Jenis Ikan Koki Berdasarkan Bentuk, Warna, Bentuk Ekor

Ikan koki adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang paling populer di kalangan pecinta ikan hias. Ikan koki ini memiliki tubuh gendut dengan gerakannya yang lucu membuat orang gemas. Ikan koki memiliki banyak varian / jenis dengan berbagai macam warna dan bentuk. Mulai dari warna metalik, merah, putih, hitam dll. Yang cukup populer diantaranya jenis ikan koki Black Moor, ikan koki Oranda, ikan koki Lionhead, ikan koki mutiara, ikan koki teleskop dan banyak lagi.

ikan koki dan jenisnya

Adapun jenis-jenis ikan koki adalah

Rentang hidup rata-rata ikan mas umum adalah lebih dari 20 tahun. Sebagian besar ikan jenis koki yang umum tersedia di pasaran juga relatif mudah perawatannya. Beberapa yang cukup bandel dan mudah dipelihara ialah jenis ikan koki komet. Atau ikan koki fantail dan Shubunkin juga merupakan pilihan yang baik. Ikan koki jenis lainnya yang cukup bandel dan mudah dipelihara ialah Ikan Koki Black Moor dan Ikan Koki Ryukin

Sementara untuk Ikan Koki Oranda, Ikan Koki Bubble-eye , Ikan Koki Celestial atau Ikan Koki Lionhead lebih rentan terhadap penyakit dan memerlukan perhatian lebih bila hendak dipelihara. Misal saja Ikan Koki Oranda sensitif terhadap suhu yang dingin sehingga tidak bisa ditempatkan di luar ruangan tanpa heater

Orang sering memelihara ikan koki dalam akuarium toples kecil tanpa heater atau filter. Tapi untuk memelihara ikan koki dalam jangka panjang, karena ikan koki akan tumbuh besar dan memerlukan ruang gerak yang cukup. Jadi sebaiknya ikan koki harus ditempatkan di akuarium dengan dilengkapi filter terutama filter biologis. Hal ini agar ikan koki tetap sehat dan lincah.

Jenis Ikan Koki Bersirip Ekor tunggal

Seperti nenek moyang ikan koki yaitu ikan mas, ada beberapa jenis ikan koki yang memiliki sirip ekor tunggal

Ikan Koki bersirip ekor tunggal berbadan panjang

Ikan koki jenis ini selain memiliki ekor tunggal juga berbadan panjang diantaranya adalah :

1. Ikan Koki Komet

Ikan koki Comet diduga sudah ada sejak tahun 1800-an, ada banyak variasi warna tetapi yang paling populer adalah komet berwarna oranye karena warnanya terlihat bagus di kolam. Kombinasi warna pada jenis ikan koki ini adalah merah dan putih, hitam dan oranye, kuning, merah, hitam dan lainnya.

ikan koki komet
Ikan Koki Komet Photo: Matt Elsberry - CC By-ND 2.0

Ikan koki Comet atau sering disebut ikan komet merupakan jenis ikan koki yang lebih mirip ikan mas biasa hanya saja memiliki ekor yang panjang. Ikan ini termasuk ikan koki yang bandel. Selain itu gerakannya pun sangat lincah bila dibandingkan jenis ikan koki yang lainnya. Harga ikan komet ini dipasaran termasuk murah yaitu antara 2000 - 5000 untuk ikan yang berukuran kecil. Tidak seperti ikan mas biasa yang bisa mencapai ukuran lebih dari 50 cm ikan komet ini hanya mempunyai panjang maksimal 20-25cm saja.

Ikan Hias Koki Comet dan jenisnya

  • Ikan Koki Sarasa Comet
  • Ikan Koki Red Comet
  • Ikan Koki Golden Comet

2. Ikan Koki Shubunkin

Ikan mas shubunkin memiliki dua varian (shubunkin dan Bristol shubunkin London). Ikan Koki Shubunkin selintas mirip seperti ikan mas biasa atau komet tapi campuran warna tubuhnya lebih ramai.

ikan koki shubukin
Ikan Koki Shubunkin

Jenis Ikan Koki Shubunkin London dan Bristol dikenal lebih bandel. Ini menjadikannya Ikan Koki Shubunkin ideal baik untuk kolam outdoor ataupun akuarium . Jika Anda memilih untuk mengisi akuarium atau kolam Anda dengan shubunkins, hindari mencampurnya dengan ikan koki mata gelembung yang bergerak lambat atau Ikan koki Celestia. Shubunkins yang bergerak lebih cepat akan menghabiskan makanan bagi yang lainnya dan bisa menyebabkan mereka kelaparan.

