Jenis Ikan Hias Bertubuh Transparan Alias Ikan Kaca

Ikan hias dikenal dengan warna-warni mulai dari warna merah, kuning, biru dan banyak lagi. Tetapi kali ini kita akan bahas jenis ikan hias yang transparan. Transparan disini ialah bahwa jenis ikan hias ini tidak memiliki warna, bahkan kita bisa melihat tulang dan organ tubuh ikan hias tersebut. Atau istilah lainnya adalah "Ikan Kaca".

ikan kaca
Ikan Kaca

Beberapa jenis ikan kaca ini diantaranya masuk ke dalam ikan hias tetra dan ada juga jenis lele atau catfish

Ikan Glassfin Tetra - Prionobrama filigera

Ikan Glassfin Tetra merupakan ikan yang masuk kedalam kelompok ikan tetra. Seperti umumnya ikan yang masuk kelompok ini bersifat damai dan senang berkelompok.

ikan glassfin tetra
Ikan Glassfin Tetra - By Chronotopian CC 3.0

Ikan Glassfin Tetra berasal dari daerah aliran sungai Amazon di Amerika Selatan. Di habitatnya ikan ini memakan larva serangga dan crustacean sebagai menu utamanya. Tetapi ikan Glassfin ini telah beradaptasi dan akan memakan makanan ikan yang diberikan. Kombinasi antara makanan kering dan hidup seperti kutu air dan cacing beku akan menyenangkan untuk ikan.

Karena ikan ini senang berkelompok sebaiknya membeli ikan ini dalam jumlah minimal 5 ekor atau lebih. Ukuran maksimalnya sekitar 5 cm.

Ikan Kaca Asia -Genus Ambassidae

Dalam genus Ambassidae ini banyak spesies yang dikenal karena memiliki tubuh yang transparan atau semi-transparan (sehingga dijuluki "ikan kaca"). Diantaranya

Ikan Kaca India -Parambassis ranga

Ikan kaca India tersebar di wilayah Pakistan, India, Bangladesh, Myanmar, Thailand, dan Malaysia.

ikan kaca india
Ikan Kaca India

Ikan kaca yang bisa tumbuh hingga sekitar 9 cm ini, memiliki tubuh yang transparan, sehingga tulang dan organ dalamnya dapat terlihat. Ikan jantan memiliki ujung yang gelap di sirip dorsalnya.

Spesies ini bereproduksi dengan cepat pada musim hujan. Mereka memakan krustasea, cacing annelid, dan invertebrata lainnya. Di alam liar ikan kaca india menjadi buruan ikan yang lebih besar, termasuk ikan gabus (famili Channidae).

Glass Catfish / Ikan Lele Kaca - Kryptopterus vitreolus

Ikan Lele Kaca atau Glass Catfish merupakan salah satu jenis ikan transparan dari kelompok catfish. Ikan ini aslinya dari benua Asia tepatnya di negara Thailand dan Malaysia. Indonesia sebenarnya memiliki ikan lele kaca sejenis nama latinnya Kryptopterus minor

ikan lele kaca
By Jacinta lluch Valero CC BY-SA 2.0

Ukuran ikan lele kaca ini bisa mencapai sekitar 8cm. Mereka senang hidup berkelompok. Untuk makanannya lele kaca menyenangi jentik nyamuk, cacing darah selain pelet ikan.

Artikel