Jenis Jenis Ikan Louhan alias Flowerhorn

Ikan Louhan atau Flowerhorn ini merupakan spesies hibrid. Artinya bahwa ikan louhan ini bukan spesies asli dari alam tetapi merupakan hasil perkawinan silang oleh manusia dari beberapa jenis cichlid/siklid Amerika atau sering disebut American Cichlid. Oleh karena itu terdapat banyak sekali jenis ikan hias Louhan hasil dari berbagai perkawinan silang. Tetapi secara garis besar jenis-jenis ikan louhan dapat di bagi ke dalam beberapa kategori besar yaitu Ikan Louhan Cencu/ Zhen Zhu(ZZ),Ikan Louhan Kamfa alias Cinghwa, Ikan Louhan Golden Base /GB alias Fader , Ikan Louhan Kamalau /Golden Monkey , Ikan Louhan Red Texas dan Ikan Louhan ThaiSilk.

jenis ikan louhan
Jenis Ikan Lohan Cencu- Team Sirius - Grand Champion Bandung Louhan Competition -Photo : P2LI

Jenis Ikan Louhan

  1. Ikan Louhan Cencu/ Zhen Zhu(ZZ)
  2. Ikan Louhan Kamfa alias Cinghwa,
  3. Ikan Louhan Golden Base /GB alias Fader ,
  4. Ikan Louhan Kamalau /Golden Monkey,
  5. Ikan Louhan Red Texas dan
  6. Ikan Louhan ThaiSilk.

Dari dari jenis louhan Cencu terdapat beberapa varian/serian diantaranya ikan louhan
Super Red Dragon (SRD) dan
Ikan Louhan Super Red Magma (SRM)

Louhan Cencu / Zhen Zhu / ZZ

Jenis ikan Louhan cencu konon berasal dari perkawinan dari Trimac Cichlid (Cichlasoma trimaculatus). Ikan trimac cichlid ini sekilas memang sangat mirip dengan ikan louhan cencu generasi awal. Ikan louhan cencu generasi awal memiliki ciri ekor bulat lunak/lemas, mulut besar, dan identik mata merah menonjol, dengan marking di kepala.

jenis ikan louhan
Jenis Ikan Louhan - Baby Champion Cencu dari Team Aries pada kontes P2LI 18-21 Mei 2016 Courtesy Of:P2LI

Arti Cencu sendiri adalah Louhan Mutiara. Karena karakteristik terkuat dari jenis ikan louhan cencu ini adalah mutiara yang bagus. Para breeder atau peternak sering mengawinkan jenis lain dengan louhan cencu karena jenis louhan cencu ini relatif mudah berkembang biak dan bisa menurunkan mutiara yang lebih baik (flowerline) untuk generasi berikutnya. Hanya saja karakter ekor lunak/ lemas juga bisa terbawa

Jenis ikan Louhan Cencu digolongkan menjadi jenis

  1. Cencu Klasikikan louhan cencu klasik umumnya mutiara tidak terlalu dominan dan jenong tidak terlalu besar.
  2. Cencu modern jenong besar dengan mutiara dominan hingga menyebar di seluruh badan.

Adapun ciri ciri dari jenis ikan louhan Cenchu / Zen Zhou secara umum ialah :

  • Ada marking di kepalanya, walaupun sekarang ada juga jenis ikan louhan kamfa memiliki marking dikepala
    jenis louhan
  • Mata menonjol keluar
  • Marna mata merah atau kuning
  • Bentuk muka : pipi tembem atau tebal
  • Memiliki sirip dan ekor "lunak" atau lemas, semakin tua seekor ikan louhan cencu maka siripnya akan sedikit kuncup atau layu.
  • jenis ikan Louhan
    Ada jarak lebar antara sirip dan ekor
  • Bodi oval seperti telur
    jenis ikan louhan cencu
  • jenis ikan louhan
    Mulut louhan cencu cenderung lebih tebal "monyong" atau "nyakil" di banding jenis Louhan Kamfa dan mulut bawah lebih panjang dari mulut atas

