Jenis Ikan Hias Air Tawar Untuk Akuarium

Ikan hias air tawar adalah jenis ikan yang hidup di air tawar dan dipelihara di akuarium atau kolam sebagai hiasan. Selain sebagai hiasan, dalam sebuah study dikatakan bahwa melihat ikan hias dapat membuat kita lebih santai, melemaskan otot yang tegang, menurunkan detak jantung dan tekanan darah

jenis Ikan hias

Ada banyak sekali jenis ikan hias air tawar yang dapat kita jadikan sebagai pilihan sebagai pengisi akuarium atau kolam kita dengan berbagai bentuk, warna, ukuran, dan sifatnya. Yang paling populer diantaranya adalah ikan Cupang , ikan Louhan, ikan Koki, ikan Koi, ikan Molly, ikan Manfish, ikan Discus, dan banyak lagi.

Tiap ikan hias mempunyai ciri dan karakternya sendiri sebagian bersifat damai dan senang berkelompok, sebagian galak dan senang 'menyendiri'.Dan sebelum kita menentukan ikan hias mana yang akan jadi sahabat kita ada baiknya kita mengetahui jenis ikan hias air tawar yang biasa ada di toko ataupun tempat ikan hias. Hal ini bisa mencegah agar kita mencampur ikan hias yang salah karena hal ini bisa berakibat fatal bahkan hingga kematian akibat 'bully' ikan yang lain.

Jenis ikan hias air tawar ini dibagi ke dalam beberapa kelompok. Tiap kelompok ikan hias ini memiliki karakter masing masing. Beberapa di antara kelompok ikan hias ini diantaranya ialah

Ikan Catfish

Walaupun ada sebagian spesies ikan catfish atau ikan lele ini sering kita jadikan konsumsi tetapi banyak species dari catfish ini layak untuk di jadikan koleksi aquarium atau kolam hias kita. Beberapa dari kelompok ikan ini hanya mencapai ukuran 10 cm ketika dewasa namun ada juga spesies dari Catfish atau ikan lele ini akan mencapai ukuran 'raksasa', sehingga di sarankan bila kita memilih ikan jenis catfish yang besar kita harus memiliki akuarium yang cukup besar atau mungkin bisa kita tempatkan dikolam.

jenis ikan hias air tawar catfish
Tiger Shovelnose Catfish - Salah satu ikan hias air tawar jenis catfish

Ikan Corydoras

Ikan corydoras atau corycat merupakan kelompok ikan catfish yang berukuran kecil. Mereka bersifat damai dan dapat dicampur dengan beberapa jenis ikan lain seperti ikan molly, guppy, platy, swordtail, neon tetra, manfish dan danio.

ikan corydoras
Ikan Corydoras / CoryCat albino,

Ikan Sapu-Sapu

Ikan sapu-sapu termasuk dalam kelompok ikan catfish. Ikan sapu-sapu dikenal sebagai ikan pembersih akuarium. Ada beberapa spesies ikan sapu-sapu memiliki warna yang cantik dan sangat cocok untuk jadi ikan hias di akuarium kita.

Beberapa yang populer dari jenis ikan sapu-sapu ini diantaranya Zebra Pleco (Hypancistrus sp.)

ikan sapu-sapu
Ikan Sapu sapu Zebra / Zebra pleco (CC4)

Ikan sapu-sapu dapat dicampur dalam satu akuarium bersama Manfish, Corydoras, Barb (ikan sumatra, rossy barb,dll) , Rasbora, Molly, Platy, Swordtail, Loach (botia/clownloach,kuhli loach,dll), Danio (zebra danio, dll), Tetra, Rainbow, dan Dwarf Gourami.

Ikan koki dan koi sebaliknya, mereka tidak cocok untuk disatukan terutama ketika ikan sapu-sapu beranjak dewasa. Mereka cenderung akan menempel ikan koki untuk 'menyedot' lapisan lendirnya. Hal ini bisa menyebabkan stres pada ikan koki

Selain ikan sapu-sapu ikan Gold Octocinclus (Octocinclus affinis) masuk dalam kelompok ini. Ikan yang ukurannya hanya sekitar 5 cm ini merupakan pemakan alga di akuarium. Ikan ini berkulit keras seperti ikan sapu.

octocinclus affinis
Gold Octocinclus (Octocinclus Affinis) CC BY-SA 3.0

Ikan Catfish Lainnya

Beberapa ikan hias lainnya dari kelompok ikan hias catfish diantaranya pangasius, Red Tail Catfish,Tiger Shovelnose Catfish, Jenghis Khan Catfish, Columbia Catfish, Banjo Catfish, Upsidedown Catfish alias Synodontis, Leopard Catfish, Bagarius Catfish

Waspadalah!! beberapa jenis ikan catfish ini akan tumbuh sangat besar dan mereka akan memakan apapun yang bisa masuk kemulutnya. Red Tail Catfish, Pangasius/patin, Jenghis Khan Catfish/Paroon Shark, Tiger Shovelnose Catfish dan Bagarius Catfish bisa tumbuh lebih dari 1 meter.