Ikan mas koki shubunkin adalah jenis ikan koki yang memiliki tubuh seperti ikan koki komet. Namun, hal yang membedakan ikan ini adalah ikan koki shubunkin ini memiliki warna yang beragam.

Ikan Koki bersirip ekor tunggal berbadan pendek /bulat

1. Nymphs Goldfish

Mirip sekali dengan ikan koki biasa hanya saja hanya memiliki ekor tunggal

Jenis Ikan Koki Bersirip Ekor Ganda

Jenis inilah yang paling populer. Jenis ikan mas koki bersirip ekor gnda ini memiliki banyak variasi bentuk dan warna diantaranya

Jenis ikan koki bersirip ekor ganda dengan bentuk badan ramping/streamline

1. Ikan Koki Wakin

Ikan mas wakin adalah jenis populer di Jepang. Ikan koki ini dianggap sebagai ikan yang paling umum Asia Timur. Ikan mas Wakin menyerupai ikan mas komet dengan tubuh memanjang namun memiliki sirip ekor ekor ganda seperti Ikan Koki Fantail, hanya lebih pendek. Hanya Ikan Koki wakin dan jikin yang memiliki tubuh memanjang dan memiliki sirip bawah serta sirip ekor ganda.

Ikan mas koki wakin merupakan jenis ikan yang sangat mirip dengan nenek moyang ikan koki. Warna utama yang dimiliki oleh ikan koki ini adalah warna merah putih, orang putih, orange, dan putih. Yang termasuk ikan koki wakin diantaranya ikan Koki Hoe Kim Goldfish

ikan koki wakin
Ikan koki wakin

2. Ikan Koki Jikin

Ikan mas koki jikin merupakan jenis ikan koki yang langka. Ikan jenis ini memiliki keunikan di ekornya yaitu berbentuk diagonal atau hurf “X”.

koki jikin
Koki Jikin / koki butterfly tail

Ikan Koki jikin atau Ikan Koki Butterfly Tail memiliki tubuh memanjang dan memiliki sirip bawah serta sirip ekor ganda.

3. Ikan Koki Watonai

Ikan mas koki watanoi mirip dengan ikan koki wakin tetapi memiliki ekor lebih lebar. Koki watonai merupakan jenis ikan koki yang memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan dengan jenis ikan koki yang lainnya. Namun, jenis ikan ini masih belum terlalu terkenal di kalangan para pecinta ikan hias.

koki watonai
Koki watonai

Jenis ikan koki bersirip ekor ganda dengan bentuk badan bulat/pendek

Ikan koki jenis ini merupakan yang paling banyak terdapat dipasaran dengan berbagai variasi bentuk dan warna. secara garis besar jenis ini dibagi ke dalam 2 jenis yaitu : Jenis ikan koki memiliki sirip punggung (Dorsal Fin) dengan berbagai variasi

1. Ikan Koki Fantail

Ikan mas koki fantail merupakan jenis ikan hias koki yang paling digemari di Jepang. Ikan ini memiliki satu sirip atas yang tegak dan empat strip bawah.

koki fantail
Koki fantail

Ikan Hias Koki Koki Fantail dan jenisnya

  • Ikan Koki Red Cap Fantail
  • Ikan Koki White Fantail
  • Ikan Koki Red Fantail
  • Ikan Koki Red & White Fantail
  • Ikan Koki Black & Red Fantail
  • Ikan Koki Calico Fantail

2. Ikan Koki Japanese Ryukin

Ikan koki ryukin ini berasal dari Kepulauan Ryukyu di Jepang. Ikan koki yang sering disebut juga Ikan Koki Tosca ini merupakan salah satu jenis ikan koki yang populer. Ikan mas koki ryukin adalah jenis ikan mas koki yang mempunyai sirip yang sangat besar. Bahkan, ukuran siripnya dua kali lipat dari ukuran badannya.