"Ada yg bilang bahwa untuk ikan louhan jenis cencu semakin besar akan semakin bagus atau ngeform sedangkan untuk jenis kamfa, Semakin besar akan semakin pudar performanya, tapi kalo menurut kami di kriteria ini adalah seberapa matang gen ikan tersebut, terlihat baik jenis louhan kamfa maupun cencu sekrg ini karena nguber permintaan pasar jadi tidak mempertahankan kestabilan atau kekuatan atau kematangan ikan pada saat breed sehingga banyak yg sudah pudar performanya pada saat mencapai size a atau 23cm keatas" dikutip dari PPLI - dikutip dari Newrs Tuning

Dari jenis ikan Louhan Cencu di kawin silangkan lagi menjadi banyak varian baru dari ikan louhan cencu diantaranya

  • Louhan SRD (Super Red Dragon)
  • Blue Dragon Louhan
  • Louhan Red Magma/ Super Red Magma (SRM)
  • dan banyak lagi

Louhan Super Red Dragon SRD

louhan SRD

Louhan Super Red Dragon/ SRD

Masih dari jenis ikan louhan cencu. Jenis ikan louhan SRD berasal dari thailand. Jenis louhan SRD memiliki ciri khas warna merah setengah badan dengan jenong besar (boomhead). Cocok untuk pengisi akuarium dirumah. Sedangkan mutiaranya tidak terlalu menonjol.

Ikan Louhan SRD adalah varian/ series (nama yang diberikan breeder/peternak) untuk jenis louhan cencu yang dibreednya. Louhan SRD mewarisi karakter dari louhan cencu diantaranya ialah ekor yang renggang

Sesuai namanya Super Red Dragon ikan louhan SRD memiliki warna merah yang pekat. Badan Louhan SRD umumnya agak pendek

Louhan Red Magma / Super Red Magma ( SRM )

Tampilan ikan Louhan SRM mirip dengan Louhan SRD hanya saja jenis ikan Louhan SRM umumnya memiliki jenong lebih besar dan mutiara pada ikan louhan SRM lebih baik. Kemungkinan louhan SRM merupakan hasil persilangan dari louhan SRD

Ikan louhan Super Red Magma/SRM
Louhan Red Magma/SRM

Ikan Louhan Kamfa /Cinghwa

jenis ikan louhan kamfa klasik
Louhan Kamfa Generasi Awal

Sekitar tahun 2000-2001, jenis Louhan Kamfa muncul. Dan merupakan hibrid dari jenis flowerhorn disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan parrot cichlid /perrot.

Vieja cichlid adalah jenis ikan dari family cichlid yang berasal dari benua Amerika. Ikan vieja memiliki jenong yang besar.

Ikan Vieja Cichlid
Spesies dari Genus Vieja asal mula louhan Kamfa

Perkawinan silang ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, wrap tail, mata cekung, dan jenong semakin besar. Setelah beberapa generasi ikan louhan kamfa mengalami 'perbaikan' dengan warna dan mutiara yang semakin baik"

jenis louhan
Louhan Kamfa - Serian King Kamfa KKF-9.9 Gene F2 dari thailand

Secara umum ciri ciri Louhan kamfa atau Chingwa lainnya antara lain,

  • Tidak ada marking di kepala (tidak mutlak )
  • ciri louhan kamfa
    - Bibirnya lebih "kecil/tipis" bila di banding jenis louhan cencu, tertutup, mulut atas dan bawah rata
  • ciri louhan kamfa
    Untuk Louhan kamfa idealnya badan berbentuk kotak
  • ciri louhan kamfa
    Memiliki sirip dan ekor kaku atau keras;
    Bentuk ekor seperti kipas ; merapat dengan sirip ; sejak kecil louhan kamfa sudah menunjukkan siripnya yang kaku, lebar dan selalu berdiri kalau sedang beraktifitas.
    Pada bagian ekor, ekor kamfa mengembang berbentuk kipas dan sirip bawah lebar merapat ke ekor, semakin besar akan semakin rapat, dinamakan wrap tail (sirip menutup).
  • ciri louhan kamfa
    Warna mata putih atau kuning ( walaupun jarang, ada juga beberapa yang berwarna merah ) ;
    Matanya menjorok kedalam;

Louhan King Kamfa

Louhan King Kamfa atau KKF merupakan serian pengembangan dari Louhan Kamfa dari breeder Thailand. Nama king merujuk pada kualitas ikan yang super. Pada Louhan king kamfa jenong / kok nya jauh lebih besar dan mutiaranya lebih banyak. Banyak seller ikan louhan yang "nakal" melabeli ikannya dengan nama kingkamfa untuk menambah daya jual.

