Jenis Jenis Ikan Cupang : Cupang Alam Cupang Aduan dan Cupang Hias (spesies, bentuk ekor dan warna)

Ikan cupang atau ikan betta ini merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat terkenal. Mulai dari anak-anak hingga dewasa banyak menggemari ikan cupang. Secara umum ikan cupang dibagi kedalam 3 golongan yaitu ikan cupang alam, ikan cupang hias dan ikan cupang aduan


Ikan Cupang Alam

Cupang alam adalah cupang liar yang hidup habitat aslinya. Ada lebih dari 60 jenis spesies ikan cupang alam. Jenis ikan cupang yang paling dikenal ialah Betta Spendens yang lainnya diantaranya Betta Bellica, Betta Coccina, and Betta Picta.

Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)

Betta Splendens habitat aslinya berasal dari Thailand dan bisa hidup hingga 3 tahun. Ukuran jantan bisa mencapai sekitar 7-8 cm. Mereka dikenal akan berkelahi bahkan membunuh jantan lain. Tetapi umumnya mereka tidak terlalu agresif terhadap ikan jenis lain jika disatukan dalam satu akuarium. Ikan jenis splendens selain menjadi cupang hias juga sering dijadikan cupang aduan.

Ikan cupang alam Betta splendens
Cupang spesies (betta splendens) tangkapan dari alam

Betta Bellica (Standard's Betta)

Betta Bellica aslinya berasal dari Malaysia dan dikenal dengan nama ikan betah. Dibanding betta splendens, ikan ini memiliki sirip lebih pendek dengan sirip ekor berbentuk hati. Di alam liar ketika makan ikan cupang ini kadang melompat dari air untuk menangkap mangsanya. Jantan memiliki ukuran badan lebih besar dan lebih berwarna dibandingkan  betinanya. Ukuran standar ikan cupang betta adalah sekitar 8-9 cm

Ikan cupang alam Betta belic

Betta Coccina (Clorat's Betta)

Betta Coccina berasal dari Sumatra (Riau dan Jambi ) dan Johor Malaysia merupakan salah satu ikan cupang jenis terkecil. Umumnya memiliki warna merah atau coklat dan kadang memiliki titik dipunggungnya. Keunikan dari ikan cupang jenis Betta Coccina adalah matanya yang biru cerah. Jantan dan betina memiliki ukuran hampir sama.

jenis ikan cupang
Betta Cocchina Jantan © William Ruyle

Betta channoides (Snakehead betta)

Betta channoides adalah sejenis ikan cupang dalam grup Albimarginata; dalam perdagangan dikenal sebagai Snakehead Betta. Ikan ini merupakan salah satu cupang alam populer karena warnanya yang menarik dan keberadaannya mudah didapat. Semaraknya cupang alam dalam percaturan cupang dunia saat ini tidak urung mengangkat nama Betta channoides yang habitat aslinya di Sungai Mahakam dekat Pampang Kalimantan Timur. Popularitasnya tidak kalah dengan Betta macrostoma andalan negara Brunei Darussalam.

jenis ikan cupang
Betta Channoides

Nama belakang channoides berarti menyerupai ikan channa, yakni marga ikan gabus (Ingg.: snakehead fish), dimana bentuk kepalanya menyerupai kepala ular. Oleh sebab itu sebagian orang menyebut ikan ini sebagai Snakehead Betta.

Betta Macrostoma (Spotfin Betta)

Ikan cupang yang bernama latin betta macrostoma hanya ada di pulau kalimantan tepatnya di negara Brunei. Tampilan ikan cupang ini mirip dengan betta channoide (Snakehead betta).

Spotfin betta

Sesuai dengan namanya yaitu Spotfin Betta, ciri khas ikan cupang spotfin betta adalah memiliki titik hitam pada sirip atas alias fin. Bisa tumbuh hingga 6-7cm.

Betta imbellis (Slugger's Betta)

Betta imbellis adalah sejenis cupang yang terdapat Medan Indonesia dan Malaysia, memiliki bentuk tubuh silinder dan memiliki warna tubuh hijau tua atau biru cemelang ,kepalanya berbentuk bulat panjang dan berwarna hitam legam. Sirip ingsang berwarna hitam transparan. Namun kerap di jumpai sirip insang berwarna merah adapun sirip anal pendek dan berwarna merah dengan ujung berwarna putih,sirip ekor dan perut berwarna merah dan tepi sirip berwarna hijau atau biru.sementara sirip punggung berwarna hijau atau biru dihiasi dengan bercak warna hitam.

jenis ikan cupang
Betta imbelis

Cupang ini merupakan jenis ikan cupang asli dari perairan Indonesia. Merupakan cupang yang sering dijadikan cupang aduan.

