Jenis Ikan Cupang Avatar

Cupang avatar merupakan cupang hias hibrid alias hasil kawin silang peternak cupang dari Thailand. Jadi jenis cupang ini bukan asli dari alam. Cupang avatar ini juga dikenal dengan nama Cupang Black Galaxy Star, atau Cupang Avatar Galaxy. Cupang jenis avatar ini sangat diminati karena cupang merupakan salah satu ikan hias air tawar warnanya yang menarik.

cupang avatar
Cupang Avatar

Cupang avatar ini didominasi warna hitam gelap dengan sisik star galaxy yaitu sisik "mutiara"/iridescent acak di tubuhnya. Bercak sisik mutiara acak ini dikenal dengan pola warna star galaxy dinamakan demikian mungkin karena sekilas tampak seperti bintang di galaksi. Sisik iridescent ini adalah jenis sisik 'metalik'.

Ada banyak variasi dari cupang avatar ini diantaranya cupang avatar dark blue, Cupang avatar Gordon, Cupang Avatar Copper Gold dan beberapa lagi

Nama lain ikan cupang avatar yaitu cupang black star galaksi kemungkinan diambil dari nama gugusan bintang pada saat malam hari mengingat bahwa pola warnanya sekilas memang mirip.

cupang avatar
Black Star Galaxy - Gugusan bintang

Di kutip dari salah satu forum cupang Thailand sejarah munculnya ikan cupang avatar adalah dari cupang Dark Blue Avatar atau Blue Black Star avatar yang dihasilkan oleh Somkiat Intamu, seorang 'breeder' profesor dari farm cupang terkenal di Thailand.

Beliau terinspirasi dari film dokumenter gambar bintang-bintang biru, hijau, hitam dari nebula. Kemudian muncul ide untuk menciptakan warna ikan cupang semacam ini, butuh bertahun-tahun, tetapi bukan dia yang menamai ikan cupang itu dengan nama "Avatar" melainkan pelanggan yang terinspirasi dari film avatar

avatar
Film yang jadi inspirasi nama ikan cupang avatar

Untuk harga cupang avatar ini masih termasuk tinggi dipasaran mulai dari puluhan ribu, hingga jutaan tergantung kualitas ikan cupang avatar. Hal ini dikarenakan jenis avatar termasuk yang baru dan belum banyak dikembangbiakkan pada saat artikel ini ditulis.

Cupang Avatar yang merupakan cupang black series
Cupang avatar asal Thailand - Facebook Blue Black Betta Thailand

Jenis Cupang avatar

Cupang Avatar /Black Blue Avatar/Blue Black Star Avatar

Jika warna biru menjadi warna favorit anda maka cupang avatar blue black ini bisa menjadi pilihan koleksi ikan cupang yang menarik. Inilah jenis cupang avatar yang pertama muncul berasal dari Thailand.

cupang black blue avatar
Cupang black blue avatar

Cupang Avatar Red / Red Black Star Galaxy

Cupang Red Star Galaxy adalah cupang bertubuh hitam dengan sirip merah dan mutiara kebiruan

Cupang avatar red
Cupang Avatar Red

Cupang Avatar Gordon /Cupang Gordon

Ikan cupang avatar gordon memiliki warna yang sangat cantik. Dengan warna hitam dominan kontras dengan biru dan sekilas warna merah pada sirip dan ekornya. Avatar Gordon ini merupakan serian atau nama yang diberikan oleh peternak cupang yang menghasilkannya. "Cupang Gordon" ini dihasilkan oleh breeder cupang asal Indonesia yaitu Haris Haditia di Farm Asyila Betta Gallery. Kata Gordon sendiri berasal dari Kapten Gordon.

cupang avatar gordon
Cupang Avatar Gordon - instagram @asyila_betta_gallery

Cupang Avatar Gordon Gold

Cupang avatar gordon gold
Cupang Avatar Gordon Gold

Avatar Vampire

Avatar Vampire ini merupakan serian atau nama yang diberikan oleh breeder (peternak) pada hasil silangan ikan cupangnya. Ikan cupang avatar vampire ini dominan warna hitam dihiasi sisik galaxy dengam sirip dan ekor berwarna merah.