jenis louhan
King Kamfa KKF -anakan dari Thailand

Jenis louhan Kamfa lebih susah dikembangbiakan karena ikan jantan dari Louhan Kamfa lebih lama untuk mencapai kematangan seksual yaitu sekitar 1,5-2 tahun dan diketahui beberapa memiliki masalah kesuburan terutama untuk jenis jantannya. Walaupun belum dapat di pastikan namun dari banyak kasus Louhan Kamfa jantan dengan mata merah atau kuning memiliki kemungkinan lebih besar untuk fertile atau subur dibandingkan dengan mata putih.


Beberapa serian dari jenis kamfa ini diantaranya :

Louhan Kamfa - King Viper Series

jenis louhan kamfa
Jenis Ikan Louhan Kamfa - King Viper Series

Louhan Super Red Kamfa

jenis ikan louhan
Jenis Ikan louhan kamfa - Super Red Kamfa

Kamfa Rainbow King

Jenis ikan louhan Rainbow king ini sudah sangat jarang alias langka untuk ditemukan.

jenis ikan louhan kamfa
Jenis ikan louhan kamfa - Rainbow King

Louhan ACDC /ZZKamfa /KamfaZZ

Ikan louhan jenis ACDC sebetulnya merupakan hasil persilangan antara Louhan jenis Cencu dengan Louhan Kamfa. Ikan louhan jenis ACDC sering membingungkan karena kadang ikan ACDC memiliki kombinasi karakter cencu dan kamfa. Untuk memudahkannya orang menyebutnya louhan ACDC. Tetapi kadang orang menyebutnya sesuai dengan karakter yang paling dominan dari ikan.

cencu wrap tail
Ikan Peserta Kontes Louhan P2LI -NoTank 3.Kelas Cencu B(21-25cm) Photo:www.p2li.com ---

Istilah ACDC sudah jarang didengar dan digunakan dan hanya Cencu atau kamfa/cinghwa saja.


Louhan Golden Base

Jenis Ikan Louhan Golden Base (GB) dinamai juga faders karena jenis ikan louhan jenis GB pada suatu fase akan kehilangan seluruh warnanya dan hanya berwarna hitam gelap. Kemudian warna hitam itu memudar dan akhirnya louhan berubah menjadi kuning atau merah. Terkadang orang menyebutnya sebagai "mutasi". Sifat Faders atau mutasi dari ikan louhan GB diperkirakan berasal dari genetik yang diturunkan dari Red Devil Cichlid (Amphilophus Labiatus) atau Midas Cichlid (Amphilophus Citrinelus).

louhan GB golden base
Louhan Golden Base/GB

Red Devil Cichlid atau Midas Cichlid mengalamai Amelanism. Apa itu amelanism, amelanism adalah kelainan pigmentasi ditandai dengan kurangnya pigmen yang disebut melanins (pigmen hitam) dan dapat mempengaruhi reptil, ikan, amfibi, dll Munculnya ikan amelanistic (seperti fader/mutasi) sepenuhnya tergantung pada pigmen non-melanin yang tersisa. Dalam beberapa kasus di mana ikan tidak sepenuhnya memudar atau bersih mutasi, dan menyisakan beberapa pigmen hitam yang tersisa, atau dikenal sebagai hypomelanism.

Midas Cichlid
Red Devil Cichlid moyangnya louhan GB

Lama proses "mutasi" louhan GB hingga menjadi "bersih" tidak dapat ditentukan kadang hanya sebentar dalam hitungan hari tetapi kadang berlangsung hingga beberapa bulan. Dalam proses mutasi itu mutiara louhan menjadi taruhannya, ada yang rontok mutiaranya tetapi ada juga yang bertahan. Mutasi bersih dan bertahan mutiaranya (apalagi penuh sebadan) itulah harapan semua pemilik jenis louhan GB.

Dari penelitian awal yang dilakukan oleh George W. Barlow yang melakukan studi pada ikan Midas di Nicaragua, ditemukan bahwa morph(mutasi) yang sempurna paling banyak ialah pada sungai Masaya yang dalam dan berair sangat keruh. Sementara di Sungai Apoyo yang berair sangat jernih tidak ditemukan ikan dengan morph sempurna dan masih menyisakan marking dan bercak hitam.