Read More Jenis Ikan Hias Catfish


2. Characins

Characins /Charachidae adalah kelompok ikan yang terbesar dalam Ordo Characiformes. Setidaknya ada 1674 spesies yang dari 270 genus. Ciri khas yang bisa dilihat dari kelompok ikan Characin ini adalah bahwa ia akan memiliki sirip 'adipose'. Yaitu sirip kecil setelah sirip punggung dan sebelum ekor. Banyak ikan dari kelompok Characin kecuali beberapa genus memilikinya. Sirip adipose juga bisa ditemukan pada beberapa jenis ikan lele/catfish.

Jenis ikan hias air tawar piranha
Ikan Piranha termasuk kelompok ikan Characin

Kelompok ikan Characin pada umumnya adalah ikan yang 'bandel' atau kuat dan cocok untuk dijadikan ikan hias bagi pemula. Sebagian besar dari kelompok ikan hias ini adalah ikan schooling (berenang bersama) sehingga mereka lebih baik dipelihara dalam akuarium komunitas dengan jenis ikan lain.

Kecuali spesies ikan predator seperti Piranha, kebanyakan ikan hias dalam kelompok characin bersifat damai meskipun masuk kedalam ikan omnivora(pemakan daging dan tumbuhan). Mereka biasanya akan dengan mudah menerima makanan akuarium seperti pelet, serta suplemen udang dan berbagai jenis cacing. Ikan hias jenis biasanya menyukai air yang jernih, sedikit asam dengan arus kuat dan kaya oksigen.

Yang termasuk ke dalam kelompok ikan Characin ini ialah

  1. Kelompok ikan Tetra,
  2. Kelompok ikan Hatchetfish ,
  3. Kelompok ikan Pencilfish,
  4. Kelompok ikan Characin lainnya (Silver Dollar, Headstander, Leporinus)

Ikan Tetra

Beberapa jenis Ikan Tetra berukuran mini dan memiliki warna berkilau (ikan neon tetra) dan merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk pengisi akuarium berukuran kecil. Kelompok ikan hias jenis tetra ini senang berkelompok. Ditambah dengan tanaman hias akan membuat kita betah berlama-lama memandangi ikan di akuarium kita.

Jenis ikan hias air tawar Neon Tetra
Ikan Hias Neon Tetra

Beberapa ikan hias jenis tetra ini yang banyak terdapat dipasaran dengan harga yang murah diantaranya

  • Amandae/ Ember Tetra
  • Albino Neon Tetra
  • Red Nose Tetra
  • Neon Cardinal Tetra
  • Black Tetra
  • Blue Eye Tetra
  • Glassfin Tetra
  • Red belly bloodfin Tetra
  • Silvertip Tetra
  • Serphae Tetra
  • Glassfin Tetra /Ikan Kaca - Jenis ikan Kaca lainnya bisa dilihat disini Jenis Ikan Kaca

Read More : Jenis-jenis Ikan hias Tetra

Ikan hachetfish

Jenis ikan hias ini senang berkelompok dan berenang bersama dalam akuarium. Beberapa spesies dari hachetfiah ini berukuran kecil misal silver hachetfish hanya berukuran 3-4cm saja.

ikan silver hachetfish
Hachetfish

Ikan Pensil /Pencilfish

Sebenarnya ada beberapa jenis ikan hias pencilfish ini tetapi semua dinamai dengan nama yang sama. Namanya sendiri berasal dari bentuknya yang mirip dengan pensil.

ikan pencilfish
Jenis ikan hias Pencilfish

Ikan Cichlid

Cichlid atau Siklid adalah ikan dari famili Cichlidae pada ordo Cichliformes. Famili ikan cichlid ini terbagi atas dua kelompok besar yaitu

  • African Cichlid (cichlid yang berasal dari Afrika)
  • American Cichlid (berasal dari benua Amerika ).

Keluarga ikan Cichlid memiliki variasi mulai dari bentuk, ukuran. Beberapa di antaranya memiliki pola dan warna yang sangat indah. Dan beberapa ikan hias dari jenis cichlid ini memiliki perilaku yang mengagumkan. Ikan dari family cichlidae ini di kenal "pintar" dan mampu mengenali pemiliknya (orang yang memberi makan). Mereka akan menyambut pemiliknya dan meminta untuk diberi makanan. Semua sifat-sifat ini membuat ikan cichlid menjadi salah satu ikan hias favorit.