Betta Mahachaiensis (Mahachai Betta)

Betta Mahachaiensis berasal dari thailand. Jenis Cupang ini membangun sarangnya dengan busa (bublle nest). Betta mahachaiensis berwarna hijau metalik. Jenis ikan cupang ini sering termasuk ikan cupang yang sering diadu.

jenis ikan cupang
Beta Mahachaiensis

Betta Patoti (Tiger Betta)

Betta Patoti ini berasal dari Kalimantan yaitu di sungai Mangar, sepanjang Kutai Kartanegara hingga ke utara. Ukuran maksimalnya sekitar 10cm

jenis ikan cupang
Betta Patoti

Betta Picta (Painted Betta)

Betta Picta berasal dari pulau Jawa. Jenis cupang ini mudah untuk diternakan. Sayangnya jenis cupang ini warnanya tidak semenarik saudara-saudaranya sehingga kurang diminati dipasaran. Betina jenis cupang (betta picta) kadang suka berkelahi dengan jantannya sehingga sebaiknya dipisahkan apabila terjadi.

jenis ikan cupang
Betta picta

Betta Smaragdina (Emerald Betta)

Betta Smaragdina berasal dari negara kamboja. Tubuh betta smaragdina berbentuk pipih dan berwarna hijau kehitaman dengan kepala pendek berwarna kehitaman.Sirip insang berwarna hitam transparan. Adapun sirip analnya berukuran sedang dan berwarna hitam dengan bagian ujung berwarna putih kehijauan, sirip perut dan sirip ekor berwarna hijau tua dengan totol-totol hitam. Sementara sirip punggung berwarna hijau muda dihiasi bercak hitam. Ukuran panjang saat dewasa yaitu 6cm.

cupang betta smaragdina
Betta smaragdina

Di arena pertarungan jenis ini terkenal dengan gaya tahan tinggi alias tahan pukul dan bermental kuat.


Ikan Cupang Hias

Ikan cupang atau betta awalnya lebih dikenal sebagai aduan tetapi karena semakin banyak juga jenis cupang memiliki warna dan sirip yang menarik, banyak orang menjadikannya sebagai ikan hias. Ikan cupang juga dikenal cukup "tahan banting" dan tidak memerlukan banyak perawatan.

Banyak sekali jenis ikan cupang hias yang ada dipasaran, karena ikan cupang dikawinsilangkan. Bermunculanlah varian baru jenis ikan cupang hias baik itu warna maupun bentuk ekor dan sirip.

jenis ikan cupang
Ikan Cupang Hias

Ikan cupang hias yang ada kebanyakan berasal dari spesies betta splenden. Melalui perkawinan selektif maka dihasilkan berbagai variasi dari ikan cupang

Cupang Veil Tail / Slayer

jenis ikan cupang

Cupang Veil Tail (VT) /Slayer merupakan salah satu jenis cupang hias paling banyak dipasaran dengan harga yang relatif murah. Bentuk ekor ini merupakan bentuk alami cupang liar kemudian "dipanjangkan" melalui perkawinan selektif. Meskipun menarik , umumnya jenis cupang dengan Veil Tail sudah kurang diminati terutama untuk kualitas kontes. Cupang Veil Tail memiliki ekor tidak simetris dan cenderung layu atau menguncup ke bawah.

Cupang Spade Tail

Ikan Cupang Spade Tail sudah jarang ditemui lagi sekarang walaupun dahulu banyak ditemui dipasaran. Bentuk ekornya cukup sederhana, melebar kemudian mengecil hingga titik tertentu

cupang spade tail
Ikan cupang spade tail

Cupang Halfmoon (HM)

Ikan cupang halfmoon memiliki sirip atas dan ekor panjang menyatu dengan tepi tajam dan lurus . Ketika sirip cupang halfmoon ini mengembang , sirip ekor tampak seperti setengah bulan , membentuk bentuk huruf " D " dengan sudut 180 derajat . Betina cupang ini juga memiliki sirip panjang , tapi tidak sepanjang jantan.

jenis ikan cupang
Cupang Halfmoon Red

Cupang Over Halfmoon (OHM)

Over halfmoon sama dengan halfmoon hanya pada Over halfmoon sirip ekornya melebihi 180 derajat atau lebih dari setengah lingkaran

Cupang Overhalfmoon Red
Cupang OHM Red

Cupang Plakat (PK)

Ikan cupang Plakat memiliki kesamaan dengan Betta Splendens hasil tangkapan di alam dan memiliki ekor dan sirip pendek. Nama Plakat berasal dari kata Thai "plakad" yang berarti ikan petarung.