Semua Jenis ikan louhan yang mengalami mutasi akan disebut louhan GB baik itu jenis louhan cencu, louhan kamfa atau yang lainnya. Jika jenis ikan louhan kamfa yang bermutasi/fader nantinya kita sebut louhan GB kamfa demikian seterusnya.


Louhan Kamalau /Golden Monkey

Louhan Golden Monkey atau Kamalau berasal dari kata ( kam = gold and malau = monkey ). Louhan jenis Kamalau/ Golden Monkey atau ada yang menyebutnya kemalau dibiakkan oleh Mr. Lam Seah dan Lam Soon di Bercham, Ipoh, Malaysia. Setelah 3 generasi Louhan Kamalau mulai di perkenalkan dan di jual pada 2001. Pada jaman keemasannya jenis louhan kamalau memiliki harga yang sangat tinggi.

Kamalau
Golden Monkey / Kamalau

Beberapa generasi awal dari ikan louhan kamalau ini dibeli oleh A-1 Aquarium.
"Generasi ke 3 terdiri dari 320 ekor anakan louhan dan hanya 12 ekor yang benar-benar menjadi Golden Monkey atau KAMALAU. Sisanya di buang oleh A-1 AQUARIUM. Biaya saat itu untuk seluruh batch adalah RM 50,000 atau US $13,513.51.”

"Jumlah total KAMALAU di dunia pada tahun 2001 hanya 48 ekor ... Semuanya tercatat oleh Aquarium A-1 saat mereka membeli 2 batch/generasi. GEN pertama hanya 10 ekor dan semuanya dibeli oleh pengusaha Indonesia bernama Pak Puji sekitar tahun 2001. Harga total untuk 10 ekor ikan louhan saat itu adalah US $ 100.000. "

Jenis louhan kemalau ini hanya bisa ditentukan/dilihat pada saat ukuran ikan sekitar 25 cm.

Ciri Ciri Louhan kamalau

bentuk mulut ikan louhan kamalau
Bentuk mulut louhan kamalau seperti monyet, berdagu, pipi tembem, dengan tarikan garis jenong sejajar dengan tengah-tengah mata. Mata menjorok ke dalam.
Bentuk Tubuh Louhan Kamalau
Bentuk tubuh louhan kamalau nampak berotot dengan benduk body yang 'ngotak' dan sirip lebar

Jenis ikan Louhan kemalau sudah sangat langka untuk ditemukan. Kalaupun ada harganya pasti sangat tinggi.

Dari jenis louhan kamalau/kemalau inilah muncul louhan Indo Malau bernama Elvis dari Farm Aries Louhan

louhan indo malau
Elvis by ILCCC BY

Sedangkan kriteria ikan KEMALAU yg di pakai utk kontes di indonesia

  1. bentuk muka: rahang kotak bersudut,di bagian bawah bibir membentuk lekukan seperti dagu,mata nya mendem ke dalem pipi,dikarenakan pipi yg tembem,jenong kepala swan head yaitu garis jenongnya ada di tengah2 mata.
  2. bentuk mutiara:mau pasir or cacing gk gitu masalah yg penting shining.
  3. body kotak fin lebar.
  4. ikan kemalau itu diutamakan dari mukanya duluuuu...bukan bentuk mut or body dll...kl penilaian dr mukanya udah masuk kriteria kemalau brlah masuk ke mutiara dll...
  5. ikan ukuran 10cm itu belum bisa disebut kemalau..krn tidak ada ikan kemalau itu di bawah 25cm
  6. (di kutip dari ILG by Hatta Gunawan)

6. Louhan Thai Silk

louhan thaisilk
Thai Silk Louhan- Photo : www.australianflowerhorn.com

Untuk jenis ikan louhan Thai Silk "mutiara" / pearl yang rapat menutupi seluruh tubuhnya. Makin rapat dan penuh tubuhnya dengan mutiara makin tinggi nilai thaisilk ini.


Red Texas /Super Red Texas (SRT)

jenis ikan louhan
Red Texas Photo : http://www.ciclidos-mexico.com/

Red texas Louhan konon merupakan hasil persilangan antara betina jenis kingkong Parrots dengan Green Texas Cichlid Jantan. Seperti juga pada jenis Louhan GB (Golden Base), mutasi atau fader menjadi faktor penentu dari kualitas.