Jenis Ikan Cichlid Dari Amerika

Banyak jenis ikan cichlid ini yang berukuran besar dan sebagian berlaku agresif terhadap ikan lain dan sebaiknya di pelihara sendiri kecuali kita memiliki akuarium yang sangat besar. Misalnya saja ikan Wolf Cichlid, Jaguar Cichlid, Red Devil Cichlid, Midas Cichlid dan beberapa lainnya

Baca Juga : Ikan Cichlid Paling Galak dan Teritorial

Beberapa spesies ikan cichlid dari benua Amerika ini bersifat relatif lebih ramah, seperti ikan severum, angelfish / manfish, dan dwarf cichlids. Untuk ikan jenis ini dapat disimpan bersama dalam komunitas dalam akuarium.

Jenis ikan cichlid dari Amerika ini diantaranya adalah :

Ikan Manfish

Salah satu jenis ikan hias yang termasuk ke dalam kelompok cichlid/siklid Amerika ini ialah Angel Fish. Ikan hias Angel Fish atau juga dikenal dengan nama ikan Manfish ini memang elegan. Gerakannya yang tenang dengan tubuh pipih dilengkapi sirip yang panjang membuat banyak orang tertarik untuk mengkoleksinya.

jenis ikan hias air tawar manfis
Ikan Hias Manfish (pic by Jeff Kubina, Creative Commons)

Walaupun demikian ikan ini bersifat semi agresif dan akan bertambah agresif seiring bertambahnya usia. Alaminya merupakan ikan manfish adalah omnivora tetapi mereka cenderung menyukai makanan hidup, karena di alam liar makanan utama ikan manfish adalah ikan kecil, udang dan cacing. Di akuarium ikan ini bisa mencapai ukuran sekitar 15 cm tetapi di alam liar ikan ini bahkan bisa mencapai ukuran 25cm

Tumbuhan air dapat dimasukkan kedalam akuarium manfish, karena di alam liar mereka sejatinya merupakan 'ambush predator'.I kan ini bersembunyi di balik tanaman dan menyergap secara tiba-tiba mangsanya.

Read more: Jenis Ikan Manfish

Ikan Discus

Satu lagi ikan cantik yang termasuk ke dalam kelompok ikan cichlid dari Amerika adalah ikan Discus. Ikan berbadan pipih ini adalah salah satu ikan hias air tawar yang banyak diminati karena warna dan coraknya yang indah. Banyak varietas atau jenis dari ikan diskus dengan berbagai macam corak dan warna. Ikan omnivora ini termasuk ikan yang agak rewel dan rentan terhadap perubahan kondisi air. Jadi untuk memelihara ikan ini memerlukan perhatian lebih. Untuk mendapatkan ikan ini anda harus siap siap merogoh kocek cukup dalam.

Jenis Ikan Hias Diskus
Ikan Hias Discus

Ikan Discus / Diskus ini memiliki banyak sekali warna dan corak, ada yang garis, totol dan banyak lagi. Mereka akan hidup damai bersama ikan diskus lainnya. Tanaman air juga dapat ditempatkan di akuarium ikan Discus.

Read More : Jenis-Jenis Ikan Hias Discus

Ikan Peacock Bass /Pbass

Masih dari benua Amerika - Ikan hias Peacock Bass atau Pbass merupakan salah satu ikan cichlid terbesar dalam family cichlidae ada yang bahkan mencapai hampir 1 meter. Ikan Peacock Bass merupakan American Cichlid jenis predator . Ada banyak jenis jenis Peacok Bass ini, yang paling umum ditemui ialah Cichla Monoculus, Cichla Occelaris dan Cichla Orinoco. Walaupun ikan Pbass tampilannya terlihat garang ini namun warna hijau keemasannya yang cantik banyak membuat penggemar ikan jatuh cinta pada ikan buas ini.

jenis ikan hias pbass monoculus
Ikan Peacok Bass-Cichla Monoculus

Ikan Pbass terdiri dari 16 spesies dengan ciri khasnya masing-masing.

Read More : Jenis-Jenis Ikan Peacock Bass

Ikan Dwarf Cichlid

Ikan Dwarf Cichlid adalah kelompok ikan cichlid berukuran dibawah 10 cm. Berbeda dengan ikan jenis cichlid lain yang berukuran besar, ikan dwarf cichlid/cichlid mini ini tidak terlalu 'galak' terhadap ikan lain. sangat cocok ditempatkan untuk akuarium berukuran kecil.

Yang termasuk kelompok Dwarf Cichlid ini diantaranya ialah jenis

Dwarf cichlid bahkan beberapa diantaranya bisa untuk ditempatkan di Aquascape, selengkapnya bisa dilihat disini Ikan Dwarf Cichlid dan Jenisnya.


Ikan Earth Eater Cichlid

Jenis ikan Cichlid Earth Eater dikenal memiliki kebiasaan mengacak-acak substrat (pasir,batu kecil,lumpur) untuk mencari makanan. Yang termasuk ke dalam kelompok ini

earth eater cichlid geophagus
Ikan eartheater Cichlid - Geophagus surinamensis By Haplochromis - Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported

Ikan Oskar

Ikan Oskar / Oscar merupakan salah satu yang paling populer. Ikan memang sangat disukai karena selain warnanya yang indah ia juga memiliki 'kepribadian'. Ikan ini sangat menyenangkan untuk diajak 'bermain' apalagi ketika diberi ikan kecil sebagai pakannya.

