Ikan Cichlid Paling Agresif dan Teritorial

Selain dikenal sebagai ikan yang "pintar" ikan jenis cichlid juga di kenal sangat agresif dan teritorial. Mereka tidak segan untuk menyakiti dan membunuh ikan lainnya. Untuk itu bagi yang ingin memelihara ikan hias jenis ini sebaiknya tidak menyatukannya dengan ikan lain kecuali dalam akuarium berukuran sangat besar. Walau dalam beberapa kasus ini mereka bisa akur bersama dengan ikan lain , tetapi pada kebanyakan kasus jenis ikan hias air tawar dari kelompok ini memang sangat agresif dan tidak mentolerir ikan lain dalam satu akuarium apalagi ketika ikan ini berukuran besar.

Walaupun agresif ikan-

ikan cichlid paling agresif

Wolf Cichlid (Parachromis Dovii)

Ikan ini dikenal sebagai salah satu jenis ikan predator yang paling agresif.

ikan cichlid paling agresif
Wolf Ciclid aka Dovii

Red Devil (Amphilopus labiatus)

Ikan yang sangat familiar ini juga dikenal sangat agresif, ia bahkan berani menyerang ikan lain yang berukuran lebih besar.

Zebra Tilapia (Tilapia buttikoferi)

Ikan yang sering di sebut ninenty nine yang sewaktu berukuran kecil nampak adem ayem dengan ikan lainnya bahkan ikan dari Afrika ini bahkan terkesan pemalu. Tetapi seiring pertumbuhannya ikan ini akan menjadi teror bagi tankmate-nya

ikan cichlid paling agresif

Jaguar Cichlid (Nandopsis managuense)

Ikan ini sangat over protektif terhadap daerah kekuasaannya. Ikan yang memiliki totol mirip jaguar ini merupakan ikan Cichlid dari Amerika yang termasuk salah satu ikan yang paling "galak" terhadap ikan lain.

ikan cichlid paling agresif

Trimac Cichlid (Cichlasoma trimaculatum)

Ikan yang konon merupakan indukan dari hibrid ikan louhan ini juga sangat agresif. Mungkin sifat agresif ini juga yang diturunkan pada ikan louhan.

Midas Cichlid

Seperti juga saudaranya Red Devil Cichlid, ikan ini juga sangat agresif dan tidak jarang berseteru dengan ikan lain dalam akuarium.

ikan cichlid paling agresif

Umbee Cichlid (Caquetaia Umbriferus)

Ikan yang mampu tumbuh hingga ukuran 60 cm ini termasuk salah satu cichlid terbesar. Ikan ini sangat agresif bahkan sebagian menyetarakan tingkat agresifitas ikan ini dengan dovii ( Wolf Cichlid). Sebaiknya Umbee cichlid ini di pelihara secara soliter alias tanpa teman dalam akuarium terutama ketika ukuran ikan ini semakin besar.

ikan cichlid paling agresif

Flowerhorn / Louhan

Ikan louhan ini merupakan ikan hibrid yaitu hasil perkawinan silang beberapa jenis cichlid dari Amerika, Jadi ikan louhan /lohan ini tidak berasal asli dari alam. Karena mempunyai garis keturunan cichlid Amerika yang bersifat agresif ikan ini juga mewarisi sifat itu.

ikan cichlid paling agresif

Ikan Ciclid lainnya yang dikenal galak alias agresif terhadap ikan lain walaupun beberapa dari jenis cichlid ini jarang ditemukan ditempat penjualan ikan, mereka itu diantaranya :

Texas Cichlid (Herichthys Cynoguttatus)
Barton Cichlid (Herichthys Bartoni)
Mayan Cichlid (Nandopsis Urophthalmus)
Red Terror (Amphilophus Festae)
Cuban Cichlid (Nandopsis Tetracanthus)
Salvini Cichid (Nandopsis Salvini)
Black Devil (Amphilophus Saggitae)
Arrow Cichlid (Amphilophus Zaliosus)
Mini Dovii Cichlid (Nandopsis Grammodes)
Haiti Cichlid (Nandopsis Haitiensis)

Artikel