"Tingkatan" dari Red Texas Louhan

  • Tidak Mutasi : Tingkatan Terendah.
  • Kuning: Tingkatan Kedua terendah
  • Oranye : kebanyakan Red Texas jatuh di kategori ini
  • Coral: Lebih ke merah muda
  • Merah: Tingkatan tertinggi dan paling banyak di minati

Jenis Ikan Louhan Lainnya

Super Red Shock /Super Red Synsphillium (SRS) / Red Shock/ Red Monkey

super red shock

Louhan Kamfamalau

Merupakan hasil perkawinan dari jenis ikan Louhan Kamalau / Golden Monkey dengan jenis ikan Louhan Kamfa

louhan kamfamalau

Red Mammon

jenis ikan louhan red mammon

Baca juga : Mengenal Ikan Kingkong Perot / Mammon

Artikel Terkait

  • Serian Ikan Louhan Cencu
  • Galeri Ikan Louhan Cencu Terbaik
  • Galeri Louhan Kamfa
  • Serian Ikan Louhan Kamfa
  • Membedakan Ikan Louhan Cencu dan Kamfa
  • Diet / Makanan yang baik untuk ikan louhan
  • Jenis Body Pada Ikan Louhan
  • Jenis Marking Pada Ikan Louhan
  • Jenis-jenis Jenong Pada Louhan
  • Harga Louhan Cencu dan Ikan Louhan Kamfa
  • Tips Memilih Ikan Louhan Anakan

  • Diet / Pemberian Makanan Ikan Louhan

    Umur ikan louhan diperkirakan antara 8-12 tahun. Tetapi kebanyakan hanya mencapai 8 tahun bahkan kurang dari setengahnya. Pemberian makanan sehat akan sangat menentukan umur ikan. Warna ikan louhan akan berubah seiring pertambahan usianya jadi kita baru akan mengetahui warna sebenarnya dari ikan louhan ketika ia telah dewasa. Pemberian makanan mengandung hormon sangat tidak disarankan. Juga pemberian pewarna secara berlebihan akan berpotensi menimbulkan akibat kurang baik pada Louhan

    Ikan louhan sebaiknya tidak diberi makan daging mamalia seperti jantung sapi atau ayam karena beberapa lipid dan senyawa organik lainnya yang terkandung dalam daging tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan, dan akan menyebabkan penumpukan lemak berlebih dan bahkan penurunan fungsi (degenerasi) organ tubuh ikan jika pemberian makanan diberikan dalam jangka panjang.

    Ikan Louhan memiliki nafsu makan yang sangat besar. Pemberian pelet untuk makan harian sangat dianjurkan karena komposisi pelet mengandung berbagai vitamin dan protein dan bahan lain untuk membantu pertumbuhan ikan secara sehat. Cacing beku juga baik sekali kali diberikan untuk pertumbuhan ikan sebagai variasi makanan terutama ketika ikan masih berukuran kecil. Sementara udang bisa membantu perkembangan warna. Untuk mutiara dan kecerahan warna pakan mengandung sprulina bisa membantu. Selain itu spriluna juga memiliki protein tumbuhan yang cukup tinggi dan mengandung beberapa vitamin yang baik untuk pertumbuhan dan daya tahan louhan

    Disarankan untuk memberikan pakan untuk ikan louhan beberapa kali dalam sehari dalam porsi yang tidak terlalu banyak

    Untuk menimbulkan warna merah dan kuning pada louhan diperlukan karoten. Karoten ini merupakan komponen utama pembentuk pigmen merah dan kuning. Karena ikan Louhan tidak bisa memproduksi karoten melainkan hanya bisa menyimpannya makan diperlukan pakan yang mengandung karoten. Zat karoten ini dihasilkan oleh tumbuhan.

    Umumnya karoten dalam ikan berupa astaxanthin. Oleh karenanya pakan yang mengandung astaxantin akan membantu memerahkan ikan louhan, apabila memang louhan ada bakat merahnya

    Selain faktor makanan ikan louhan faktor stress juga akan berpengaruh pada daya tahan ikan. Ikan yang stress akan gampang terserang penyakit selain juga akan berpengaruh terhadap perform ikan. Biasanya ikan yang mentalnya kurang baik akan stress bila dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lain.