Cupang Plakat Bluerim
Cupang Plakat Bluerim

Cupang plakat umumnya lebih aktif daripada versi bersirip panjang , karena tidak tergganggu dengan sirip yang berlebihan . Ikan cupang jenis plakat memiliki daya tahan yang lebih baik mereka terhadap penyakit, membuat mereka menjadi favorit di kalangan penggemar ikan cupang.

Cupang Halfmoon Plakat (HMPK)

Cupang Halfmoon Plakat merupakan ikan cupang dengan jenis plakat(cupang ekor dan sirip pendek) memiliki sirip ekor seperti pada ikan cupang halfmoon yaitu ekor melebar hingga 180 derajat berbentuk huruf D.

cupang bluerim
Cupang HMPK bluerim

Cupang Over Halfmoon Plakat (OHMPK)

Cupang Over Halfmoon Plakat merupakan cupang dengan jenis plakat (cupang ekor dan sirip pendek) memiliki sirip ekor seperti pada ikan cupang halfmoon yaitu ekor melebar dengan sudut lebih besar dari 180 derajat.

Ikan cupang blue rim OHMPK
cupang OHMPK Bluerim

Cupang Delta Tail / Cupang Super Delta Tail

Mirip dengan cupang half moon tetapi kedua ujung ekor kurang dari 180 derajat. Jika pada cupang Delta tail bukaan ekornya kurang dari 170 derajat sedangkan yang memiliki sudut 170 - 175 biasanya disebut superdelta tail.

Cupang Double Tail (DT)

Ikan cupang double tail memiliki ekor seperti ikan cupang halfmoon hanya saja memiliki belahan ditengahnya.

cupang doubletail
Jenis cupang double tail

Cupang Double Tail Plakat (DTPK)

Cupang Double Plakat DTPK merupakan cupang dengan ekor jenis double tail yaitu memiliki belahan ditengah akan tetapi sirip ekor dan sirip atas tidak sepanjang cupang double tail biasa.

white platimum double tail
Ikan cupang Plakat Double Tail White Platinum

Cupang Crowntail / Serit (CT)

Cupang Crowntail (CT) / serit adalah salah satu jenis cupang paling populer. Cupang crown tail atau sering disebut serit mulai diperkenalkan tahun 1997 di Slipi Jakarta. pertama kali dikembangbiakkan oleh Ahmad Yusuf.

jenis ikan cupang
Ikan cupang ekor Serit (produto.mercadolivre.com.br)

Dinamakan Cupang Crowntail (ekor mahkota) karena ujung siripnya nampak seperti kerajaan. Sementara kata serit sendiri dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) adalah sisir rambut yang halus dan kerap giginya untuk mencari kutu.

Ikan cupang crowntail juga disebut "cupang serit ganda" sementara Cupang Combtail disebut cupang serit tunggal". Penamaannya mengacu kepada ujung sirip ekor. Pada cupang Crowntail tiap ujung ruas tulang sirip mencabang dua sementara cupang combtail hanya tunggal

Cupang Crowntail Plakat (CTPK)

Cupang Crown Tail Plakat (CTPK) merupakan cupang dengan jenis plakat (cupang ekor pendek) akan memiliki sirip ekor seperti pada ikan cupang Crowntail atau sering disebut serit hanya saja siripnya tidak sepanjang ikan cupang serit.

cupang ctpk
Cupang Crowntail Plakat -

Combtail and Half Sun Betta

Cupang combtail (ekor sisir) atau cupang serit tunggal mirip dengan cupang crowntail / serit hanya saja pada combtail tiap ujung ruas sisir diujungnya tidak bercabang alias tunggal mirip dengan ruas sisir.

Half Sun merupakan perpaduan antara cupang halfmoon dengan crowntail / serit yaitu ekornya berbentuk huruf D (180 derajat) dengan serit di ujungnya

jenis ikan cupang
Cupang halfsun

Cupang Round Tail

Cupang Round Tail memiliki sirip ekor bulat tanpa ada sudut runcing pada ujungnya

jenis ikan cupang round tail
Cupang round tail

Cupang Rosetail

Ikan cupang dengan bentuk ekor rosetail sesuai dengan namanya yaitu menyerupai bunga mawar.

jenis ikan cupang
Ikan cupang rosetail

Cupang Feather Tail

Cupang dengan ekor Feather Tail mirip dengan cupang rosetail hanya saja lebih "mecah" bentuk ekornya seperti campuran antara rosetail dan crowntail / serit.