Di alam liar mereka kebanyakan memakan larva serangga, udang kecil, juga serangga. Walaupun sesekali mereka juga memakan lain seperti buah yang terjatuh disungai

ikan oskar
Ikan Oskar

Banyak jenis ikan Oskar ini diantaranya Oscar Batik, Oscar Albino, dll

Baca juga :Jenis Ikan Oscar

Cichlid Asal Amerika Lainnya

Ikan yang lainnya yang cukup populer dari Jenis Ikan Hias- Amerikan siklid ini ialah :


Jenis Ikan Hias Cichlid Dari Afrika

Sedangkan dari Cichlid dari benua Afrika ini dikenal memiliki ikan-ikan yang kaya dengan warna. Selain itu jenis-jenis cichlid afrika sangat beragam ada sekitar 1300 spesies dari cichlid Afrika. Danau Malawi memiliki sekitar 800 jenis spesies . Danau Tangayika memiliki sekitar 250 spesies.

Siklid / cichlid dari danau Malawi afrika terbagi menjadi

  1. Mbuna
  2. Blue Hap Cichlid
  3. Peacock Cichlids

Read More : Jenis-jenis Ikan Hias Cichlid dari Afrika


Mbuna Cichlid

Mbuna Cichlid merupakan kelompok ikan terbesar dari danau Malawi. Banyak diantaranya memiliki warna warna yang menarik seperti kuning, merah dan biru. Yang paling populer yaitu ikan niasa, lemon cichlid, dan johanni Cichlid

Jenis Mbuna Ciclid yaitu

  • Auratus / Niasa(Melanochromis auratus),
  • Venustus - Nimbochromis venustus,
  • Johannii / Electric Blue Johannii (Melanochromis johannii),
  • Electric Yellow Cichlid (Labidochromis caeruleus),
  • Blue moorii (Cyrtocara moorii),
  • Demansoni Cichlid (Pseudotropheus demasoni),
    Ikan hias Demansoni Cichlid
    Ikan Demansoni Cichlid - salah satu ikan jenis Mbuna dari danau Malawi Afrika yang 'galak'
  • Dogtooth Cichlid (Cynotilapia afra),
  • Maingano (Melanochromis cyaneorhabdos),
  • Trewavas Red-Finned Cichlid (Labeotropheus trewavasae),
  • Pseudotropheus Ice Blue (Maylandia greshakei),
  • Powder Blue Cichlid (Pseudotropheus socolofi), Snow White Cichlid - Albino
  • Pseudotropheus Barlowi (Pseudotropheus barlowi),
  • Kenyi Cichlid (Pseudotropheus lombardoi),
  • Red Zebra (Pseudotropheus estherae),
  • Bumblebee Mouthbrooder Pseudotropheus crabro,
  • Blue Daktari Pseudotropheus sp.,
  • Red Zebra Pseudotropheus estherae,
  • Tropheops Red Cheek Pseudotropheus tropheops tropheops,
  • Electric Blue Hap (Sciaenochromis-fryeri)

Read More : Ikan Cichlid Afrika Cantik Tapi Murah


Kelompok Haplochromis adalah istilah yang digunakan untuk merujuk kepada cichlids dari danau Malawi yang berenang bebas, kelompok ini juga sering di sebut "hap" dalam industri akuarium.

Ikan Aulonocara / Peacock Cichlid

Peacock ciclid - Kelompok ini mempunyai sekitar 28 spesies dan banyak subspesies yang berwarna cerah dengan warna biru, merah dan kuning. Jenis Peacock Cichlid ini mempunyai temperamen damai dan mereka sebaiknya tidak ditempatkan dengan cichlid Mbuna lain yang terlalu aktif dan agresif.

Jenis jenis spesies dari kelompok Peacock ciclid dari Danau Malawi di antaranya

  • African Butterfly Peacock (Aulonocara jacobfreibergi)
  • Aulonocara Blue Gold (Aulonocara korneliae)
  • Aulonocara Fort Maguire (Aulonocara hansbaenschi)
  • Flavescent Peacock (Aulonocara stuartgranti)
  • Flavescent Peacock / Grants Peacock Cichlid
  • Maulana Bicolor Peacock Aulonocara stuartgranti
  • Nkhomo Benga Peacock Aulonocara baenschi
  • Rubin Red Peacock (aulonocara stuartgranti /aulonara rubescens)

Dari jenis ikan aulonocara yang ada kemudian terjadi perkawinan selektif oleh para breederdan menghasilkan aulonocara yang lebih menarik warnanya. Jenis Aulonocara hasilnya diantaranya

  • Aulonocara OB (Orange Blocth) Peacock
  • Dragon Blood Aulonocara
aulonocara dragon blood
Aulonocara Dragon Blood

Untuk danau Tangayika ada hampir 250 spesies berbeda, dan lebih dari 150 jenis ikan non cichlid. Danau ini juga memiliki rekor untuk ukuran ikan cichlid yang terbesar yaitu Emperor / Giant Cichlid (microlepis Boulengerochromis) memiliki ukuran 90 cm dan cichlid yang terkecil yaitu Ocellated Shell-dweller (Lamprologus kungweensis) hanya berukuran 3,5 cm.

