Red Texas Louhan / Flowerhorn

Ikan Red Texas sama seperti ikan louhan adalah ikan hibrid. Ikan hibrid ini adalah ikan yang merupakan hasil kawin silang dari dua jenis ikan yang berbeda spesies. Dan ikan Red Texas cichlid ini adalah hasil dari dari persilangan dua spesies ikan hias air tawar dari keluarga ikan cichlid yang berasal dari benua Amerika (American Cichlid).Ikan Red Texas memiliki karakteristik yang menawan yaitu warna merah merona dengan mutiara memenuhi sekujur tubuhnya

ikan red texas louhan
Red Texas Photo : http://www.ciclidos-mexico.com/

Seperti juga pada jenis ikan Louhan GB (Golden Base), mutasi atau fader menjadi faktor penentu dari kualitas. Red Texas yang sudah dewasa bisa memiliki ukuran hingga 30cm panjangnya. Ikan Red Texas yang bagus harus memiliki tubuh yang lebar dan tebal dengan sirip lurus yang sangat cocok dengan tubuhnya. Ikan yang memiliki kualitas terbaik sering dinamai Super Red Texas (SRT)

Cara menghasilkan ikan Red Texas

Ikan Red Texas atau Ikan Super Red Texas (SRT) ini dapat dihasilkan dengan cara mengawinkan Green Texas Cichlis (Herichthys carpinte) ataupun ikan Blue Texas Cichlid (Herichthys cyanoguttatus) jantan dan mengawinkannya dengan ikan betina dari jenis Parrot, King-Kong Parrot, Mammon, Darmo, Flamingo, Red Devil, Redshock atau Redsyn. Ikan Green Texas atau Ikan Blue Texas memiliki mutiara yang sangat bagus. Sementara ikan jenis Parrot, Kingkong Parrot, Mammon dll memiliki warna merah yang sangat bagus. Maka ikan Red Texas akan mewarisi mutiara yang bagus dari ayahnya dan warna merah dari ibunya.

Untuk melihat penampakan Green Texas Cichlid bisa dilihat di sini Ikan Green Texas Cichlid

Kenapa tidak jantannya ikan Parrot cs ? Jawabannya karena ikan parrot jantan 99% itu infertil alias mandul sehingga tidak bisa menghasilkan anakan

Baca juga Ikan Kingkong Parrot dan Red Mammon

Mutasi pada ikan Red Texas

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan mutasi itu ? Mutasi pada ikan dikenal terjadi pada jenis cichlid dari benua Amerika yaitu pada Red Devil Cichlid (Amphilophus labiatus) dan Midas Cichlid (Amphilophus citrinelus). Di alam liar beberapa atau sebagian dari ikan dari kedua jenis tersebut mengalami pergantian warna menjadi kuning, oranye, oranye kemerahan dan putih.

Jadi apa yang sebenarnya terjadi pada ikan Red Devil atau Midas tersebut?

Secara ilmiah perubahan warna itu dinamakan Amelanism. Amelanism adalah kelainan pigmentasi ditandai dengan kurangnya pigmen yang disebut melanins (pigmen hitam) dan dapat mempengaruhi reptil, ikan, amfibi, dll Munculnya ikan amelanistic (seperti fader/mutasi) sepenuhnya tergantung pada pigmen non-melanin yang tersisa. Jadi dengan kata lain ikan-ikan tersebut mengalami perubahan pada pigmen warna mereka

Ikan Red texas mengalami mutasi karena genetika bawaan dari sang induk. Parrot, Kingkong Parrot, Mammon ini memiliki genetika kuat dari ikan Red Devil atau Midas Cichlid. Setelah dilakukan selektif breed atau perkawinan secara selektif dengan mengalokalisir gen yang diinginkan maka setelah beberapa generasi maka diperoleh warna merah yang indah

Ikan Red Texas Cichlid

"Tingkatan" Warna dari Red Texas Louhan

Walaupun induk betina Red texas ini memiliki warna merah merona namun tidak semua anakannya akan memiliki karakter seperti itu. Sebagian bahkan tidak bermutasi atau tidak berubah warna. Adapun tingkatan kelas untuk warna dari ikan Red Texas ini adalah:

  • Tidak Mutasi : Tingkatan Terendah.
  • Kuning: Tingkatan Kedua terendah
  • Oranye : kebanyakan Red Texas jatuh di kategori ini
  • Coral: Lebih ke merah muda
  • Merah: Tingkatan tertinggi dan paling banyak di minati

Jenis Mutiara Pada Ikan Red Texas

Untuk jenis mutiara ikan Red Texas ini memiliki beberapa tipe yaitu mutiara pasir, mutiara rintik/bintik, dan mutiara kasar(ukurannya besar-besar)

Ikan Red texas memiliki pola mutiara yang berbeda satu sama lain, ini yang membuat Red texas populer dan banyak diminati.

Artikel terkait: Jenis ikan louhan

Artikel