Avatar Vampire
Avatar Vampire - sayangnya minim star / galaxynya

Avatar Copper /Copper Gold /Gold Cooper

Avatar Copper adalah cupang jenis avatar dengan sisik mutiaranya/iridescent dengan warna cooper/tembaga. Untuk nama gold ini untuk sisiknya yang berwarna keemasan

cupang avatar copper
Avatar Copper

Cupang Avatar Gold

Cupang Avatar Gold adalah cupang berwarna dasar hitam dengan aksen emas di tubuhnya.

Ikan Cupang Avatar Gold
Ikan Cupang Avatar Gold

Jenis Cupang avatar berdasarkan bentuk ekor

Selain berdasarkan warna, jenis ikan cupang avatar ini memiliki berbagai varian bentuk sirip ekor.

Ketika seekor cupang avatar memiliki jenis plakat dan jenis ekor/sirip Halfmoon / HM Plakat maka ikan cupang itu akan disebut dengan nama cupang HMPK Avatar .

Untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini jenis cupang alam, cupang hias berdasarkan pola warna dan bentuk ekor

Cupang Avatar HMPK (HalfMoon Plakat)

Jenis ikan cupang avatar yang memiliki bentuk ekor Halfmoon Plakat ( HMPK ).

HMPK Avatar

Cupang Avatar OHMPK(Over Halfmoon Plakat)

Jenis ikan cupang avatar yang memiliki bentuk ekor Over Halfmoon plakat.

Cupang OHMPK Avatar / Blue Black Star Galaxy - Yaitu cupang avatar dengan jenis ekor Over Halfmoon Plakat

Ikan cupang avatar
Ikan Cupang Avatar / Blue Black Star Galaxy OHMPK

Asal mula ikan cupang Avatar / Genetik Cupang Avatar

Blue Avatar atau Dark Avatar, bloodline/keturunannya berasal dari ikan Cupang Blue (Biru) / Cupang Green Peacock. Cupang green peacock ini juga dikenal dengan nama cupang green alien peacock. Breeder memilih cupang green peacock untuk di 'Inbreed' selama 2 generasi, hasilnya adalah cupang black light.

Cupang black light
Cupang black light

Ketika 'breeder' sudah menghasilkan Cupang back light, ia juga harus juga membreednya lagi agar warna tetap stabil dan tidak berubah. Kemudian dikawinkan dengan Cupang Black Candy. Cupang Black Candy adalah jenis cupang Candy atau nemo yang di'inbreed' dengan cupang yang memiliki badan berwarna gelap. Kemudian dikawinkan lagi selama 2-3 generasi untuk menciptakan ikan cupang badan berwarna gelap dengan gen kuat.

Setelah itu ikan cupang Black Candy dikawinkan dengan Cupang Black Light, maka hasilnya adalah Black Black Avatar atau Dark Blue Avatar.

Ketika persilangan berjalan baik maka generasi pertama anakan sebagian akan berwarna hijau, hitam, orange dan merah pada sirip ekornya. Dari anakan itu kemudian breeder akan memilih anakan untuk kemudian dikawinkan lagi agar memperoleh genetik yang kuat

harga cupang avatar
Cupang avatar

dikutip dari www.nicebettathailand.com/forums/topic/first-betta-fish-avatar-color-in-the-world


Proses Mutasi Ikan Avatar

Dari pemaparan asal usul cupang avatar diketahui bahwa ikan cupang ini memiliki gen marble yaitu transposon/gen melompat yang diwariskan dari ikan Cupang Candy/Nemo. Biasanya cupang yang memiliki gen marble akan mengalami perubahan warna atau dikenal dengan marbling atau 'mutasi'.

Mutasi ini biasanya berjalan selama ikan mencapai usia dewasa kemudian melambat. Pada cupang Avatar ikan yang mulanya berwarna terang kemudian menjadi gelap.

Proses mutasi cupang

Proses mutasi cupang - 'marble' dari warna terang ke gelap

Prosesnya tidak bisa ditentukan waktunya ada yang cepat, beberapa yang lambat. Tapi biasanya dalam umur kurang lebih 2 bulan ikan cupang avatar sudah mulai bermutasi.


Berbagai variasi cupang avatar lainnya

Ke depannya akan makin banyak variasi dan pilihan dengan semakin banyaknya persilangan dengan jenis cupang ini

Hati-hatilah dalam membeli ikan cupang avatar terutama online, sebisa mungkin mencari seller yang terpercaya.


Artikel