Ikan Giant Cichlid
Empire Cichlid (Microlepis Boulengerochromis) cichlid Afrika terbesar dari danau Tangayika

Jenis ikan hias cichlid yang populer dari Danau Tangayika ini antara lain :

  • Lemon cichlids (Neolamprologus leleupi)
  • Fairy cichlids (Neolamprologus pulcher)
  • Blue-Eyed Tropheus (Tropheus brichardi)
  • Blunthead (Cichlid Tropheus moorii)
  • Poll's Tropheus (Tropheus polli)
  • White Spotted Cichlid (Tropheus duboisi)
  • Julidochromis dickfeldi
  • Julidochromis marksmithi
  • Julidochromis marlieri
  • (Golden julie) Julidochromis ornatus
  • (Convict julie) Julidochromis regani
  • (Masked julie) Julidochromis transcriptus.
  • Ikan Frontosa (Cyphotilapia frontosa)
Jenis ikan hias frontosa
Ikan Hias Jenis Frontosa dari Danau Malawi Afrika

Read More : Jenis-Jenis Ikan Frontosa

Masih dari Danau Tangayika jenis ikan Tropheus memiliki banyak penggemar walaupun ikan ini agak 'rewel' dalam pemeliharaannya dan harganya lumayan, jenisnya yaitu

  • Tropheus brichardi
  • Tropheus duboisi
  • Tropheus kasabae
  • Tropheus moorii
  • Tropheus polli

Ada juga ikan cantik yang dikenal sangat lambat besarnya yaitu Calvus Cichlid dan beberapa ikan cantik lainnya


Dari afrika barat ada ikan hias jenis cichlid yang cukup populer yaitu ikan 99 atau ninenty nine

jenis ikan hias air tawar ninenty nine
Ikan Ninenty Nine alias Zebra Tilapia

Read More: Ikan Ninenty Nine Alias Zebra Tilapia

Ikan Louhan

Ikan lainnya yang termasuk siklid walaupun sudah dikawinsilangkan atau hibrid adalah ikan Ikan louhan atau Flowerhorn ini merupakan Salah satu jenis ikan ikan hias yang paling diminati oleh para penggemar ikan hias.

Jenis ikan hias air tawar louhan
Ikan Louhan

Terdapat banyak sekali jenis ikan Louhan hasil dari berbagai perkawinan silang. Tetapi secara garis besar jenis ikan louhan dapat di bagi ke dalam beberapa kategori besar yaitu Louhan Cencu/ Zhen Zhu(ZZ),Louhan Kamfa alias Cinghwa, Louhan Golden Base /GB alias Fader dan Louhan Kamalau /Golden Monkey

Read More : Jenis Ikan Louhan


Cyprinids

Yang termasuk kedalam kelompok Cyprinids ikan ini adalah ikan jenis Barbs, Danios, Rasboras, Sharks dan algaeater (Chinese Alga Eater)

Jenis Ikan Hias-Barb

Jenis ikan hias ini senang hidup secara berkelompok dengan sesamanya.Walaupun jenis ikan hias ini tidak setoleran ikan jenis tetra yang sangat senang berkelompok bahkan dalam kelompok besar, ikan jenis barbs juga senang bila ditemani kawan-kawan sejenisnya. Untuk menampung ikan jenis barbs ini ukuran akuarium yang kecil hingga sedang dirasa akan cukup dengan pembatasan jumlah ikan.

Beberapa jenis Ikan Barb yang cukup populer antara lain :

Tiger Barb (Systomus tetrazona ) alias Ikan Sumatra dikenal agak 'jail'- By Faucon CC BY-SA 2.5

Ikan sumatra ini memiliki beberapa varian yaitu

  • Green Tiger Barb - Ikan Sumatra berwarna tubuh hijau kehitaman
  • Albino Tiger Barb - Ikan sumatra albino
  • Slayer Tiger Barb - Ikan sumatra bersirip panjang
Rosy Barb (Pethia conchonius) - By Kkonstan CC BY 3.0
  • Cherry Barb /Red Barb (Puntius titteya)
  • Melon Barb (Haludaria fasciata)
  • Odessa Barb (Pethia padamya)
  • Rhombo Barb (Systomus rhomboocellatus)
  • Gelius Barb (Pethia gelius)
  • Black Ruby Barb (Pethia nigrofasciata)
  • Gold Barb (variant: Puntius semifasciolatus)
  • Checkerboard Barb (Puntius oligolepis)
  • Tinfoil Barb /Kafiat (Barbonymus schwanenfeldii)

Jenis Ikan Hias-Danio

Jenis ikan hias ini akan sangat cocok untuk para hobiis yang menyukai akuarium komunitas. Ikan ini bersifat sosial dan senang berkelompok. Ikan jenis danio ini senang berenang di dekat permukaan.