Koki ryukin
Pada umumnya, ikan ini berwarna merah. Namun, masih ada beberapa variasi warna yang tidak kalah cantik dengan warna merah. Kombinasi warnanya, termasuk: warna solid (warna tunggal) dan beberapa warna berwarna merah tua, merah dan putih, biru, putih, calico dan banyak lagi.

Jenis Ikan Koki Ryukin ini termasuk ikan yang bandel, dan dapat ditempatkan di kolam ikan mas di luar rumah atau dimasukkan ke dalam akuarium ikan mas dengan ikan mas lain tanpa perlu perawatan ekstra. Pasangan tangki yang baik termasuk oranda, lionhead, atau Ranchu Goldfish. Berhati hatilah apabila menyatukan dengan Ikan Koki Mata Gelembung dan Ikan Koki teleskop, sebab mereka akan diganggu oleh Ikan Koki Ryukin ini.

Jenis ikan koki ryukin memiliki beberapa variasi diantaranya :

  • Ikan Koki Red Ryukin
  • Ikan Koki Red & White Ryukin
  • Ikan Koki Matted Ryukin
  • Ikan Koki Calico Ryukin

3. Ikan Koki Mutiara

Ikan koki mutiara atau disebut juga chinsurin atau ikan koki pearlscale termasuk dalam jenis ikan koki yang cukup unik. Karena sisik ikan ini timbul dan warnanya seperti warna mutiara.

koki mutiara
Ikan koki mutiara Photo : Goldfische-Aquarium CC By-ND-NC 2.0

4. Ikan Mas Koki Telescope Eye

Ikan mas koki telescop eye atau demekin merupakan jenis ikan koki yang memiliki mata yang melotot seperti teleskop. Bentuk mata ini belum bisa terlihat pada anakan ikan yang berumur sekitar tiga bulan.

Koki teleskop

5. Ikan Koki Black Moor

Ikan mas koki black moor adalah jenis ikan koki yang memiliki warna hitam dengan tambahan sedikit warna kuning keemasan. Selain itu, ikan ini juga memiliki mata yang besar dan melotot.

Sebagian orang berpendapat bahwa ikan koki Black Moor ini termasuk ke dalam jenis ikan koki teleskop hanya perbedaan warna, walaupun sebagian lainnya berpendapat bahwa koki blackmoor merupakan jenis yang berbeda

Ikan koki blackmoor
Ikan koki blackmoor Photo : Matthijs Dubbeldam CC By-ND-NC 2.0

6. Ikan Koki Panda Moor

Ikan mas koki panda moor memiliki bentuk tubuh dan sirip yang sangat mirip dengan jenis ikan koki black moor. Yang membedakan adalah warna yang dimiliki ikan koki panda moor berwarna hitam dan putih. Perpaduan kedua warna tersebut terlihat seperti warna hewan panda.

Koki panda moor
Koki panda moor

Ikan Koki Veiltail

Ikan mas Veiltail adalah salah satu varietas ikan mas yang paling cantik, tapi agak langka. Ikan koki jenis Veiltail itu rentan, sulit berkembang biak. Alih-alih tubuh Long Goldfish atau Shubunkins yang panjang dan ramping, Goldfish Veiltail memiliki tubuh yang lebih bulat atau berbentuk telur. Ikan mas mewah ini dapat memiliki tiga jenis warna dan yaitu warna merah atau oranye, corak, atau calico.