cupang feathertile

Dumbo / Elephant Ear /Big Ears

Ikan cupang Dumbo atau ikan cupang elephant ear(telinga gajah memiliki ciri sirip dayung yang lebar mirip telinga gajah.Jenis cupang dumbo ini diantaranya:

cupang dumbo ear
Cupang dumbo

Baca juga : Memahami jenis ikan cupang berdasarkan namanya


Pattern Warna Ikan Hias Cupang

Jenis Pattern Warna Ikan Cupang yaitu

Solid - Cupang 1 Warna

Ikan cupang dengan satu warna tebal dari mulai kepala hingga ekor alias satu warna saja. Diantaranya ialah black(hitam), red(merah), yellow(kuning), orange, dan cellophane(transparan/warna tubuh)

Cupang Super Red

Cupang Super Red adalah ikan cupang dengan warna merah solid

Ikan cupang super red
Ikan cupang super red

Cupang Yellow

Cupang Yellow ialah cupang satu warna yaitu kuning. Warna kuning merupakan lapisan warna terbawah dari ikan cupang, ikan cupang memiiki 4 atau 5 lapisan warna

cupang yellow
Ikan cupang yellow

Cupang Cellophane

Cupang Cello atau Cellophane memiliki warna daging atau dengan kata lain cupang Cello ini tidak memiliki warna dengan sirip transparan.

Lebih lengkap disini :Ikan Cupang Cello


Bi Couloured - Cupang 2 Warna

Disebut dengan Bi - Coloured badan dan sirip masing- masing memiliki warna yang berbeda. Di antaranya adalah cupang mustard gas

Cupang Mustard Gas

Cupang Mustard Gas yaitu jenis cupang Bicolor dengan warna badan hijau atau biru, sementara siripnya berwarna kuning atau oranye.

Ikan cupang mustard gas
Ikan cupang Mustard Gas

Cambodian

Cupang Cambodian adalah cupang bicolor dengan tubuh pucat /warna daging , hampir tidak berwarna , sementara siripnya memiliki warna solid/tebal (biasanya merah atau hijau).

Ikan cupang cambodian
Ikan cupang cambodian

Butterfly

Cupang dengan pattern/pola butterfly memiliki warna solid di seluruh tubuh dan terus menyambung hingga sebagian pangkal ekor/sirip. Bisa terdiri dari dua atau tiga warna.

Termasuk ke dalam cupang butterfly diantaranya Cupang Blue Rim, Cupang Red Rim , Cupang Salamander, Cupang Blue Butterfly

Cupang Blue Rim

Cupang Blue Rim memiliki warna putih ditubuh sampai sebagian/setengah ekor dan sirip sementara sebagian/setengah sirip dan ekor lainnya berwarna biru.

cupang bluerim
Cupang Bluerim

Cupang bluerim yang baik tidak memiliki bocor warna atau bercak ditubuhnya. Badan cupang harus betul-betul putih mulus. Sulitnya dikarenakan ikan cupang ini memiliki gen marble/transposon/gen melompat yang mempunyai kecenderungan berubah warna ketika ikan belum dewasa.

Cupang Blue Butterfly

Cupang Blue Butterfly

Grizzle - Cupang Warna Efek Lukisan Kuas

Ikan cupang dengan pola Grizzle memiliki bercak tidak teratur atau acak dengan warna tubuh dengan warna pastel atau tubuh opaque/transparan. Dan memiliki warna warni di atas pastel atau tubuh berwarna buram. Tidak seperti pada jenis cupang marble pada jenia grizzle warnanya relatif stabil.

cupang grizzle
Ikan cupang dengan pola warna/pattern grizzle sekilas nampak memiliki efek goresan kuas

Tubuh dan semua sirip harus menunjukkan efek goresan kuas atau kuas cat warna pada semua sirip yang tidak berpasangan. Seharusnya ada dua warna berbeda dari warna iridescent/sirip. Harus ada pemerataan pewarnaan gelap dan terang sehingga ada rasio 50/50.


Piebald - Cupang Kepala Putih

Cupang Piebald memiliki wajah/kepala berwarna pucat atau putih, apapun warna tubuhnya.Warna bagian tubuh selain muka biasanya memiliki warna solid.

Ikan yang termasuk ke dalam pola warna piebald diantaranya

  • Cupang Monster
  • Cupang Apache
jenis ikan cupang

Pastel

Ikan cupang dengan pola warna pastel yaitu warna terang berbayang hanya terlihat pada sirip, tubuh tetap warna daging.


Marble - Cupang Warna Marmer

Pola marble / marmer memiliki warna warni tidak teratur atau acak diseluruh tubuh dan sirip.