Jenis ikan hias Danio yang cukup populer adalah :

zebra danio
Zebra Danio
  • Zebra Danio (Yelow Zebra Danio, Red Zebra Danio,dll)
  • Giant Danio (Devario aequipinnatus)
  • Blue Danio (Danio kerri)
  • Pearl Danio (Danio albolineatus)
  • Bengal Danio (Devario devario)
  • Dwarf Spotted Danio (Danio nigrofasciatus)
  • Rosy Danio (Danio roseus)
  • Chinese Danio Tanichthys alboneubes

Jenis Ikan Hias Shark dan Alga eater

Ikan hias jenis ini memiliki tubuh memanjang. Yang termasuk kelompok ini antara lain

  • Redfin shark
  • Albino Red Fin Shark
  • Red Tailed Shark
  • Rainbow shark

Ikan Jenis Minnow

Minnow ini merupakan bagian dari keluarga Cyprinidae. Salah satu yang banyak jadi favorit ialah ikan Bala Shark Minnow atau sering disebut Bala Shark saja.

Ikan bala shark
Ikan bala shark - wikipedia cc 3.0

Jenis Ikan Hias-Rasbora

Jenis ikan hias rasbora juga akan sangat cocok untuk para penikmat ikan hias yang senang ikannya berkeliling secara berkelompok.

Beberapa jenis ikan hias jenis rasbora yang cukup populer adalah :

  • Harlequin rasbora (Trigonostigma heteromorpha)
  • Rummy Nose Rasbora (Sawbwa resplendens)
  • Neon Green Rasbora (Microrasbora kubotai)
  • Zebra Rasbora (Danio erythromicron)
  • Brilian Rasbora (Rasbora einthovenii)
  • Mosquito rasbora (Boraras urophthalmoides)
Trigonostigma heteromorpha1
Harlequin Rasbora
Read More : Jenis Ikan Hias Rasbora

5. Freshwater Eels /Belut

Yang termasuk ke dalam kelompok ikan air tawar ini adalah Spiny Eels, Electric Eel, Fire Eel, American Eel, Spaghetti Eels, dan lainnya.

belut murai air tawar
Belut Muray Tiger - belut muray air tawar

Yang ada dipasaran ialah jenis "Belut Muray Harimau" atau Tiger Eel Moray nama latinnya Gymnothorax polyuranodon. Belut ini termasuk ikan predator. Ukurannya bisa mencapai 1,5 meter. Harganya mulai dari ratusan ribu rupiah.


6. Goldfish Types/ Ikan Mas

Ikan Koki

Yang termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar goldfish type / golongan ikan mas diantaranya Fancy Goldfish alias ikan mas koki, Fantail Goldfish, Commet Goldfish, Black Moor, Bubble Eye, Oranda, Shubunkin, Ryukin, Lionhead dan banyak lagi.

Jenis ikan hias air tawar goldfish type

Read more : Jenis ikan koki

Ikan Koi

Ikan koi juga termasuk ke dalam kelompok jenis ikan hias ini. Ikan yang dipercaya dapat membawa hoki ini memiliki banyak jenis dan warna yang menarik. Dan ikan Koi ini walaupun lebih cocok ditempatkan di kolam tetapi bisa juga dipelihara di akuarium.

Jenis Ikan Hias Air Tawar Koi

Ikan koi dikenal memiliki umur yang panjang juga memiliki warna yang sangat indah yang merupakan kombinasi warna putih, merah, hitam, biru, dan lainnya

Read more : Jenis ikan Koi


7. Hillstream Loaches

Ikan air tawar jenis River Loaches ini memiliki kemampuan untuk menaiki batu di perairan berarus deras. Ikan dalam Family Balitoridae merupakan favorit termasuk Batik, Chinese Loach, Rainbow Loach, Zipper Loach, dan lainnya. Yang ada dipasaran yaitu ikan Borneo Sucker (Pseudogastromyzon Myers) harganya dikisaran 10 ribuan untuk ukuran kecil.

