Ikan Koki Oranda dan Jenis-Jenisnya

Ikan koki Oranda adalah jenis ikan koki yang memiliki gelembung-seperti "jambul" di bagian kepala. Pertumbuhan kepala atau tudung atau jambul sementara di China orang menyebutnya dengan wen atau mahkota. Jambul ini tumbuh menonjol di bagian atas kepala dan membungkus seluruh kepala kecuali mata dan mulut. Sebagian menyebutnya dengan nama koki spencer.

Jenis Koki Oranda
Koki Oranda - Whiteface Oranda - Lawrencekhoo-CC By-SA 4.0

Ketika pertama kali diimpor dari China ke Jepang, ikan koi ini keliru dianggap asli Belanda, dan oleh karena itu dijuluki "Holland Lionmask", itulah dari mana asal nama koki "oranda" berasal.

Ikan koki oranda memiliki banyak varian warna atau jenis diantaranya yaitu Red Cap Oranda, Red Oranda, Red & White Oranda, Pearl Scale Oranda, Calico Oranda, Red & Black Oranda, Chocolate oranda, Blue Oranda dan Black Oranda.

Koki Red cap oranda

Memiliki warna merah di kepala seperti topi dengan warna tubuh silver/putih

koki red cap oranda
Koki Red Cap Oranda

Koki Oranda Azuma Nishiki

Koki oranda ini memiliki warna yang sangat menarik. Karena pertumbuhan jambul di bagian atas kepala dan sisi wajahnya, oranda telah menjadi salah satu ikan koki yang paling populer di kalangan penggemar ikan hias.

koki oranda azuma nishiki
Koki Oranda Azuma Nishiki

Koki Hanafusa Oranda / white pompom oranda

Koki ini memiliki ciri khas dengan adanya tonjolan seperti "pompom" cheerleader dibagian kepalanya tepatnya didepan kepala

koki oranda white pompom
Koki Pompom Oranda

Koki Panda oranda

cara termudah mengenalinya ialah dengan pola warna hitam putih pada tubuhnya

koki panda oranda
Koki Panda Oranda

Koki Chocolate Oranda

Ikan koki chocolate oranda ini memiliki berbagai jenis varian diantaranya ialah chocolate pompom oranda

koki oranda pompom
Koki Chocolate Pompom Oranda - Lawrencekhoo-CC By-SA 4.0

Koki Blue Oranda

Oranda dengan warna sisik biru telah dikembangkan namun ikan ini sangat langka. Ikan koki Oranda sangat sensitif terhadap suhu dingin, dibanding dengan koki lainnya.

koki blue oranda
Koki Blue Oranda

Ikan Koki Oranda ini memiliki tubuh yang besar, panjang dan disertai empat sirip ekor yang panjang. Sirip ini mengembang di saat koki oranda berhenti berenang. Bagian belakang tidak mengembang seperti pada ikan koki jenis ryukin.

Koki Oranda memiliki banyak varian warna, yang paling sering ditemukan adalah oranye, merah, merah dan putih, merah dan hitam, hitam, biru, coklat, perunggu, putih atau perak, hitam-putih (berwarna panda), merah-hitam-putih (tricolor), dan warna calico.

Untuk mencapai jambul yang besar ikan koki oranda memerlukan waktu sekitar 2 tahun. Panjang koki oranda ini bisa mencapai 20 sampai 31 sentimeter (8 sampai 12 inci). Terkadang jambul ikan koki oranda ini tumbuh hingga menutupi mata ikan. Karena itu, penglihatan koki oranda bisa menjadi terbatas atau bahkan buta. Perhatian khusus harus diberikan pada jambul karena rentan terhadap infeksi bakteri. Oranda dapat mentolerir suhu dari 17-28 ° C.

Artikel