Ikan cupang Marble ini memiliki transposon atau gen melompat (jumping gene). Karena itulah maka pada ikan cupang marble warna bisa saja berubah, terutama ketika ikan masih muda, hal ini diakibatkan perpindahan gen bisa mempengaruhi pada pigmen warna.

Untuk lebih jelas tentang ikan cupang marble bisa berubah warna bisa dilihat salah satu contohnya digambar dibawah. Terjadi proses 'mutasi' ikan cupang jenis blue marble

Proses mutasi ikan cupang blue marble
Proses mutasi ikan cupang blue marble

Jenis ikan Cupang marble antara lain cupang koi, cupang yellow koi, cupang red koi, cupang nemo, cupang candy, cupang blue marble, cupang dalmation, dan banyak lagi.

Cupang Koi

Ikan dengan dengan warna dasar warna daging/cellophane dengan warna hitam, merah acak diatasnya, mirip seperti ikan koi.

Ikan cupang koi
Ikan cupang koi

Cupang Yellow Koi

Ikan Yellow Koi yaitu ikan cupang berwarna dasar kuning /yellow base dengan bercak merah atau hitam acak.

Ikan cupang yellow koi
Ikan cupang yellow koi

Baca juga : Jenis Ikan Cupang Koi

Cupang Nemo

Ikan cupang Nemo yaitu ikan cupang yang memiliki warna dasar merah atau kuning, merah atau oranye atau kombinasi diantara ketiganya.

ikan cupang nemo
Cupang nemo

Jenis cupang nemo lainnya dapat dilihat disini Ikan Cupang Nemo dan Jenis Jenisnya

Cupang Candy

Ikan cupang candy /nemo candy merupakan pengembangan dari ikan cupang nemo. memiliki warna dasar merah atau kuning, merah atau oranye atau kombinasi diantara ketiganya ditambah warna lain yang tidak ada pada cupang nemo seperti ungu, biru, hitam, pink. Cupang candy idealnya harus setidaknya memiliki 5 warna.

Cupang Candy /Nemo Candy

Cupang Blue Marble

Yang termasuk Cupang Blue Marble diantaranya ialah Cupang Blue Panda

Cupang Dalmation

Ikan cupang dengan bintik hitam atau biru yang ada dikelompok ini adalah cupang blue dalmation, cupang dalmation, cupang marble dot

Cupang Cooper Marble

Ikan cupang marble copper

Cupang Fancy Lines - Cupang Dengan Warna Fancy (Merah, Oranye, Kuning)

Fancy Colors adalah biasanya disematkan pada warna berlian, warna yang umum disebut fancy adalah merah, kuning, orange, ungu, dan coklat. Warna ungu sangat sulit ditemukan pada ikan cupang hias.

Ikan Cupang Fancy menurut UBF-(Universal Betta Federation - Assosiasi Lomba Ikan Cupang Hias) adalah memiliki ciri sebagai berikut

  1. Memiliki warna dasar solid berwarna merah, oranye dan kuning
  2. Memiliki 2 warna iridescent/metalik di atas warna dasar
  3. 2 warna irisdescent/metalik harus menampilkan efek marble atau grizzle

Fancy line di kembangkan dari MG alias cupang dengan warna Mustard Gas

Termasuk ke dalam kelompok ini diantaranya ialah Cupang Yellow Fancy, Cupang Red Fancy, Copper Fancy/Fancy Cooper(FCCP), Red Hellboy/Hellboy, Yellow HellBoy, Orange Hellboy dll.

Cupang Yellow Fancy

Cupang Yellow Fancy adalah cupang yang memiliki warna dasar kuning dengan 2 warna iridescent diatas warna dasar. Warna iridescent ini warna lapisan warna cupang paling atas atau sisik mengkilap ialah warna biru, turqouise (toska) , hijau, copper (tembaga).

Ikan Cupang Yellow Fancy
Ikan Cupang Red Fancy

Cupang Yellow Fancy adalah cupang yang memiliki warna dasar merah dengan 2 warna iridescent diatas warna dasar.

Cupang red fancy
Ikan Cupang Red Fancy

Cupang Hellboy

Cupang Red hellboy memiliki ciri warna tubuh merah pekat dengan 1 warna iridescent color atau sisik iridencent / mengkilap.

Cupang Hellboy
Cupang Hellboy dengan warna merah

Multicolour Marble - Cupang Marble 3 Warna Atau Lebih

Ikan cupang multicolour marble memiliki tiga warna atau lebih. Kebanyakan cupang marble masuk ke dalam kategori multicolor.

