Mengenal Dwarf Cichlid dan Jenis-jenisnya

Bolivian ram salah satu jenis dwarf cichlid
Salah satu anggota Dwarf Cichlid, ikan Bolivian Ram. Image by Elma (CC BY 2.0)

Dwarf Cichlid adalah kelompok ikan hias air tawar dari famili cichlid yang berukuran kecil, kurang dari 10 cm tetapi ada pendapat kurang dari 12 cm. Ikan Dwarf Cichlid ini ikan yang tepat untuk para penggemar ikan cichlid yang memliliki akuarium yang berukuran relatif kecil. Beberapa jenis dari ikan dwarf cichlid bahkan bisa dimasukan ke dalam akuarium dengan tanaman atau aquascape.

Dwarf Cichlid dari Amerika

Ikan Dwaf Cichlid terutama dari Amerika Selatan memiliki sekitar 150 jenis spesies, sayangnya belum semua jenis dari ikan berukuran mini ini masuk ke tanah air

Beberapa jenis dwarf cichlid hasil budidaya bahkan memiliki variasi yang berbeda dari aslinya, misal sekarang ada jenis ikan Ram Cichlid berekor panjang dan berwarna-warni.

Di habitat aslinya Dwarf Cichlid Amerika Selatan kebanyakan hidup perairan dangkal di tepian sungai yang berarus lemah. Lingkungannnya terdiri substrat berupa pasir halus dan daun-daun yang jatuh dari pepohonan dengan ranting dan potongan kayu berfungsi sebagai tempat persembunyian.

Ram Cichlid - Mikrogeophagus ramirezi

Ram cichlid merupakan termasuk ikan dari family Cichlidae yang berasal dari Amerika Selatan tepatnya Venezuela dan Kolumbia. Ikan ini termasuk ke dalam dwarf cichlid atau cichlid mini /kerdil, karena ukuran ikan ini maksimal hanya sekitar 7 cm saja.

dwarf cichlid
Ikan Hias Ram Cichlid - By Frank M Greco (CC BY 3.0)

Tidak seperti cichlid lainnya yang tergolong agresif, jenis ikan Ram cichlid termasuk ikan yang bersahabat ia hanya akan menjadi agresif ketika ia bertelur dan menjaga anaknya. Ikan ini diketahui sangat setia terhadap pasangannya.

Ikan Ram Cichlid juga bisa ditempatkan pada aquascape

Jenis ikan ram cichlid hasil perkawinan variasinya antara lain Gold Ram Cichlid,Electric Ram Cichlid,Ram Cichlid sirip panjang.

Read More:Ikan Ram Cichlid dan Jenisnya

Bolivian Ram - Mikrogeophagus altispinosus

Ikan cichlid berukuran mini /dwarf cichlid lainnya yaitu Bolivian Ram atau sering disebut juga Altispinosa. Walau kalah tenar dengan saudaranya Ram Cichlid, ikan ini juga memiliki penampilan yang tidak kalah cantik. Ukurannya sedikit lebih besar dari ram cichlid.

dwarf cichlid - bolivian cichlid
Godo2

Agassizi Cichlid - Apistogramma agassizii

Agassizi Cichlid merupakan bagian dari genus Apistogramma terdiri dari sekitar seratus spesies. Nama Agassizi ini untuk mengenang seorang zoologist dan geologist warga Amerika keturunan Swiss bernama Louis Agassiz(1807-1873)

Ukuran maksimalnya sekitar 10 cm saja. Ikan ini bisa ditempatkan di aquascape

Cockatoo Cichlid - Apistogramma cacatuoides

Masih dari genus Apistogramma, ikan Cockatoo Cichlid juga merupakan jenis yang populer. Dorsal fin /sirip atas ikan ini akan mengingatkan kita kepada jambul burung kakaktua (Cockatoo).

dwarf cichlid apistogramma cockatoo
Ikan Cockatoo Cichlid - By Redspider Under Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported.

Panda Dwarf Cichlid - Apistogramma nijsseni

Ikan lucu ini bernama Panda Dwarf Cichlid dengan nama latin Apistogramma nijsseni. Ciri khasnya memiliki totol hitam ditubuhnya.

dwarf cichlid panda dwarf cichlid
Ikan Panda Dwarf Cichlid - By Sascha Biedermann under the Creative Commons Attribution-Share Alike 2.5 Generic

Dwarf Cichlid dari Afrika

Dwarf Cichlid banyak ditemukan dari Afrika Barat, Danau Malawi, dan Danau Tanganyika. Banyak Dwarf Cichlid dari danau besar Afrika termasuk di dalam genus/genera : Pelvicachromis, Nanochromis, Steatocranus, Benitochromis, Pelmatochromis, Thysochromis, Chromidotilapia, dan Tilapia.

Kribensis - Krib - Pelvicachromis pulcher

Ikan hias Krisbensis merupakan salah satu ikan dwarf cichlid asal Afrika yang paling populer. Salah satu sebabnya ialah ikan Krisbensis ini memiliki tampilan yang cantik. Ukuran maksimalnya sekitar 10 cm.

dwarf cichlid krisbensis
Ikan Krisbensis - By Tino Strauss CC Attribution-Share Alike 3.0 Unported

Lionhead Cichlid, Blockhead CichlidSteatocranus casuarius

Memiliki kepala yang jenong ikan lionhead Cichlid merupakan salah satu jenis ikan hias dwarf cichlid yang menarik untuk dikoleksi.

dwarf cichlid lionhead cichlid
Ikan Lionhead CIchlid

Ukuran maksimalnya sekitar 10 cm

Neolamprologus multifasciatus

Neolamprologus multifasciatus berasal dari danau terpanjang di dunia, Danau Tanganyika, yang terletak di Great Rift Valley di Afrika Timur. Ikan mungil ini memiliki garis-garis vertikal abu-abu tua pada tubuh berwarna krem ,dengan sirip abu-abu. Mereka membuat rumah atas cangkang Neothauma tanganyicense / siput air tawar. Ikan Neolamprologus tinggal di lingkungan danau berpasir, dan kesadahan air yang sangat keras. Mereka hidup berkoloni dalam cangkang siput dengan relatif damai, itu merupakan salah satu alasan mengapa mereka mudah dipelihara di akuarium rumah.

dwarf cichlid neolamprologus fasciatus
Ikan Neolamprologus multifasciatus - By Richard A. Ingebrigtsen under Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported

Read More Jenis Ikan Hias Air Tawar lainnya

Referensi : https://animal-world.com/encyclo/fresh/cichlid/DwarfCichlidsAmerican.php

Artikel