Ikan Cupang Nemo dan Jenis Jenisnya

Cupang nemo adalah jenis ikan cupang marble yang memiliki warna dasar merah atau kuning, merah atau oranye atau kombinasi diantara ketiganya. Cupang jenis ini dikenal memiliki warna-warna yang sangat cantik.

cupang nemo
Cupang nemo

Cupang Nemo mulai diperkenalkan pada tahun 2016 oleh Rattapon Patumtong seorang breeder cupang terkenal di Thailand bernama Aquastar71.Ikan cupang Nemo memiliki beberapa varian dari hasil perkawinan selektif oleh para pembudidaya ikan cupang. Diantaranya Cupang Nemo Candy, Cupang Nemo Galaxy, dll

Nama ikan cupang Nemo ini diperkirakan dari nama salah satu judul film yang sempat populer yang berkisah tentang petualangan menarik seekor anak ikan badut/clownfish bernama Nemo.

    Jenis-jenis ikan cupang nemo diantaranya
  • Cupang Nemo Galaxy /Nemo Emerald
  • Cupang Nemo Candy
  • Cupang Nemo Tiger
  • Ikan cupang nemo sendiri termasuk kedalam ikan cupang marble. Cupang jenis ini memiliki gen marble yang mempunyai kecenderungan berpindah. Perpindahan ini akan menyebabkan perubahan warna pada ikan cupang Nemo. Namun ketika ikan cupang ini sudah dewasa kemungkinan perubahan warnanya menjadi semakin kecil.

    Ikan cupang berpola warna nemo yaitu ikan cupang yang memiliki warna dasar merah atau kuning, merah atau oranye atau kombinasi diantara ketiganya. Cupang nemo memiliki marble diwarna dasar (marble based). Jadi perubahan warna ikan biasanya terjadi diwarna dasar.

    Adapun beberapa jenis nemo yang ada dipasaran berdasarkan pola warna atau color pattern pada ikan cupang Nemo :

    Nemo Candy /Candy

    Nemo Candy ini adalah ikan cupang nemo, hanya pada ikan cupang candy lebih kaya warna dan memiliki warna lain seperti ungu, biru dan pink pada layer/lapisan atasnya. Cupang Nemo candy atau sebagian menyebutnya cupang candy idealnya harus setidaknya memiliki 5 warna.

    cupang candy
    Cupang Nemo Candy

    Nemo Tiger / Tiger Nemo

    Nemo tiger sebetulnya adalah cupang Nemo yang memiliki pola seperti garis yang nampak seperti belang pada tubuhnya. Nama ini tidak lain adalah strategi pemasaran agar ikan cupang Nemo terdengar lebih menarik.

    Cupang Nemo Tiger

    Nemo Galaxy /Nemo Emerald

    Ikan Cupang Nemo Galaxy adalah jenis cupang Nemo yang memiliki sisik-sisik kecil mengkilat/iridescent biasanya di badan menyebar ke sirip atas. Jika pada cupang nemo sisik galaxy harus minim maka sebaliknya pada cupang Nemo Galaxy sisik "mutiara"nya harus banyak.

    cupang nemo galaxy
    Cupang Nemo Galaxy

    Nemo Candy Emerald / Candy Emerald

    Candy Emerald

    ialah cupang candy dengan tambahan sisik mutiara/metalik acak apaka itu ditubuhnya maupun di siripnya. Emerald ini nama yang diberikan oleh pembudidaya ikan cupang nemo untuk sisik berkilau/mutiaraa yang ada pada ikan cupang nemo /candy

    Untuk lebih mengenal pola warna pada ikan cupang bisa di lihat disini jenis cupang alam, cupang hias berdasarkan pola warna dan bentuk ekor

    Sedangkan jenis ikan Nemo berdasarkan bentuk ekor dan siripnya adalah :

    Halfmoon Nemo

    Halfmoon Nemo atau HM Nemo adalah ikan cupang Nemo dengan ekor Halfmoon. Untuk ikan cupang dengan pola warna Nemo Candy di beri nama cupang Halfmoon Nemo Candy

    halfmoon Nemo
    Cupang Nemo Candy dengan jenis ekor Halfmoon

    HMPK Nemo

    HMPK Nemo Cupang Halfmoon Plakat ini merupakan cupang dengan jenis plakat akan tetapi memiliki sirip ekor seperti pada ikan cupang halfmoon yaitu ekor melebar hingga 180 derajat berbentuk huruf D.

    Cupang HMPK Nemo

Artikel