Jenis Jenis Ikan Hias Catfish

Banyak spesies dari catfish atau lebih kita kenal dengan nama ikan lele / lele hias menjadi jenis ikan hias air tawar yang banyak di minati para penghobi ikan hias. Banyak sekali ikan catfish atau ikan lele ini mulai dari yang berukuran kecil hingga raksasa. Misal saja Red tail catfish mampu mencapai ukuran 1 meter lebih saat dewasa. Beberapa jenis ikan hias air tawar dari jenis ikan catfish atau ikan lele ini memiliki warna dan pola yang akan membuat kita terkagum.

ikan hias catfish
Red Tail Catfish
red tail catfish
Red Tail Catfish dewasa (photo:acuteangling.com)

Jenis - Jenis ikan Catfish / Lele

Armored Catfish/Corydoras ,
Banjo Catfish,
Flat-nosed Catfish - Antenna Catfish ,
Naked Catfish - Upside-Down Catfish,
Pangasius Catfish - Shark Catfish ,
Shark Catfish - Sea Catfish,
Suckermouth Catfish - Armor-Plated Catfish ,
Thorny Catfish ,
Walking Catfish ,
Driftwood Catfish ,
Whale Catfish ,
Talking Catfish ,
Sisorid Catfish ,
Electric Catfish ,
Sheath Catfish- Sea Catfish ,

Armored Catfish - Corydoras

Family: Callichthyidae

Catfish jenis ini berukuran kecil dan menempati dasar aquarium. Banyak terdapat jenis corydoras ini namun yang paling banyak ditemui yaitu albino corydoras. Ikan hias ini cocok untuk anda yang memiliki akuarium berukuran tidak terlalu besar. Ikan hias ini juga dapat di satukan dengan ikan-ikan hias lain dalam satu komunitas dalam akuarium.

Ikan lele yang termasuk ke dalam golongan ini antara lain False Julii Cory Cat (Corydoras sp.), Nanus Cory Cat (Corydoras nanus), Albino Aeneus Cory Cat (Corydoras aeneus), Swartz's Cory Cat (Corydoras schwartzi), Sterba's Cory Cat (Corydoras sterbai) dll.

cory catfish
Albino Cory
Jenis jenis ikan hias armored catfish -corydoras

Banjo Catfish

Family: Aspredinidae

Ikan berkumis ini dinamai "Banjo" karena ikan ini memiliki bentuk seperti banjo. Yang termasuk ke dalam golongan banjo catfish ini ialah Banjo Cat / Guitarrita (Bunocephalus Coracoideus) yang berasal dari Amerika Selatan. Ikan yang kebanyakan waktunya dihabiskan untuk berdiam diri ini termasuk ikan nokturnal yang lebih aktif di malam hari. Spesies dalam kelompok ikan ini antara lain
Two Rayed Banjo Catfish (Bunocephalus hypsiurus), Craggy Banjo Catfish (Bunocephalus verrucosus)

banjo catfish
Banjo Catfish ( Bunocephalus coracoideus )

Flat-nosed Catfish - Antenna Catfish

Family: Pimelodidae

Kelompok ikan hias ini merupakan salah satu yang paling populer dan di minati. Beberapa di antaranya termasuk ke dalam ikan predator dan memiliki ukuran maksimal hingga mencapai lebih dari 1 meter sehingga untuk memelihara ikan ini hingga dewasa akan di butuhkan akuarium dengan ukuran yang sangat besar ataupun di tempatkan di kolam ikan

Red tail Catfish
Red Tail Catfish

Antenna Catfish ini menurut asalnya terbagi ke dalam 2 bagian yaitu : South America Antena Catfish dan Asian Antenna Catfish.

Yang termasuk ke dalam kelompok South America Antenna Catfish antara lain ialah : Pictus Cat, Red Tail CatFish, Tiger Shovelnose Catfish (TSN), Lima Shovelnose / Sorubim Lima , Marbled Pim, Four-lined Pimelodus, Zebra Shovelnose / Tigrinus Catfish.

TSN Tiger Shovelnose Catfish
Tiger Shovelnose Catfish (TSN)

Yang paling populer dari kelompok lele dari amerika ini antara lain Red Tail Catfish, Tiger Shovelnose Catfish (TSN) dan Tigrinus Catfish. Kedua ikan catfish ini termasuk ikan predator.

Tigrinus Catfish
Tigrinus Catfish / Zebra Shovelnose

Yang termasuk ke dalam kelompok Asian Antenna Catfish antara lain ialah : Asian Bumblebee Catfish, Asian Upside-down Catfish, Black Lancer Catfish, Shadow Catfish

Black Lancer
Black Lancer Catfish

Naked Catfish - Upside-Down Catfish

Family: Mochicidae

Salah satu keunikan ikan jenis ini ialah bahwa mereka suka berenang dengan terbalik. Yang sering ditemui ialah jenis Synodontis

Synodontis Catfish
Synodontis

Baca juga: Jenis-jenis ikan upside down catfish (Synodontis sp.)