Sebenarnya hampir semua ikan hias cupang marble masuk Multicolor Marble selama ikan cupang memiliki 3 warna atau lebih - cupang koi, cupang nemo, cupang candy dan banyak lagi. Tetapi secara umum biasanya nama cupang Multicolor ini dipakai untuk cupang yang patern atau pola warnanya tidak masuk ke salah satu pola yang sudah ada

Cupang Marble ini memang paling ruwet kebanyakan variasi warnanya, jadi solusi paling gampangnya kalau ikan warna-warni lebih dari 3 warna, pola warnanya tidak beraturan bikin bingung - tinggal bilang cupang multicolor marble atau Cupang multicolor, beres urusan.


Cupang Fancy Lines - Cupang Dengan Warna Fancy (Merah, Oranye, Kuning)

Fancy Colors adalah biasanya disematkan pada warna berlian, warna yang umum disebut fancy adalah merah, kuning, orange, ungu, dan coklat. Warna ungu sangat sulit ditemukan pada ikan cupang hias.

Cupang Fancy menurut UBF-(Universal Betta Federation - Assosiasi Lomba Ikan Cupang Hias) adalah memiliki ciri sebagai berikut

  1. Memiliki warna dasar solid berwarna merah, oranye dan kuning
  2. Memiliki 2 warna iridescent/metalik di atas warna dasar
  3. 2 warna irisdescent/metalik harus menampilkan efek marble atau grizzle

Fancy line di kembangkan dari MG alias cupang dengan warna Mustard Gas

Termasuk ke dalam kelompok ini diantaranya ialah Cupang Yellow Fancy, Cupang Red Fancy, Copper Fancy/Fancy Cooper(FCCP), Red Hellboy/Hellboy, Yellow HellBoy, Orange Hellboy dll.

Cupang Yellow Fancy

Cupang Yellow Fancy adalah cupang yang memiliki warna dasar kuning dengan 2 warna iridescent diatas warna dasar. Warna iridescent ini warna lapisan warna cupang paling atas atau sisik mengkilap ialah warna biru, turqouise (toska) , hijau, copper (tembaga).

Ikan Cupang Yellow Fancy
Ikan Cupang Red Fancy

Cupang Yellow Fancy adalah cupang yang memiliki warna dasar merah dengan 2 warna iridescent diatas warna dasar.

Cupang red fancy
Ikan Cupang Red Fancy

Cupang Hellboy

Cupang hellboy memiliki ciri warna tubuh merah pekat dengan 1 warna iridescent color atau sisik iridencent / mengkilap.

Cupang Hellboy
Cupang Hellboy dengan warna merah

Top Layer Pattern - Cupang Dengan Variasi Pola Warna Layer Atas

Ikan Cupang memiliki 5 layer atau 5 lapis warna ditubuhnya. Masing masing lapisan bertanggung jawab terhadap warna tertentu.

  • Pada layer teratas diantaranya adalah warna metalik (copper, dragon)
  • Layer warna kedua adalah biru metalik (turquise, steel blue, royal blue)
  • Lapisan warna berikutnya adalah layer bertanggung jawab atas warna hitam.
  • Selanjutnya ialah layer warna merah
  • Terakhir adalah layer warna kuning

Patern Top Layer ini merupakan kombinasi antara lapisan warna teratas ikan cupang hias. Yang termasuk ke dalam kelompok ini diantaranya ialah cupang black samurai, cupang black blue, cupang avatar / black star galaxy, cupang mamba.

Cupang Samurai

cupang blue samurai
Ikan cupang Blue Samurai

Ikan cupang samurai memiliki tubuh berwarna hitam /black based dengan sisik dragon mutiara di kepala. sisik dragon.

Termasuk ke dalam kelompok ini yaitu

  • Cupang Black Samurai
  • Cupang Blue Samurai
  • Cupang Red Samurai
  • Cupang Orange Samurai
Cupang Black Samurai
Ikan cupang Black Samurai

Info lebih jelas tentang sejarah dan jenis cupang samurai dapat dilihat di sini Cupang Black Samurai.

Blue Black/ Blue Black Light(BBL)

Cupang black light
Ikan Cupang black light

Ikan Cupang Black Light adalah ikan cupang berbadan hitam dengan warna ekor biru terang/biru lampu. .Cupang dengan pola warna blue black memiliki warna hitam ditubuhnya atau warna hitam biru disisiknya sementara sirip dan ekor berwarna biru. Ikan Cupang BBL(Blue Black Light) adalah jenis cupang blue black yang memiliki badan berwarna hitam pekat atau hitam dengan warna sisik biru diatas tubuh hitam dengan ekor dan sirip berwarna biru "terang".