    Untuk mencegahnya sebaiknya ikan yang baru kita pindahkan harus dibiasakan dahulu dengan tempat yang baru dan jangan langsung diberi makan. Apabila kita membeli louhan anakan biasanya ikan louhan kita ketakutan dan ngumpet dipojokan, salah satu solusinya ikan louhan bisa diberi teman misal diberi teman ikan mas kecil untuk pakan. Ketika ikan louhan sudah mulai berani ikan temannya bisa diangkat

    Memilih Jenis Ikan Louhan

    Sebetulnya memilih jenis ikan louhan itu lebih ke selera. Apakah kita senang ikan louhan yang berwarna merah atau kuning; berjenong seperti bola atau proporsional saja. Bodi pendek atau normal. Sekali lagi ini soal selera.

    Ikan louhan SRD banyak diminati mengingat warna merah merona dan jenong yang boom. Jika anda menginginkan louhan dengan warna merah dan jenong besar maka SRD/SRM bisa dipilih.

    Jika menginginkan ikan louhan berwarna merah atau kuning sebadan dihiasi mutiara bisa memilih louhan GB (Golden Base)

    Ketika mengacu ke tingkatan lebih tinggi atau grade kompetisi maka louhan cencu atau kamfa/king kamfa lah yang akan dipilih. Untuk ikan louhan jenis cencu louhan lokal menjadi penguasanya. Banyak sekali breeder lokal menghasilkan ikan cencu berkualitas yang layak untuk dikoleksi. Sementara untuk ikan louhan jenis kamfa/king kamfa walaupun sudah ada breeder lokal berkualitas namun sedikit bila dibanding breeder louhan cencu. Jadi jenis louhan kamfa imporlah yang banyak dipasaran

    .

    Menurut penulis untuk saat artikel ditulis King kamfalah yang terbaik. Namun untuk mengoleksi louhan kamfa/kkf yang bagus memerlukan uang tidak sedikit. Dan sekali lagi ini adalah soal selera tiap orang tentu memiliki selera masing-masing

    Dari beberapa kontes ikan louhan yang menjadi Grand Champion adalah ikan louhan jenis cencu. Jadi ikan louhan jenis cencu juga sebenarnya tidak kalah dan memiliki kualitas yang super. Dan ikan cencu yang berkualitas tentu merogoh kocek yang lumayan

    Harga Kisaran Louhan

    Sebenarnya sangat sulit untuk menentukan harga kisaran ikan louhan dikarenakan banyaknya faktor yang ikut mempengaruhi. Diantaranya saja faktor kualitas louhan. Misal saja ikan louhan jenis kamfa ukuran 8cm kualitas terbaik/masterpiece di bawah ini dipasarkan di thailand dengan harga kisaran 385$ atau 5 jutaan.

    Harga Burayak Louhan

    Ikan jenis louhan cencu dengan kualitas bagus harga burayak pilihan hasil sortir +- 3 cm dan sudah disekat bisa mencapai ratusan ribu . untuk kualitas sedang bisa mencapai puluhan ribu. Sedangkan kualitas dibawah itu bisa kita dapatkan dengan harga murah.

    Sementara untuk louhan kamfa/king kamfa impor harga bisa jauh lebih mahal. Saat ini untuk burayak ukuran +- 3cm pembelian random/acak bisa mencapai kisaran 200 ribu (tahun 2017).

    Tapi semakin banyaknya impor burayak kamfa menyebabkan harganya kini sudah semakin murah. Pembelian random atau acak ibarat menguji keberuntungan kadang kita beruntung mendapat yang bagus tetapi kebanyakan kita akan mendapat yang kurang bagus alias zonk. Sementara untuk kualitas bagus bisa jauh lebih mahal.

    Harga Louhan Baby

    Untuk Louhan ukuran 6-7 cm, harga ikan jenis kamfa/king kamfa asal Thailand kualitas bagus bisa mencapai diatas jutaan tergantung kualitasnya. Sedangkan untuk cencu lokal harganya sangat bervariasi. Sedang untuk louhan SRD asal Thailand dengan kualitas lumayan bagus ukuran 10 cm dengan jenong besar berkisar di angka mulai dari 500 ribuan.

