Midas Cichlid (Amphilophus citrinellus)

Ikan hias yang mempunyai nama latin Amphilophus citrinellus juga di kenal dengan nama dan termasuk ke dalam Family Cichlidae. Midas Cichlid ini habitat aslinya berasal dari Amerika Tengah, Bagian Utara Meksiko , Nicaragua, Costa Rica dan Honduras. Ikan ini sempat populer sebelum kemunculan ikan louhan.

Midas Cichlid

Ikan Midas Cichlid ini telah banyak di kembangbiakan di penangkaran/farm untuk menghasilkan warna warna yang menarik sebagai salah satu jenis ikan hias air tawar. Ikan Midas Cichlid memiliki potensi untuk morphing/berubah warna atau sering disebut mutasi. Warna setelah proses morph ini ialah jeruk, kuning, putih, dan kombinasi warna-warna ini. Morph warna yang paling populer adalah yang berwarna kuning krem ​​dan kadang-kadang berwarna. Selain pengembangan berbagai warna morphs ini, perkembangbiakan Midas Cichlid juga sangat berperan pada perkembangan Ikan Louhan atau Flowerhorn Cichlid yang sekarang sangat populer.

Midas Cichild adalah ikan hias yang cukup mudah dipelihara namun perlu disimpan di akuarium besar. Mereka umumnya cichlid yang cukup damai dibandingkan dengan cichlids Amerika Tengah besar lainnya, namun hampir pasti dijamin akan menjadi sangat agresif dan galak jika disimpan di tangki yang panjangnya 1 meter atau kurang. (baca juga :Ikan Cichlid Paling Agresif dan Teritorial Peningkatan agresi ini disebabkan oleh fakta bahwa di alam liar mereka diketahui secara umum menjaga dan mempertahankan area seluas 1 meter 'di sekitar sarang mereka. Mereka juga akan sangat agresif dan teritorial saat berkembang biak. Jadi, dianjurkan untuk menyimpan cichlid ini dalam tangki besar dengan panjang minimal 1,8 meter, terutama selama siklus perkawinan mereka. Jika ikan ini disatukan dengan ikan lain, bisa diatasi dengan cara yang memberikan sekat untuk wilayahnya. Menjaga ikan lain keluar dari 'garis pandang' mereka juga akan membantu menurunkan agresi.

Umur ikan ini bisa mencapai lebih dari 15 tahun. Pada saat dewasa ikan ini akan berukuran sekitar 25-35 cm. Oleh karenanya ukuran akuarium yang disarankan yaitu 55 Galons dengan PH air 7.0 dan suhu 22-25 C.

Ikan Midas cichlid ini sangat mirip dengan Red Devil Cichlid (Amphilophus labiatus) terutama bentuk dan warna. Salah satu yang bisa membedakan antara keduanya ialah bahwa Red devil memiliki bibir yang lebih tebal di bandingkan Midas Cichlid. Selain itu ikan Midas Cichlid sedikit lebih kecil di bandingkan ikan Red Devil Cichlid. Ikan Midas Cichlid maksimal ukurannya hanya sekitar 25 - 35 cm sedangkan Red Devil Cichlid bisa mencapai ukuran hingga 15 inci (38 cm). Habitat asli kedua ikan ini juga berbeda, jika Midas Cichlid berhabitat dari Kosta Rika sampai Nikaragua, Red Devil Cichlid hanya ditemukan di danau Nikaragua.

Habitatnya ialah berenang di tengah hingga dasar akuarium. Ikan Midas Cichlid menyukai hamparan pasir halus dan banyak tempat persembunyian di antara bebatuan dan kayu. Mereka adalah penggali yang rajin dan akuarium tanaman hidup tidak cocok untuk ikan Midas Cichlid karena akan dimakan atau dirusak. Pastikan batuan ditata dengan baik di dasar akuarium untuk mencegah terguling. Disarankan juga untuk menyediakan area terbuka di tengah akuarium. Kualitas air yang baik dan tangki yang sangat besar keduanya penting untuk kesehatan optimalnya. Midas Cichlid ini adalah Omnivora, tetapi lebih menyukai makanan hidup. Tingkat kesulitan untuk memelihara ikan ini termasuk dalam kategori 'Intermediate'.

http://animal-world.com/encyclo/fresh/cichlid/MidasCichlid.php

Artikel