Zebra Tilapia (Tilapia buttikoferi)

Zebra Tilapia atau dikenal dengan nama ikan ninenty nine ini termasuk ikan hias air tawar yang banyak digemari. Sayangnya ikan hias cantik ini akan menjadi sangat agresif alias galak ketika bertambah besar. Ikan yang aslinya berasal dari benua Afrika African Cichlid ini bisa mencapai ukuran maksimal hingga 25 cm bahkan 30 cm lebih.

Walaupun ikan hias ini di kenal sangat agresif tetapi ia juga termasuk jenis ikan hias yang "pintar". Mereka sangat aktif dan akan mengikuti setiap gerakan dari luar akuarium misal saja gerakan tangan kita. Mereka juga sering menggali kerikil atau pasir akuarium dan memindahkannya membentuk "bukit" kerikil akuarium di akuarium

Ikan Zebra Tilapia 99
Zebra Tilapia alias Ninenty NinePhoto/Michael Salazar/CC BY

Zebra Tilapia atau dikenal juga dengan nama Heterotilapia buttikoferi akan menjadi agresif seiring dengan pertambahan ukurannya. Tidak disarankan untuk menyatukan ikan hias ini setelah berukuran agak besar dengan jenis lainnya kecuali dalam akuarium yang berukuran sangat besar. Ia akan mengejar ikan yang lebih kecil bahkan membunuhnya. Walaupun ada beberapa kasus ikan ini akur dengan tankmate-nya namun hal ini jarang terjadi.


ikan ninentynine
Ikan Ninenty Nine Anakan

Ikan Zebra Tilapia ini memiliki garis belang berwarna hitam di tubuhnya yang akan berubah warna sesuai moodnya kadang hitam kadang juga memucat. Warna belang ikan ini cenderung memudar seiring pertambahan umurnya.

Ikan ini termasuk omnivora dan menyukai hampir segala jenis makanan. (Pelet, udang, cacing beku dan beberapa jenis sayuran)

Ikan ini rata rata berumur 10 tahun bahkan bisa mencapai 15 tahun.

Sangat sulit membedakan antara jantan dan betina sampai ketika ikan zebra tilapia ini bertelur. Ikan Zebra tilapia bertelur di substrat. Peningkatan suhu air kadang-kadang memicu ikan ini untuk memijah. Pasangan ikan ini menggali lubang di pasir atau dasar akuium dan bertelur di sana. Kedua orang tua kemudian akan menjaga anaknya.


Harga ikan ini untuk yang 1-2 cm antara Rp 1500-2000

Artikel