Avatar

Memiliki perpaduan jenis pola warna ikan cupang black base dengan sisik galaxy yaitu sisik "berkilau" biasanya berwarna biru. Sebagian menyebutnya dengan Cupang Black Star Galaxy. Jenisnya dapat dilihat disini Ikan Cupang avatar

cupang_avatar
Cupang Avatar

Baca Juga: Cupang Black Series


Metalik - Cupang Warna Metalik

Yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain ikan cupang copper, dragon, steel blue, royal blue, Cupang Turqouise dan lainnya.

IKan Cupang Warna Metalik 1 Warna

Cupang Turqouise

Cupang Turqouise atau tosca adalah ikan cupang dengan warna tosca yaitu warna biru kehijauan

Cupang Steel Blue

Cupang Steel Blue merupakan ikan cupang dengan warna biru keabu-abuan.

jenis ikan cupang
Cupang Steel Blue

Cupang Copper

Cupang Copper termasuk ke dalam cupang dengan warna metalik. Warna metalik yang pertama kali dikembangkan adalah copper atau tembaga. Warnanya abu-abu mengkilap dengan semburat merah, menimbulkan kesan seperti warna tembaga.

Ada banyak corak warna tembaga pada cupang jenis warna tembaga mulai dari warna perak sampai dengan gelap kehitaman. Warnanya antara lain

Ikan cupang orange copper
Ikan cupang oranye cooper - (CC NC-BY-SA 2.0)
  • Cupang Black Copper
  • Cupang Orange Copper
  • Cupang Yellow Copper
  • Cupang Gold Copper

Cupang Dragon

Ikan Cupang Black Dragon

Cupang pattern/pola dragon memiliki sisik terlihat tebal dan menonjol disekujur. Warna sisik dan sirip menentukan penamaan jenis cupang, yaitu diantaranya:

  • Cupang Black Dragon - Ikan cupang berwarna badan hitam tertutup sisik dragon diatasnya. Sirip berwarna hitam.
  • Cupang Red Dragon - Ikan cupang berwarna badan merah dengan tertutup sisik dragon diatasnya. Sirip berwarna merah.
  • Cupang Orange Dragon - Ikan cupang berwarna badan oranye tertutup sisik dragon diatasnya. Sirip berwarna oranye.
  • Cupang Yellow Dragon - Ikan cupang berwarna badan kuning tertutup sisik dragon diatasnya. Sirip berwarna kuning.
  • Cupang Green Dragon - Ikan cupang berwarna badan hijau tertutup sisik dragon diatasnya. Sirip berwarna hijau.
  • Cupang White Dragon - Ikan cupang berwarna badan putih tertutup sisik dragon diatasnya. Sirip berwarna putih

WildType

Cupang Wildtype adalah ikan cupang dengan warna seperti cupang alam

Cupang Alien

Cupang alien yang saat ini populer di pasaran diperkirakan merupakan hasil kawin silang jenis cupang ini yakni betta smaragdina dengan betta splendens.

cupang spade tail
Ikan cupang Alien

Baca juga Ikan Cupang Alien


Jenis warna cupang yang lain diantaranya. Adapun warna pada ikan cupang diantaranya yaitu

  • Purple
  • Chocolate
  • Albino

Black /Hitam

Termasuk dalam variasi warna black/hitam ikan cupang diantaranya adalah: Black Melano ,Black Lace,Black Orchid, Black Devil, Black Ice, Copper based black, Black Galaxy ,Super Black

  • Cupang Black Melano - yaitu ikan cupang memiliki warna hitam yang paling gelap diseluruh badan
  • Cupang Black Orchid - ikan cupang memiliki warna hitam dan iridescent/mengkilat. Banyak diantaranya memiliki pola butterfly pada sirip ekor
  • Cupang Black Lace - Mengacu kepada jenis black orchid yang memiliki warna memudar diujung siripnya.
ikan cupang black melano gold
Cupang black melano gold

Pinneaple

Warna Pinneaple atau nanas adalah cupang yang memiliki warna sisik kuning namun memiliki pinggiran / ujung sisiknya berwana hitam. Mirip buah nanas

Ikan cupang dengan warna pinneaple

Cupang Aduan

Ada beberapa jenis spesies cupang alam yang biasa dijadikan cupang aduandiantaranya ialah

Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)

Betta Splendens habitat aslinya berasal dari Thailand dan bisa hidup hingga 3 tahun. Ukuran jantan bisa mencapai sekitar 7-8 cm. Mereka dikenal akan berkelahi bahkan membunuh jantan lain. Nama lain dari ikan ini dikalangan cupang aduan adalah cupang adu Bangkok

