Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

Membedakan ikan louhan jantan dan betina kadang cukup menyulitkan terutama ketika ikan louhan berukuran kecil. Walaupun tidak menjamin 100 persen akurat ada beberapa cara untuk membedakan jenis kelamin louhan diantaranya dengan

Venting

Venting (melihat alat kelamin ikan louhan) secara langsung. Cara ini bisa dilakukan ketika louhan berukuran 7cm atau lebih.Ikan bisa kita angkat dari sebentar untuk kita lihat kelaminnya.

jenis ikan louhan

Ikan Louhan jantan(Male) memiliki alat kelamin berbentuk V atau meruncing ke ujung sementara ikan louhan betina(Female) memiliki bentuk seperti huruf U dan membulat di ujungnya.

ikan Louhan Betina
Louhan SRD Female

Bila dilihat dari samping alat kelamin jantan cenderung mengarah ke ekor/ke belakang sementara betina mengarah ke arah kepala/ ke depan(bisa dilakukan saat louhan diberi makan hingga buncit sehingga kelaminnya terlihat)

Ikan Louhan Jantan
Louhan Kamfa Jantan 7-8 cm-Kelamin meruncing mengarah ke belakang

Ukuran Badan

Membedakan jenis kelamin ikan louhan jantan dan betina sangat sulit dilakukan ketika louhan berukuran kecil-burayak. Salah satu cara memilih jantan dari burayak dengan umur sama ialah dengan melihat ukuran tubuhnya. Ikan jantan cenderung tumbuh lebih cepat. Jadi ikan burayak berukuran paling besar dan dominan kemungkinan besar adalah jantan

Marking pada sirip atas/dorsal

Bila louhan memiliki marking atau tanda hitam di sirip atas maka kemungkinan besar ia adalah betina. Terutama berlaku untuk ikan louhan jenis cencu. Pada jenis cencu kemungkinannya bisa mencapai di atas 80%

Jenong

Louhan jantan memiliki jenong lebih besar dibanding betinanya. Jadi kalo melihat jenong besar kemungkinan besar itu jantan. Kalau anda mendapat betina jenong itu namanya anda mendapat jackpot alias beruntung.

Warna

Pada saat hendak bertelur betina akan menghitam sebagian badan atau hampir seluruh badan dengan garis garis belang hitam pekat di badannya dan apabila bertelur 100% yakinlah bahwa itu louhan betina.

Artikel