yang mempunyai nama latin Parachromis dovii juga di kenal dengan nama Dovii dan termasuk ke dalam Family Cichlidae. Jenis ikan hias air tawar Wolf Cichlid ini habitat aslinya berasal dari amerika tengah, penyebarannya meliputi Honduras, Nikaragua dan Kostarika.

Ikan predator yang berotot dan bertubuh besar ini, panjangnya bisa mencapai lebih dari 28 inci (72 cm). Ikan jantan dewasa memiliki warna kuning keemasan dengan latar belakang keperakan berbintik-bintik dengan warna biru, hitam, dan ungu. Ia juga memiliki warna hijau dan merah di kepala dan bagian bawah sirip punggung sementara sirip dan ekor berwarna biru-hijau. Ikan dovii betina hampir seluruhnya berwarna kuning. Ikan Wolf Cichlid ini dikenal juga sebagai Cichlid Dovii, Guapote, Dow Cichlid, dan Rainbow Bass.

ikan predator

Meskipun mereka tumbuh besar, mereka adalah hewan peliharaan yang menyenangkan selama Anda dapat memenuhi kebutuhan mereka. Sebuah tangki yang dibutuhkan 120 galon atau lebih diperlukan untuk perawatan jangka panjang mereka. Mereka akan memerlukan area akuarium terbuka yang luas namun juga menyukai gua untuk bersembunyi dan bebatuan dan dekorasi lainnya untuk berenang. Jangan lupa lengkapi dengan substrat berpasir. Jika ingin memelihara tanaman di akuarium disarankan adalah tanaman hidup mengapung sebab semua tanaman yang dipasang di substrat pasir pasti akan digali dan di acak-acak.

Ikan Wolf Cichlid ini termasuk mudah untuk dipelihara, mereka tidak banyak menuntut dan bisa mentolerir berbagai pH, meski harus tetap stabil. Namun harus diingat, gigi besar mereka menunjukkan ikan dovii atau wolf cichlid adalah predator yang rakus. Walaupun mudah dipelihara, Wolf Cichlid mungkin bukan pilihan terbaik untuk aquarist pemula. Mereka sangat besar, ikan dovii ini besar dan akan membutuhkan akuarium yang sangat besar, bahkan lebih besar lagi jika Anda berharap untuk menyimpannya dengan ikan lain. Mereka juga memerlukan sedikit dekorasi yang layak. Mereka tidak terlalu peka terhadap kondisi air tetapi sulit untuk menjaga ikan ini dengan hampir semua ikan lainnya dalam satu akuarium, bahkan dengan pasangan kawinnya. Mereka mungkin adalah cichlid yang paling agresif dan bahkan akan menyerang kita sewaktu melakukan pemeliharaan/ pembersihan akuarium rutin. Karena wolf cichid atau dovii adalah ikan predator mereka hanya benar-benar memakan makanan hidup/ikan, meskipun mereka akan menerima pelet.

Wolf Cichlid ini termasuk memiliki sifat yang agresif dan sangat teritorial. Bahkan Dovii ini merupakan salah satu cichlid yang paling agresif dan galak. Jadi bila anda menginginkan komunitas akuarium dengan banyak ikan, dovii atau wolf cichlid ini bukan pilihan tepat. Kebanyakan ikan Dovii ini tidak akan mentolerir ikan lainnya dalam akuarium dan tidak segan untuk membunuhnya. Bahkan dengan pasangannya sendiri, jantan pun dapat menyerang dan membunuh betina pasangannya. Mereka akan semakin agresif ketika sedang kawin. Jangan sekali kali pernah berpikir untuk memasukkan tangan anda ke dalam akuarium pada saat kawin dan mengasuh anaknya.

Seperti pada umumnya keluarga cichlid dovii ini termasuk ikan yang "cerdas" bahkan kecerdasan dovii ini melebihi cichlid yang lain. Dia akan akan mengenali pemiliknya dan membangun hubungan dengannya. Mereka juga akan "menyelidiki" setiap kejadian di dalam ruangan tempat akuarium berada tidak hanya sebatas akuarium tempatnya tinggal.

Wolf Cichlid ini adalah carnivora alias ikan predator. Tingkat kesulitan untuk memelihara ikan ini termasuk dalam kategori 'Menengah'.

Mereka bisa hidup lebih dari 30 tahun dengan perawatan yang tepat

Diet/Pemberian Makan Dovii/Wolf Cichlid

Wolf Cichlid atau Dovii Cichlid adalah karnivora, predator yang terutama makan pada ikan yang lebih kecil, bersama dengan krustasea dan serangga di alam liar. Di akuarium mereka bisa diberi pelet sebagai makanan, tapi harus dilengkapi dengan ikan, udang, cacing tanah, dan makanan berdaging lainnya.

Mereka lebih memilih makanan mengambang menurut satu pemelihara ikan. Pertimbangkan hanya memberi mereka makanan beku, karena ikan hidup dapat membawa penyakit, kecuali jika Anda bersedia membiakkan ikan kecil untuk pakan sendiri. Ingatlah bahwa memberi makan mereka makanan hidup dan membiarkan mereka mengejar sebagai predator akan dapat mengakibatkan peningkatan agresi alami mereka. Beri makan mereka beberapa kali dalam sehari dan kemudian biarkan sesekali tanpa makanan selama 2 - 3 hari. Ini akan menjaga kualitas air lebih tinggi dalam waktu lama.

sumber http://en.wikipedia.org/wiki/Parachromis_dovii

Artikel