Ikan cupang alam Betta splendens
Cupang betta splendens

Betta imbellis (Slugger's Betta)

Betta imbellis adalah sejenis cupang yang terdapat Medan Indonesia dan Malaysia. Ikan ini sesuai namanya Slaughter atau ikan pembantai memang sangat agresif terhadap lawan. Sehingga sering dijadikan cupang aduan. Sering disebut cupang adu Singapura sedangkan untuk Betta imbellis var. malayan disebut Cupang Adu Malaysia.

jenis ikan cupang
Betta imbelis

Betta Mahachaiensis (Mahachai Betta)

Betta Mahachaiensis berasal dari thailand. Betta mahachaiensis berwarna hijau metalik. Jenis ikan cupang ini sering termasuk ikan cupang yang sering diadu.

jenis ikan cupang
Beta Mahachaiensis

Betta Smaragdina (Emerald Betta)

Betta Smaragdina berasal dari negara kamboja. Di arena pertarungan jenis ini terkenal dengan gaya tahan tinggi alias tahan pukul dan bermental kuat. Dikena juga dengan nama cupang adu singapura belgi

cupang betta smaragdina
Betta smaragdina

Selain ikan cupang alam ikan cupang aduan juga memiliki jenis ikan cupang hasil perkawinan selektif untuk menghasilkan ikan aduan super diantaranya adalah:

Cupang Bagan

Cupang Bagan merupakan legenda ikan cupang aduan di Indonesia, dikenal sebagai ikan yang tangguh

Cupang MDS (Medan Super)

Cupang MDS ini merupakan cupang aduan asal Medan

Cupang Port Thailand

Cupang Port merupakan serian ikan cupang adu asal Thailand

Cupang Ipoh

Cupang Ipoh berasal dari Malaysia


Baca juga : Memahami jenis ikan cupang berdasarkan namanya

Harga Ikan Cupang

Harga ikan cupang biasanya dipengaruhi beberapa faktor diantaranya keindahan warna, keunikan, kepopuleran, kesulitan untuk menghasikan jenis ikan cupang itu dan beberapa faktor lainnya

Pada periode akhir tahun 2020 ini yang paling populer dan mahal adalah ikan cupang jenis avatar/black star galaxy. Selanjutnya ialah cupang jenis blue rim. Yang lainnya yang adalah cupang fancy (Fancy Copper) ,nemo, candy dan koi galaxy

Harga ikan cupang blue rim biasanya di kisaran ratusan ribu hingga 1-2 jutaan tergantung umur, ukuran dan kualitas. Dan perlu diingat karena blue rim ini termasuk cupang marble/transposon/gen melompat yang cenderung mengalami perubahan warna/perpindahan transposon atau sebagian menyebutnya mutasi,proses ini biasanya berlangsung sampai ikan berumur dewasa.

Semakin mulus ikan cupang blue rim (tidak ada bocor warna biru) semakin mahal harganya. Apalagi bila warnanya kontras antara biru tua dan putih

Harga ikan cupang avatar ini seperti juga blue rim akan mengalami mutasi, karena moyang dari cupang avatar adalah cupang jenis koi. Harganya sendiri untuk yang berkualitas baik mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Harga ikan cupang nemo/nemo candy biasanya dengan kualitas baik biasanya dikisaran ratusan ribu rupiah. Sementara untuk ukuran kecil yang masih sangat rentan bermutasi/ perpindahan tranposon/warna/marble ada dikisaran puluhan ribu rupiah.

Hati hati bila membeli online jangan mudah tergiur harga yang murah, usahakan mencari seller yang terpercaya. Karena pada beberapa kasus seller yang mengecewakan misal saja pesan ikan cupang blue rim jantan dikirim yang betina. Atau ikan yang dikirim tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi.

    Referensi
  • http://www.seriouslyfish.com/ species/betta-splendens/,
  • http://www.seriouslyfish.com/ species/betta-bellica/,
  • http://www.seriouslyfish.com/ species/betta-coccina/,
  • https://id.wikipedia.org/wiki/ Betta_imbelis,
  • http://www.theaquariumwiki.com/ Betta_splendens_-_variations
  • https://www.nicebettathailand.com/forums/topic/the-different-types-of-black-betta-fish/
  • https://www.nicebettathailand.com/forums/topic/the-first-betta-fish-candy-or-nemo-siam/
  • https://www.nicebettathailand.com/forums/topic/class-color-betta-fish-guide-fancy-hmpk/
  • http://apoengmedan.blogspot.com/2013/09/ikan-cupang-aduan-legendaris.html

Artikel