7. Ikan Koki Tosakin

Ikan mas koki tosakin atau di sebut juga ikan mas koki ekor rumbai termasuk ikan koki yang banyak dipelihara oleh para pecinta ikan hias. Hal ini disebabkan ikan ini memiliki ekor yang rumbai. Hal ini menjadikan ikan ini terlihat sangat cantik.

koki tosakin
Koki tosakin

8. Ikan Koki Oranda

Ikan koki oranda ini merupakan salah satu jenis ikan koki yang paling banyak di jual dipasaran. Ikan koki oranda atau ikan koki spenser ini mempunyai ciri khas yaitu memiliki benjolan atau jambul di kepalanya. Ikan koki oranda memiliki banyak varian warna atau jenis diantaranya yaitu Red Cap Oranda, Red Oranda, Red & White Oranda, Pearl Scale Oranda, Calico Oranda, Red & Black Oranda, Chocolate oranda, Blue Oranda dan Black Oranda.

ikan koki oranda
Ikan koki oranda Photo : Naz Amir CC 2.0

Read more : Jenis jenis ikan koki oranda

Jenis Ikan Koki Tanpa Fintail/ Sirip punggung

1. Ikan Koki Rancu

Ikan mas koki ranchu merupakan jenis ikan koki yang tidak mempunyai sirip. Jenis ikan koki ini mempunyai banyak variasi warna. Namun, warna yang paling dicari oleh para pecinta ikan hias adalah warna kuning sedikit pucat dengan warna kepala merah.

Ikan koki ranchu
Ikan koki ranchu Photo : Hector Cabrera CC by NC 2.0

Untuk jenis ikan koki ranchu ini terbagi lagi menjadi

  • Ikan Koki Red Ranchu
  • Ikan Koki Calico Ranchu
  • Ikan Koki Red & white Ranchu
  • Ikan Koki Black Ranchu
  • Ikan Koki Red Cap Ranchu

2. Ikan Koki Lionhead

Ikan mas koki lionhead merupakan jenis ikan hias yang yang sangat terkenal di Jepang. Jenis ikan ini memiliki benjolan di seluruh kepalanya seperti rambut singa.

Ikan koki lionhead Photo : This Year's Love - CC by NC ND 2.0

3. Ikan Koki Hanafusa

Ikan mas koki hanfusa adalah jenis ikan koki yang memiliki struktur tubuh dan kepala seperti lionhead. Namun, terdapat sedikit perbedaan di bagian kepalanya yaitu terdapat daging yang tumbuh di atas kepalanya. Jadi, itu bukanlah benjolan, tetapi seperti daging yang tumbuh.

4. Ikan Mas Koki Choten Gan /Celestial Eye

Ikan mas koki choten Gan adalah jenis ikan koki yang berasal dari Cina dan Korea. Jenis ikan ini sangat aneh karena matanya mengarah ke atas.

Ikan koki celestial eye
Ikan koki celestial eye Photo :Jellybeanz CC 2.0
  • Ikan Koki Sky Gazing Eye

5. Ikan Koki Bubble Eye

Ikan mas koki bubble eye atau mata gelembung adalah jenis ikan koki yang paling unik. Karena posisi mata pada ikan ini tertutup gelembung. Gelembung tersebut bisa pecah jika kita tidak merawat dengan baik.

koki bubble eye
Ikan koki bubble eye Photo : Jonathan Leung CC by SA 2.0

Ikan Hias Koki Bubble Eye dan jenisnya

  • Ikan Koki Red White Bubble Eye
  • Ikan Koki Calico Bubble Eye
  • Ikan Koki Red Bubble Eye
  • Ikan Koki Blue Bubble Eye
  • Ikan Koki Black & White Bubble Eye

Variasi warna pada Ikan Koki

Calico

calico adalah jenis ikan koki yang mempunyai bercak-bercak hitam kecil tidak beraturan di seluruh tubuhnya.

Sakura

Ikan mas koki sakura merupakan jenis ikan yang memiliki warna merah dan putih.

Red cap

Red cap ialah warna ikan koki yang memiliki warna merah seperti topi di kepalanya

Variasi bentuk sirip ekor pada Ikan Koki

Butterfly Tail - ikan ini ekornya yang menyerupai bentuk kupu-kupu. Saat ikan sedang beristirahat, ekornya akan mengipas ke bentuk kupu-kupu. Ikan ini dikenal sebagai ikan yang menarik dilihat, apalagi apabila dilihat dari atas untuk mendapatkan efek penuh dari ekor yang indah.

Variasi warnanya antara lain

Gintare Marcel