Hillstream Loaches

8. Killifish

Yang termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar killifish yaitu Lampeye, Medaka, dan Panchax. Selain itu Pupfish dan Topminnow fish. Yang ada dipasaran dengan harga bersahabat yaitu

  • Clown Killifish (Epiplatys annulatus)
  • Gardneri Killifish (Fundulopanchax gardneri)
jenis ikan hias killifish
Ikan Hias Spotfin Killifish

9. Knifefish

Ikan hias yang memiliki badan pipih ini termasuk ikan predator . Disebut juga knife fish karena bentuknya yang sekilas mirip pisau. Ikan berbadan gelap ini termasuk ikan carnivora dan nocturnal/aktif di malam hari.

ikan belida

Yang cukup terkenal dari jenis ini ialah ikan balida bangkok/Clown Knifefish, ikan black ghost, Elegant Knifefish, Black Ghost Knifefish, Aba, Centipede, Featherfin dan banyak lagi.

10. Labyrinth Fish

Ikan Labyrinth/labirin merupakan kelompok ikan yang memiliki organ khusus, yang dikenal sebagai labirin. Organ inilah yang memungkinkan ikan untuk menghirup udara dari permukaan air. Kenapa ikan membutuhkan organ untuk menghirup udara? Jawabannya ada pada habitat ikan ini berada. Beberapa ikan jenis labirin ini hidup di perairan rendah kadar oksigennya. Pada kondisi seperti ini, memiliki organ labirin menjadi penentu hidup dan mati ikan.

Yang termasuk kedalam jenis ikan hias air tawar labrynth ini adalah:

Jenis ikan hias air tawar Cupang
Ikan Hias Jenis Cupang
  • Ikan Cupang
  • ikan hias gurami,
  • Anabantoids
  • Paradise Fish,
  • Giant Gourami dan banyak lagi.

Baca juga :Jenis Ikan Cupang


Livebearer Aquarium

Jenis ikan hias air tawar Livebearer dalam istilah ilmiahnya adalah ikan ovovivipar ialah kelompok ikan yang melahirkan langsung anaknya. Ikan jenis livebearer ini bertelur dan dibuahi secara internal. Beberapa ikan memiliki warna yang sangat indah.

Ikan Guppy

Di antaranya ialah ikan Guppy yang masih satu family dengan ikan cere. Ikan guppy memiliki ekor yang berjumbai indah. Banyak varian warna dari jenis ikan hias guppy ini.

Jenis ikan hias air tawar guppy
Ikan Hias Jenis Guppy

Kelompok ikan hias yang termasuk ke dalam jenis ikan hias air tawar Livebearer yaitu ikan Molly, ikan Guppy, ikan Swordfish , Platy dan four-eyed Fish (Anableps).

Ikan Molly

Ikan Molly warna warni ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang paling populer karena relatif mudah dipelihara dan dikembangbiakan.

ikan molly
Ikan Hias Jenis Molly

Read More : Jenisikan molly

Ikan Platy

Jenis ikan hias Platy merupakan salah satu jenis ikan hias yang dikenal relatif mudah dipelihara. Warnanya yang merah dengan variasi hitam dan dibandrol dengan harga relatif murah membuatnya menjadi jenis ikan hias yang populer. Ikan Platy ini aslinya berasal dari Amerika Tengah dan bagian selatan Meksiko.

Jenis ikan hias air tawar platy
Jenis ikan hias Platy

Read More :Jenis-Jenis Ikan Hias Platy

Swordtail

Ikan hias Swordtail memiki kemiripan dengan ikan jenis molly akan tetapi memiliki ekor yang panjang dan mirip pedang.

Jenis ikan hias air tawar swordtail

12. Loaches

Jenis ikan hias loaches alias botia

Walaupun jenis ikan hias ini berkumis namun jenis ikan ini tidak dikelompokan dengan ikan jenis lele atau catfish. Salah satu yang menjadi ikan hias favorit dari kategori ini ialah Clown Loach (botia macracantha) yang berasal dari Indonesia. Ikan botia ini merupakan ikan yang lincah yang suka berada di dasar akuarium.

Ikan yang populer yaitu Clown Loach, Kuhli Loach, Weather Loach atau Dojo dan banyak lagi.

13. Perches

Jenis ikan hias air tawar perches

Yang termasuk ke dalam kelompok ikan perches yang sering dijadikan ikan hias diantaranya ialah ikan Glassfish, ikan Mono or Fingerfish, ikan Archerfish, ikan Scat, True Perches, ikan Datnoids,Chinese Perch, ikan Sunfish, ikan Cardinal dan banyak lagi

Ikan scat banyak ditemukan dipasaran dengan motif tubuh totol maupun bergaris. Tubuhnya tipis langsing dan senang berkelompok.

14. Puffer Fish

Ikan buntal atau ikan hias puffer yang memiliki bentuk unik ini punya warna dan corak yang sangat menarik untuk menjadi peliharaan kita. Ikan hias populer dari jenis ikan hias puffer fish ini adalah Green Spotted Puffer Fish, Golden Puffer, Fahaka Puffer, Amazon Puffer dan banyak lagi.