    Sekali lagi bahwa banyak hal lain dalam menentukan harga ikan louhan, jadi harga louhan akan sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Satu lagi diantara faktor itu adalah nama serian. Nama serian diberikan oleh breeder atau pembudidaya louhan untuk louhannya sebagai identitas atau bisa dibilang merk dagangnya.

    Semakin dikenal bagus kualitasnya maka louhan dengan nama serian tersebut akan semakin mahal harganya. Sebut saja untuk louhan lokal serian Aries, HG (Hybrid Generation) bredeernya hatta gunawan, Royal Max (RM) - breedernya Elmer Pingkardi atau MP (Mampang Pearly) dikenal memiliki kualitas bagus. Sementara dari luar sebut saja Malaysian Pearly yang mempunyai kualitas bagus. Sebetulnya masih banyak serian lokal yang bagus, mungkin nanti akan kita bahas beberapa.

    Untuk jenis ikan louhan kamfa lokal serian Kamfa Dragon(KD)-breedernya Yosa Santosa Jumharto - walaupun agak sulit ditemui dipasaran kualitasnya bagus. King Series dari Jaya Raya juga kualitasnya bagus. Sedangkan untuk kamfa dari thailand dikenal serian 9.9 dari Mao Pladang, take5 dll

    Disarankan juga untuk ikut ke dalam grup Facebook Louhan. Di grup louhan anda bisa mendapatkan banyak ikan louhan yang dijual baik secara lelang atau langsung. Untuk melakukan pembelian di grup sebaiknya berhati-hati karena walaupun sebagian besar penjual di grup Louhan valid atau terpercaya namun ada segelintir orang yang melakukan penipuan.

    Anda bisa bertanya kepada admin grup tentang untuk verifikasi penjual atau bisa menggunakan rekening bersama yang biasanya digunakan oleh grup. Dengan metode lelang memungkinkan kita mendapatkan ikan dengan harga yang bagus.

    Ikan Louhan kamfa
    Louhan serian Kamfa Dragon KD8 -Owner & Photo: Dedi Mintaredja - Facebook-Group-Perhimpunan Pecinta Louhan Indonesia(P2LI)

    Baca juga : Serian Ikan Louhan Kamfa

    Serian Ikan Louhan Cencu

    Cara Memilih Anakan Louhan Yang Bagus

    Untuk memilih anakan louhan yang bagus berikut ini saya kutip tips posting di grup louhan dari Hatta Gunawan , merupakan seorang breeder senior yang melahirkan serian HG dan sangat kenyang pengalaman dibidang perlouhanan.

    SEDIKIT BERBAGI TIPS DAN TRIK

      cara memilih louhan kualitas dari size 4-5cm
    • faktor yg dilihat terlampir dari foto
    • KEPALA : dudukan kepala sudah terlihat lebar sudah keliatan calon jenong
    • BODY : body strukturnya dr pangkal ekor sudah terlihat kotak sampai belakang kepala
    • FINTAIL : fintail kaku dan mengembang sempurna tidak layu atau lemas
    • MUTIARA : mutiara full, dan bagian kepala sudah terlihat garis2 tipis corak bakalan
    • MARKING : marking full dari ekor sampai tutup insang ( lain hal free marking )
    • WARNA : warna dr kecil sudah ada semu2 merah atau orange
    • MENTAL : jika pilih dalam sekatan test saja dgn jari jika dia samperin berati mental bagus, jika tidak lihat kelengkapan lainnya jika mendukung sisanya latihan mental saja
    jenis ikan louhan anakan

    Jenis Body Ikan Louhan

    Ada beberapa jenis body ikan louhan yaitu :

    1. Body Normal
    2. Short Body - mempunyai perbandingan panjang dan lebar 4 : 3
    3. Bonsay

    bentuk badan ikan cenderung bulat dan idealnya memiliki perbandingan panjang dan lebar 1:1 dari ujung mulut sampai bagian dalam pangkal ekor, ujung belakang body(pangkal ekor) biasanya ada lekukan

    louhan bonsai
    Louhan Bonsai-Photo www.p2li.com

    Marking Ikan Louhan

    Yang dimaksud marking di sini ialah garis yang berada di tengah badan ikan louhan. Marking pada ikan louhan terdiri dari

    1. Marking Normal
    2. Dobel Marking(Marking Ganda)
    3. Free Marking - Untuk jenis Free Marking, marking tengah hanya sedikit (dibawah setengah badan)
      louhan free marking
      Ikan Louhan Kamfa Freemarking

      Bila anda ingin ikan louhan yang memiliki marking dan membeli dari anakan pilihlah anakan louhan dengan marking yang dikelilingi oleh mutiara berwarna mengkilap berwarna silver. Marking tidak akah hilang walau ikan sudah dewasa.