Pangasius Catfish - Shark Catfish

Family: Pangasiidae

Jenis ini merupakan salah satu yang paling banyak di minati. Ikan patin / pangasius merupakan salah satu yang termasuk kedalam kelompok ini. Ada jenis dari shark catfish ini  yang sangat mirip dengan hiu kita kenal dengan nama nama Genghis Khan. Untuk memelihara ikan jenis ini hingga dewasa di perlukan akuarium yang cukup besar karena ukurannya yang bisa mencapai 1 meter bahkan lebih. Salah satu yang terbesar ialah Giant Mekong Catfish yang bisa mencapai ukuran lebih dari 2,5 meter.

Pangasius Sanitwongsei

Yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain Iridescent Shark, Striped Catfish, Sutchi Catfish( Paroon Shark ),Pangas Catfish (Yellowtail Catfish), One Spot Pangasius, Giant Mekong Catfish

mekong giant catfish
Giant Mekong Catfish

Shark Catfish - Sea Catfish

Family: Ariidae

Keunikan dari jenis ikan lele atau catfish ini adalah ia mampu hidup di air payau maupun air tawar.

Columbian Sharkfish

Suckermouth Catfish - Armor-Plated Catfish

Family: Loricariidae

Mungkin kita lebih mengenalnya dengan nama ikan sapu-sapu. Atau sering juga disebut "pleco". Family loricariidae ini merupakan kelompok terbesar dari Catfish dengan 680 lebih spesies. Ikan dalam kelompok ini memiliki kulit keras sebagai pelindung diseluruh tubuh mereka.

Ikan Sapu-sapu

Selain ikan sapu-sapu ikan Gold Octocinclus (Octocinclus affinis) masuk dalam kelompok ini. Ikan yang ukurannya hanya sekitar 5 cm ini merupakan pemakan alga di akuarium.

octocinclus affinis
Gold Octocinclus (Octocinclus Affinis) CC BY-SA 3.0

Thorny Catfish

Family: Doradidae Catfish ini memiliki ciri "tulang" yang menonjol di sepanjang tubuhnya
Catfish

Walking Catfish

Family: Clariidae

Ikan lele atau catfish jenis ini mungkin yang paling sering kita temui, lele kampung, lele dumbo (Clarias gariepinus) termasuk ke dalam kelompok ini. Walaupun begitu ada beberapa species yang patut kita pertimbangkan menjadi penghuni akuarium kita diantaranya adalah lele albino alias albino clarias catfish

Lele hias Albino
Lele Albino

Driftwood Catfish

Kelompok ikan lele yang masuk family Auchenipteridae memiliki sekitar 125 spesies dan 22 genus. Cukup banyak jenisnya, namun hanya beberapa yang populer seperti Columbia Catfish / Columbia Driftwood Catfish. Ikan ini naturalnya adalah nocturnal yaitu lebih aktif di malam hari.

Memiliki bentuk tubuh unik beberapa jenis driftwood catfish juga sangat cocok untuk menempati akuarium kita. Oil catfish dan jaguar catfish termasuk ke dalam golongan ini.

Oil Catfish
Oil Catfish

Salah satu jenis ikan jenis driftwood catfish ini adalah Columbia Catfish nama ilmiahnya Trachelyopterus fisheri. Ikan catfish yang tidak mau diam ini bisa tumbuh hingga sekitar 30 cm. Ia akan memakan segala yang bisa masuk ke mulutnya, jadi bila kita satukan ikan kecil dengan columbia catfish dan ikan kecil itu kemudian menghilang kemungkinannya sudah masuk ke perut catfish :).

Jaguar Catfish
Jaguar Catfish

Whale Catfish

Family : Cetopsidae

Seperti namanya catfish atau lele jenis ini sekilas mirip dengan ikan paus (whale). Walaupun ada beberapa diantara jenis whale catfish ini lebih mirip ikan hiu.

whale Cat Fish
Blue Whale Catfish

Talking Catfish

Family : Doradidae

Jenis ikan lele hias ini dinamai "talking catfish" atau lele yang bicara karena ia bisa mengeluarkan bunyi "klik" terutama saat ia di pindahkan dari akuarium

. Licensed under Public Domain

Sisorid Catfish

Family : Sisoridae

Catfish atau lele yang berasal dari asia ini biasa hidup di air tawar dan mampu beradaptasi dengan lingkungannya sehingga. Yang termasuk ke dalam kelompok ini antara lain Moth Catfish ( Hara Jerdoni),

Hara Jerdoni Catfish
Moth Catfish

Electric Catfish

Family Malapteruridae

Beberapa jenis ikan lele atau catfish dari kelompok ini  ikan yang berasal dari Afrika ini mampu menghasilkan listrik hingga 350 Volt. Biasanya mereka aktif di malam hari.

Electric Catfish
Electric Catfish

Sheath Catfish

Family : Siluridae

Ikan lele atau catfish golongan ini dikenal juga dengan nama wels catfish. Ciri khas ikan  golongan sheath catfish ini yaitu mulutnya yang lebar.

Dinema Catfish
Dinema Catfish Photo : trophizaquarium.com

Salah satu yang termasuk kelompok ini yaitu dinema catfish yang berasal dari kalimantan dan Glass Catfish alias lele kaca

Glass Catfish
Glass Catfish / Lele Kaca

Referensi https://en.wikipedia.org/wiki/Driftwood_catfish

Artikel