Ikan Hias Jenis Pufferfish / Buntal -Dwarf Pufferfish

Jenis Ikan puffer ini diantaranya

  • Dwarf puffer (Carinotetraodon travancoricus)
  • Red-tailed dwarf puffer (Carinotetraodon irrubesco)
  • Crested puffer fish (Carinotetraodon lorteti)
  • Fahaka Puffer (Tetraodon lineatus)
  • Imitator puffer (Carinotetraodon imitator)
  • Golden puffer (Auriglobus modestus)
  • South American puffer (Colomesus asellus)
  • Congo puffer (Tetraodon miurus)
  • Mbu puffer (Tetraodon mbu)

15. Rainbow Fish

Ikan jenis rainbow ini dikenal memiliki warna yang sangat indah.

jenis ikan hias rainbow
Ikan Rainbow

Yang termasuk jenis ikan hias rainbow diantaranya

  • Dwarf rainbowfish
  • Boesmani Rainbow

16. Unusual Fish

Kelompok ikan ini memiliki keunikan atau keanehan. Arowana , Butterflyfish , Tonguefish, Lionfish dan lainnya merupakan ikan yang unik .

Bichir /Ikan Palmas alias Ikan Naga

Ikan jenis ini termasuk ke dalam golongan ikan predator . Salah satu jenis ikan hias yang cocok bagi para penggemar ikan buas air tawar.

ikan predator
ikan Bichir

Untuk para penggemar ikan hias jenis predator dapat langsung menuju ke link - Jenis Ikan Predator


Snake Head/Gabus

Ikan Snake Head atau kita kenal dengan nama ikan gabus ini yang termasuk ikan predator yang paling agresif. Beberapa jenis ikan hias predator ini hanya berukuran maksimal 20 cm saja namun ada juga yang berukuran lebih dari 1 meter. Ikan yang memiliki bentuk kepala seperti ular ini merupakan salah satu ikan predator yang cukup populer. Yang paling di kenal salah satunya ialah gabus toman.

ikan snake head
Snake Head

Arwana

Ikan arwana ini di percaya oleh sebagian orang membawa hoki bagi pemiliknya. Walaupun memiliki gerakan anggun namun jenis ikan hias ini merupakan ikan predator yang hebat. Ikan arwana ini di percaya oleh sebagian orang membawa hoki bagi pemiliknya. Walaupun memiliki gerakan anggun namun jenis ikan hias ini merupakan ikan predator yang hebat.

ikan arwana
Ikan Arwana

Ikan Alligator alias Gar

Ikan aligator alias ikan spatula alias ikan buaya ini merupakan salah satu spesies ikan predator yang banyak diminati oleh para penggemar ikan buas. Ikan yang memiliki moncong seperti buaya ini terbagi kepada 7 spesies dari 2 genus (Atractosteus dan Lepisosteus). Salah satu yang paling menarik adalah Black Alligator Gar

black alligator gar
Black Alligator Gar - Shankar.s CC BY 2.0

Baca juga Jenis Ikan Alligator

Ikan Baby Dolphin(Mormyrus longirostris)

Ikan Baby Dolphin mirip dengan lumba-lumba dan bisa tumbuh hingga 75cm. Walaupun memiliki warna yang kurang menarik namun ikan ini memiliki bentuk yang menarik untuk dilihat.

Ikan Baby Dolphin - by Tom Bailey

Ikan Elephant Nose (Gnathonemus petersii)

Ikan Elephant Nose berasal dari Afrika dan memiliki hidung memanjang seperti gajah. Ukuran maksimalnya sekitar 25 cm. Ikan Elephant nose sangat menyukai cacing darah/bloodworm dan jentik nyamuk walaupun ia akan menerima makanan yang lain.

ikan hias elephant nose
Ikan Elephant Nose

Ikan Sumpit

Ikan Sumpit / Archerfish (Toxotes jaculatrix) merupakan ikan predator dari keluarga Toxotidae yang hidup di air payau. Ikan sumpit memiliki memburu mangsanya dengan cara yang luar biasa. Mereka memangsa memangsa serangga dan hewan kecil lainnya dengan cara menembak mangsanya dengan semprotan air dari mulut hingga jatuh ke air untuk kemudian memangsanya.

ikan sumpit predator
Ikan Sumpit - ikan predator dengan 'senjata' ampuh - By Chrumps (CC BY-SA 3.0)

Ada 10 jenis ikan sumpit,dan dua pertiganya hidup di air payau seperti muara dan sepertiga jenisnya hidup di air tawar. Mereka dapat ditemukan mulai dari India dan Sri Lanka, melalui Asia Tenggara, hingga Australia Utara dan Melanesia. Di Indonesi ikan ini banyak terdapat di Sumatra. Ukurannya sekitar 12 cm saja kecuali jenis Toxotidae chatareus yang bisa mencapai 40 cm

Sayangnya ikan ini hanya akan menerima makanan hidup saja berupa serangga kecil, jentik nyamuk atau kutu air, sehingga relatif menyulitkan bagi pemeliharanya

Artikel