    Akuarium Untuk Louhan

    Karena ikan louhan termasuk ikan agresif sebaiknya hanya memelihara satu ekor ikan louhan saja untuk satu akuarium. Kecuali dengan menggunakan sekat sebagai pemisah. Apabila menggunakan sekat sebaiknya sekat tidak transparan karena louhan yang berukuran lebih kecil akan merasa takut dan stress. Ikan Louhan termasuk ikan dengan tingkat pertumbuhan cepat. Ukuran ikan Louhan bisa mencapai lebih dari 20 cm.

    Jalan Panjang Louhan

    Untuk "menghasilkan" jenis ikan louhan sesuai dengan keinginan diperlukan proses panjang dan melelahkan. Bahkan kadang kadang diperlukan beberapa generasi untuk mencapainya.(F1,F2 dll). Belum lagi hasil perkawinan dari ikan louhan akan menghasikan sebagian ikan ( terutama jantan) yang steril / mandul sehingga tidak dapat dikembangbiakan lagi.

    Dari ratusan anak ikan louhan kemudian disortir dan hanya beberapa saja akan di pilih sebagai calon indukan. Beberapa diantara hasil perkawinan itu bahkan mengalami cacat karena dilakukan inbreed (perkawinan sedarah) untuk "menciptakan" anakan louhan yang "seragam" dan memiliki trait atau sifat-sifat yang diinginkan. Sisanya "dibuang" karena tidak sesuai dengan harapan. Butuh waktu kurang lebih 8 bulan bahkan 1,5 tahun untuk menunggu louhan anakan terutama jantan agar siap untuk dikawinkan kembali.

    Misal saja untuk menghasilkan ikan berwarna merah dengan mutiara penuh di perlukan indukan yang akan menurunkan gen mutiara dan indukan dengan warna merah. Dari proses perkawinan itu hanya beberapa ekor saja yang akan memenuhi kriteria itu. Kebanyakan anakan hanya akan mewarisi mutiara atau warna dari indukannya. Butuh beberapa generasi louhan agar ikan dapat sesuai dengan keinginan breeder. Oleh karena itulah mengapa harga jenis ikan louhan tertentu bisa mencapai harga yang sangat mahal.

    Secara teori idealnya untuk menghasilkan louhan dengan kualitas baik diperlukan beberapa tahap.

    1. Cross breed I -----> 2. inbreed -----> 3. line breed -----> 4. cross breed II

    Tahap pertama ialah crossbreed I yaitu dengan mengawinkan louhan indukan jantan dan betina dengan gen unggul dan tidak mempunyai hubungan darah. misal gen jenong dan warna. Cross breed 1 dianggap tahap yg paling penting tahapan breeding berikutnya. Hasil anakan 75% harus rata karakternya. Ini untuk menghindari resiko besar pada tahapan breeding selanjutnya (inbreed), dan menghindari set back yg bisa membuang waktu percuma.

    Tahap kedua yaitu dengan mengawinkan indukan dengan anakan hasil tahap pertama. Anakan pada tahap ini memiliki vitalitas rendah. Akan tetapi tujuannya ialah mengalokalisir gen unggul dan jadi indukan untuk tahap selanjutnya.Pada akhirnya, kurangnya vitalitas dapat diperbaiki melalui tahapan berikutnya.
    Tahap tiga yaitu mengawinkan anakan dari tahap dua dengan louhan yang masih dekat hubungan kekerabatannya misal dengan pamannya yang merupakan anakan dari tahap pertama.

    Pada tahap Cross breed II anakan louhan hasil dari tahap 3 dikawinkan lagi dengan louhan yang tidak memiliki hubungan darah/sangat jauh kekerabatannya yang mempunyai keunggulan lain misal bentuk badannya. Tujuannya untuk memperbaiki vitalitas (daya tahan ikan) selain untuk penyempurnaan.

    Artikel