Green Texas Cichlid (Herichthys carpinte)

Ikan yang mempunyai nama latin Herichthys carpinte juga di kenal dengan nama Carpintis, Lowland Cichlid atau Pearlscale. Carpintis ini termasuk ke dalam Family Cichlidae. IkanGreen Texas Cichlid termasuk ke dalam kelompok American Cichlid dan habitat aslinya berasal dari Mexico Utara, Amerika Tengah. Green texas juga diperkirakan menjadi cikal bakal dari ikan Red Texas Cichlid setelah melalui beberapa tahap persilangan.

Jenis ikan hias air tawar Green Texas Cichlid (Herichthys carpinte) ini serupa tapi tidak sama dengan saudaranya yaitu ikan Texas Cichlid (Herichthys cyanoguttatus). Perbedaannya ialah bahwa ikan Green Texas Cichlid atau Carpintis ini memiliki mutiara dengan ukuran lebih besar bila dibanding texas cichlid.

Ikan Green Texas Cichlid - By H. Zell - GFDL or CC BY-SA 3.0

Umur ikan Green Texas Cichlid bisa mencapai 10 tahun dan pada saat dewasa akan berukuran sekitar 10-30 cm. Oleh karenanya ukuran akuarium yang disarankan yaitu 40 Galon dengan menambahkan batu / karang sebagai tempat bersembunyi,PH ideal air 7.0 dan suhu 24-26 C. Tanaman tidak disarankan karena seperti ikan dari family cichlid lainnya ikan Green Texas akan "merusaknya" karena disebabkan mereka suka menggali. Green Texas Cichlid termasuk ikan yang bandel dan sangat mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air.

Ikan Green Texas Cichlid memiliki sifat Agresif dan Teritorial. Apabila ingin menambahkan tankmate maka Green Texas Cichlid harus ditempatkan dengan ikan sejenis yang ukuran yang sama. Habitatnya ialah berenang di dasar akuarium. Green Texas Cichlid merupakan ikan Omnivora yang merupakan pemakan segala. Ia juga menyukai cacing beku, cacing kering dan pelet untuk cichlid.

Ikan hias Green Texas Cichlid dikenal juga dengan nama latin Cichlasoma carpintis, Cichlasoma carpinte, Heros teporatus, Cichlosoma laurae, Neetroplus carpintis

Untuk membedakan jenis kelamin Ikan Green Texas Cichlid ini biasanya dengan memperhatikan tampilan ikan. Ikan betina berwarna kurang terang dan biasanya berukuran lebih kecil daripada ikan jantan pada usia yang sama. Semakin besar maka ikan jantan akan memiliki benjolan pada bagian depan kepalanya yang merupakan ciri khas pada jenis ikan cichlids. Green Texas Cichlid adalah ikan yang sangat produktif dalam berkembang biak. Ikan Jantan dari Green Texas akan matang gonad ketika berukuran sekitar 10 cm sementara betina sekitar 7-8 cm. Mereka akan meletakkan telur setelah  larva menetas 4 hari setelah pemijahan.

Tingkat kesulitan untuk memelihara ikan termasuk dalam kategori 'Menengah'.

Artikel