Jenis Jenis Ikan Piranha Ikan Pemangsa Buas dari Amazon

Ikan predator Piranha ini dikenal memiliki reputasi yang buruk sebagai ikan yang akan memangsa apapun yang masuk di sungai tempat mereka tinggal. Giginya berderet setajam silet mampu mengoyak mangsa dengan mudah. Dan mereka melakukannya secara berkelompok, dimana satu kelompok ikan piranha terdiri dari ratusan ikan. Ikan predator bernama piranha ini juga memiliki sensor untuk mendeteksi darah di air dan peka terhadap percikan air dan kebisingan. Jadi apabila ada burung atau mamalia kecil terjatuh ke air tempat piranha berkumpul dapat ditebak bagaimana nasibnya.

ikan piranha

Ikan Piranha adalah ikan kanibal. Makanan harian piranha khas terdiri dari serangga, ikan, krustasea, cacing, bangkai, biji dan bahan tanaman lainnya. Piranha wimple (Catoprion mento) bahkan memakan sisik ikan, yang mengandung lapisan lendir yang mengandung protein bergizi. Mereka akan berpesta apabila mamalia dan burung terjatuh ke air, walaupun itu tidak sering terjadi. Tetapi beberapa jenis piranha tidak segan untuk memakan sesamanya baik dalam keadaan hidup atau mati, apabila mereka kehabisan makanan. Beberapa jenis ? Ya, beberapa karena ikan piranha itu tidak hanya satu spesies ada lebih dari 40 yang di golongkan ke dalam kelompok /subgrup ikan piranha

Black Piranha dan Red Bellied piranha dianggap paling berbahaya dan agresif terhadap manusia. Meskipun demikian, perenang Amerika Selatan biasanya muncul dari perairan yang dipenuhi piranha tanpa gangguan. Bagi perenang, bahaya datang saat air dangkal, makanan buat ikan piranha langka, atau Anda mengganggu anak mereka didasar sungai ketika ikan merasa benar-benar terancam atau benar-benar lapar, dan menjadikan ikan lebih agresif.

ikan piranha

Bagi nelayan, melepaskan piranha dari jaring atau kail berisi piranha bisa berarti bahaya. Dalam kebanyakan kasus, jika mereka menggigit, mereka hanya menggigit sekali-dan mereka biasanya mengincar jari kaki atau kaki.

Ikan Piranha ini adalah sebuah subgrup ikan yang disebut Serrasalmidae (serra berarti 'gergaji', 'digergaji' atau 'bergerigi', salmus berarti 'salmon'), nama yang di ambil berdasarkan bahwa semua ikan dalam sub grup ikan piranha ini memiliki gigi yang tajam dan bergerigi. Berapa banyak anggota subfamili ini yang terdiri, belum dapat dipastikan karena ada banyak perdebatan mengenai klasifikasi ilmiah yang tepat dan adanya spesies baru yang belum teridentifikasi, tapi setidaknya ada lebih dari 40 spesies berbeda di antaranya Silver Dolar, Pacu, Whimple Piranha dll ).

Subfamili Serrasalmidae dibagi dalam genera terpisah: Pygocentrus, Serrasalmus, Pristobrycon, Pygopristis, Catoprion, Metynnis, Colossoma dan beberapa lagi. Spesies milik keluarga pertama juga dikenal sebagai "True Piranha's", anggota dari genus Serrasalmus sering disebut sebagai "Pirambeba's". Seperti yang dinyatakan di atas, ada banyak kebingungan mengenai klasifikasi ilmiah yang tepat dari spesies yang berbeda dari genus Pygocentrus dan Serrasalmus, karena kesamaan antara sejumlah spesies dan pergeseran klasifikasi yang sering terjadi: misalnya, di masa lalu Pygocentrus nattereri (yang terkenal Redbellied Piranha) diklasifikasikan sebagai Serrasalmus nattereri dan Rooseveltiella nattereri, Pygocentrus cariba sebagai singkatan Serrasalmus, dan Serrasalmus rhombeus sebagai Serrasalmus niger. Dan ada banyak kasus serupa.

Ikan Piranha berukuran kecil sampai sedang dengan panjang kisaran 5,5 - 17 inci . hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan . Beberapa piranha dapat ditemukan di danau dan sungai yang hangat di Amerika Utara dan di Danau Kaptai di Bangladesh. Kata piranha berarti "gigi ikan" dalam bahasa asli Amazon.

Ikan Piranha termasuk ke dalam jenis ikan dalam famili Characidae (atau Characin), yang terdiri lebih dari 1200 spesies, termasuk beberapa ikan akuarium paling umum dan populer seperti tetra dan hatchetfish.

Piranha memiliki tubuh perak yang ditutupi dengan tambalan merah yang berfungsi sebagai kamuflase di perairan berlumpur yang mereka tinggali. Ikan ini juga dikenal memiliki rahang yang kuat

Walaupun piranha bergigi silet dan berkelompok namun mereka masih memiliki musuh yang bisa memangsa mereka di antaranya yaitu : ikan lumba-lumba, buaya dan kura-kura.

Masa perkawinan ikan piranha berlangsung selama musim hujan pada bulan April dan Mei. Betina bisa mencapai 5.000 butir telur. Karena kedua jantan dan betina merawat telur, 90% telur bertahan sampai menetas.

Mereka hidup sampai 25 tahun di alam liar dan 10-20 tahun di penangkaran.

Larangan impor ikan piranha

Ikan piranha ini dilarang untuk di impor ke negara kita melalui Permen Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 41/Permen-Kp/2014. Ikan piranha yang dilarang yaitu :
Black spot piranha (Pygocentrus cariba), Red bellied piranha (Pygocentrus nattereri), Golden Piranha (Serrasalmus denticulatus), gibbus piranha (Serrasalmus gibbus), red eye piranha (Serrasalmus rhombeus), ruby-red piranha (Serrasalmus sanchezi), little saw piranha (Serrasalmus serrulatus), ruby red piranha (Serrasalmus spilopleura) http://www.smithsonianmag.com/science-nature/14-fun-facts-about-piranhas-180951948/#CmoqpvhK6y1WTbrK.99 http://www.softschools.com/facts/animals/piranhas_facts/21/

Artikel