Cupang Samurai Sejarah dan Jenisnya - Black Samurai, Red Samurai

Cupang Samurai merupakan salah satu jenis ikan cupang yang banyak diminati oleh para "cupang mania". Terutama jenis cupang Black Samurai, ikan yang dikenal di kawasan Melayu dengan ikan laga black samurai memiliki badan berwarna gelap dengan sisik dragon yang mengkilap jadi ciri ikan cupang ini.

Cupang Samurai memiliki banyak jenis diantaranya Cupang Black Samurai,Cupang Red Samurai,Cupang Blue Samurai,Cupang Orange Samurai.

Cupang Black Samurai ?

Namun benarkan bahwa cupang itu adalah cupang Samurai? Walaupun tidak ada aturan resmi bahwa Cupang Samurai itu harus seperti apa.Terkadang membuat kita bingung apa bedanya Cupang Black Samurai dengan misal saja Cupang Black Mamba. Karena keduanya nampak serupa. Beruntung sekali penulis menemukan sumber yang menjelaskan tentang sejarah asal mula penamaan ikan cupang Samurai ini. Semoga bisa memberi sedikit pencerahan bagi para cupang mania.

Sejarah Munculnya Cupang Samurai

Nama Cupang Samurai diperkenalkan oleh Pichet Plaisanguan orang Thailand yang juga membuat Cupang Dragon dikenal. Menurut beliau ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh Cupang Samurai secara spesifik, karena dibalik nama Samurai itu ada konsep dasar dibalik penamaan cupang samurai tersebut.

Ciri Ciri Cupang Samurai

Nama Samurai itu artinya seorang ksatria, dan seorang ksatria memiliki helm baja.

Jadi Cupang Samurai harus memiliki kepala dengan sisik metalik. Sedangkan bagian tubuh yang lain idealnya harus tanpa sisik metal sama sekali.

Untuk warna tubuh tidak terlalu menjadi masalah apakah itu hitam, merah, orange, ataupun kuning. Walaupun cupang Black Samurai yang berbadan hitam yang pertama menjadi acuan, dan juga yang paling dikenal.

Kesulitan Menghasilkan Cupang Samurai

Untuk menghasilkan Cupang Samurai yang "sempurna" sangatlah sulit dan jarang dihasilkan. Inilah kenapa walaupun tidak sesuai dengan kriteria cupang samurai, mereka tetap dijual dengan label cupang Samurai

Cupang Black Samurai yang nyaris "sempurna" @Interfish Thailand

Membedakan Cupang Samurai

Banyak peternak ikan menjual Cupang Dragon kualitas rendah sebagai Cupang Samurai. Jadi apa yang menjadikan patokan membedakan Cupang Dragon dan Samurai. Sebagai acuan bahwa semakin sedikit sisik dragon pada tubuh adalah semakin baik, sementara kepala cupang harus penuh dengan sisik metalik. Kekontrasan antara kepala dan badan adalah faktor yang menentukan.

Cupang Black Samurai

Mr. Wat von Tapong Betta (Sekarang Station Beta) adalah Farm yang pertama kali membudidayakan cupang Black Samurai

cupang black samurai
Cupang Black Samurai

Cupang Blue Samurai

Cupang Blue Samurai merupakan cupang jenis samurai yang memiliki badan berwarna biru.

cupang blue samurai
Cupang Black Samurai yang nyaris "sempurna" @Interfish Thailand

Cupang Red Samurai

Jenis Cupang Red Samurai tidak seterkenal "saudaranya" yaitu cupang black samurai. Mungkin dikarenakan bahwa kemunculan ikan red samurai ini lebih belakangan dibanding black samurai. Seperti juga pada jenis black samurai ikan yang berbadan merah dan memiliki sirip metalik dikepala saja juga sulit ditemukan.

cupang red samurai
Cupang Red Samurai Double Tail / Double Tail Red Samurai -walaupun masih terdapat sisik dragon diekor tapi mendekati kriteria cupang samurai

Cupang Orange Samurai

Cupang Orange samurai juga jarang ditemukan. Warna orange juga kurang memberikan kontras seperti warna hitam pada cupang black samurai.

Perbedaan Cupang Black Samurai dan Cupang Black Mamba

Apa sebenarnya yang menjadi perbedaan cupang black samurai dan black mamba dan ciri khas masing-masing ?

Cupang Black Samurai
Ikan cupang Black Samurai

Tidak ada. Ya hampir tidak ada perbedaan cupang black samurai dan cupang dan cupang black mamba. Karena cupang black mamba dan black samurai masih satu genetik, yaitu ikan cupang dragon tepatnya Cupang Black Dragon. Hanya masing-masing breeder memberi nama cupangnya masing-masing yaitu, samurai dan mamba. Dan memiliki genetik masing-masing.

Cupang yang memiliki pola samurai pada cupang mamba di beri nama cupang black samurai mamba

Ikan cupang Black Mamba dikembangkan salah satunya oleh Teng Betta Thailand yang mengembangkan ikan cupang black mamba ini selama 2 tahun dari gen cupang black dragon.

Ikan Cupang Black Mamba
Cupang black mamba - Teng Betta Thailand

Jenis Cupang Samurai Yang Lain

Walaupun awalnya nama cupang samurai itu mengacu pada "ksatria" yang identik dengan gagah dengan warna hitam atau biru, namum kini muncul ikan cupang samurai "kekinian yang memiliki helm metalik tapi warna tubuh yang "cantik". Diantaranya

  • Samurai Candy Galaxy
  • Samurai Koi Galaxy
    • Sumber - Samurai Betta Facebook Züri-Betta /@zueribetta

Artikel